Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Tuesday, July 16, 2013

Brand Eropa dan US dibuat di Asia, apakah itu asli atau replika?

Vietnam penghasil sepatu branded terkuat di Asia saat ini
Baca ini, contoh fakta dipasar:
* Boneka Barbie buatan US yang terkenal diseluruh dunia hanya dibuat didua pabriknya di China dan satu lagi di Kawasan Industri Jababeka Indonesia. Di Amerika adl kantor marketing dan pusat saja.
* Knalpot Mercedez Benz dibuat di Purbalingga Jateng Indonesia, dan jika kita beli knalpot itu di dealer resmi harganya selangit mahalnya karena katanya harus diimport dari Jerman.
* Jersey Manchester United dibuat di Indonesia. Jersey aslinya laris manis dijual disemua negara oleh jutaan fansnya dan ternyata dibuat disini.
* Seragam tentara yang tergabung di NATO (jumlahnya 28 negara) dibuat oleh Sritex di Jawa Tengah. Padahal jika seragam tempur NATO itu masuk kemari harganya bisa 2 jutaan sehelai ditoko hobi.
* Kalian bangga selangit pakai Apple Ipad-Iphone, jangan salah isinya adalah Samsung (= Korea). Iphone itu tidak akan bisa punya layar sentuh hebat dan prosesor yang kencang jika gak ada Samsung yang buat itu. Makanya Apple marah besar ketika Samsung membuat Galaxi karena pasar mereka tergerus oleh pasar Android dari Samsung. Apple sendiri sudah membangun pabrik di China, konsumen menerima produk semua made in China.

Apa salahnya produk Asia atau Indonesia?

Kita orang Indonesia sering merasa curiga dan malu memakai produk asia karena asumsinya: jika membeli brand US atau Eropa maka tentunya harus dari sana. Kita gengsi jika beli itu buatan Indonesia, kita minder karena beli barang Asia (mental inferior yang parah, minder kebangetan, merasa rendah kayak kacung), atau kita pikir sudah jauh jauh pergi ke Inggris beli Jersey Manchester, ehhh taunya jerseynya tertulis "fabrique au Indonesie". Atau reaksi paling umum adalah bertanya: "Mas ini barang replika yah, kok buatan Asia"?  Semua asumsi ini salah besar, dan kasihan saja kalian banyak yang tidak ngerti kenapa brand US dan Eropa dibuat di Asia.
Kalian maunya beli brand US dan HARUS dibuat di US juga? Oke boleh saja, tapi harganya sesuai harga pasar US juga yg jelas lebih mahal karena dihitung dengan $ US dan sesuai pajak serta cargo disana? Pasti jawabannya merengut dan bilang: Waah mahal amat!! Begitu pabriknya dipindah di Asia, maka pembeli malahan bilang begini: "wahhh ini pasti replika karena brand US kok dibuat di Vietnam". Hahaha puyeng deh sama perilaku pasar kayak begini, bikin bingung maunya apa :-D

Alasan kenapa banyak brand US dan Eropa memindahkan pabriknya ke Asia adalah:
* Semua penguasaha ingin ekspansif, meluaskan pemasaran produk dan mrk ingin makin bertambah kaya raya. Pasar di US dan Eropa tempat asal brand itu sudah jenuh sesak. Pasar Asia sangat seksi dan menjanjikan keuntungan trilyun an dollar, tapi jaraknya lumayan jauh, karena itu mereka membuat pabrik di Asia agar dekat dengan market nya.
* Pajak dinegara asalnya sangat tinggi. Jika diproduksi didalam negeri maka mereka harus menanggung beban pajak yang 5x lpat dibanding dibuat dinegara lain. Pajak di Asia dikasih iming2 oleh pemerintah setempat sangat murah jika brand tsb mau investasi disini, dan belum cukup itu bahkan mereka dikasih bebas bea pelabuhan, parkir kapal murah, keringanan bea ini dan itu. Pokoknya investor masuk dan membangun pabrik di Asia.
* Standar hidup dinegara US dan Eropa sudah kelewat tinggi, ini membuat upah buruh menjadi 40x lebih mahal daripada biaya di China, Vietnam, Thailand, Indonesia, dll. Upah buruh jika kelewat mahal akan membuat keuntungan owner jadi berkurang. Kolaps nya ekonomi Eropa juga mendorong produsen disana mau memindahkan sentra perakitan produknya kenegara lain dengan biaya sangat rendah itu jika mereka sadar betul gak mau bangkrut miskin.
* Ongkos pengiriman cargo sangat mahal dan terus menanjak dari US dan Eropa untuk tujuan keluar
negeri jika sudah memakai hitungan tonase. Tolong catat, tidak ada namanya pengiriman Cargo turun biayanya, yang terjadi adalah naik terus. Pengiriman dengan kapal laut juga lumayan lama bisa sebulan, itupun jika tidak kena musibah tenggelam.  Satu satunya cara untuk merambah pasar Asia yang sangat gemuk adalah meletakan pabriknya dekat dengan Asia juga karena: hemat waktu kirim dan hemat biaya ongkos, serta minim resiko tenggelam dilaut karena badai. Dan sebaliknya jika produk itu dikirim ke US dan Eropa maka biayanya lebih murah krn potongan pajaknya rendah.
* Mengeruk keuntungan setingginya dengan biaya produksi serendahnya adalah keharusan dikepala semua produsen, diseluruh dunia begitu. Apapun akan dilakukan produsen untuk memotong biaya tinggi. Pabrik di Asia adalah keniscayaan jaman ini karena menjanjikan biaya rendah dengan fasilitas kemudahan seabreg. Jika mereka tidak pindah ke Asia maka mereka bangkrut, mampet, dan tidak bisa mengeruk kekayaan.
* Di Asia semuanya tersedia, one stop shopping. Misalkan di China dan Vietnam, pabrik pembuat bahan baku apapun ada, mulai dari tekstil, berbagai jenis baja dibuat disini, semi konduktor, komputer, plastik, aplikasi software melimpah, pembuat hardware segunung, dll masih banyak, semuanya ada disatu area yg sama. Jadi, produsen cuma datang ke Asia menyerahkan lisensinya dan minta dibuatkan sama plek spt apa yg dia inginkan, maka semua bahan mentah tersedia dinegara tsb dan dibuatkan dalam jangka waktu sebulan selesai 10.000 unit. Enak kan, gak pusing harus impor lagi dari luar.

Berhentilah kalian konsumen bertanya: kenapa kok dibuat di Asia?
Jadilah konsumen yg cerdas dan jangan punya mental minder seperti jaman penjajahan.
Barang Indonesia tdk jelek, barang Asia bukan sampah semua kok.

Jaman sudah berubah .. di Amerika sendiri, tahun 70 an seorang Ayah menasehati anaknya: "Son, don't buy Japanesse, you must buy American product", dihari ini hampir seluruh isi barang didalam sebuah rumah tangga di US adalah bikinan Asia mulai dari mobil, TV, stereo set, sepatu, baju, dstnya. Kita tidak bisa menampik keniscayaan ekonomi yang dinamis dan terus bergerak maju. *** hsgautama.blogspot.com

Foto dari sini: 1

Baca ini juga biar makin melek:
http://hsgautama.blogspot.com/2013/08/orisinalitas-pisau-brand-us-eropa.html

Catatan diskusi dengan kawan lama seorg senior kapten Kapal Cargo:
Berapa banyak solar dipakai oleh kapal Cargo membawa muatan full tonase dari Indonesia ke pelabuhan di New York dalam kondisi cuaca dilaut sangat tenang?? Dia bilang: waktu tempuh skitar 50 hari perjalanan, speed kapal 10 knot, asumsinya per hari dibutuhkan 10KL solar. Maka total satu kapal cargo butuh: 500 Kilo Liter atau= 500.000 liter solar, semuanya dihitung dg biaya US $ harga bahan bakar. Jika kena badai diperjalanan 3x maka kapal akan menyedot solar lebih boros lagi karena mesin dipakai kerja keras semua untuk mendorong kapal lepas dari jeratan badai.
Sekarang mari pakai logika, jika pabriknya di China dan mengirimkan produk ke Asean dan Jepang maka total biaya solar cargonya paling hanya 40% saja dari 500.000 liter solar itu. Ini penghematan luar biasa dibanding harus kirim barang dari New York ke Asia karena jarak tempuh lebh pendek. Belum termasuk disini hemat biaya bea pelabuhan, sandar kapal, administrasi, tidak ada pajak melewati terusan Suez, dll (semuanya dalam US$ dihitungnya). 

Kalian mau tahu seperti apa kapal cargo / kapal tanker super besar dihajar badai di Pacific? Jika kalian lihat ini maka kalian akan paham kenapa pengiriman barang cargo lewat laut sangat beresiko rugi akibat dihajar badai hebat, dan menghabiskan biaya solar karena tersedot banyak untuk mesin yang bekerja keras. Begitu hebatnya ombak menghajar sampai bagian depan kapal tenggelam semua kedalam air lalu perlahan nongol lagi keatas, mirip naik korakora di Ancol hanya saja beda skala kapalnya saja. Jika jarak kirim cargo via laut bisa dipangkas separuhnya (kapal gak usah melewati pacific, mohon buka peta supaya tahu dimana Eropa/ US menuju ke Asia), maka itu adalah pilihan yg masuk akal demi efisiensi. Makanya pabrik pindah ke Asia, gitu lho :-)




Crumpler dibuat dipabrik Vietnam


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...