Salah satu barang yang disukai dirumah ini adalah mesin potong rumput 2 tak model gendong dipunggung. Tanpa ini, rumah bakalan berantakan tampilannya hanya dalam dua minggu. Cepatnya rumput naik dalam dua mingguan apalagi dimusim hujan begini membuat harus ada cara cepat memotong rumput memakai mesin agar pekerjaan jadi praktis tidak bertele tele.Jadi ditegaskan: kami butuh mesin potong rumput. Dan mesin yang bisa diandalkan tentu ada beberapa kriteria kan.
Secara kekuatan, barang ini dibilang jempolan. Sungguh gak jebol jebol juga dipakai 12 tahun tanpa servis besar seperti halnya mesin disepeda motor yang harus servis tiap 3 bulanan. Ini gak pernah servis, badak beneran. Gak tau yah isi dalamannya kayak gimana jika dibuka mungkin kerak semua. Tapi biarpun badak jangan pikir gak ada ngadatnya, ada juga ngadatnya yakni kalo diengkol mesinnya gak mau jreeeng.
Bebeberapa kelemahan alat ini adalah:
* Seandainya bobotnya bisa dipangkas separuhnya, tentu lebih nyaman.
* Arah knalpotnya gak enak, kalo salah meletakan lengan ayun bukan disisi kanan user maka alamat punggung akan panas terbakar akibat semprotan langsung knalpot, dan tentu saja kaos menjadi hitam pekat kena asap, maklum mesin 2 tak jangan tanya asapnya. Sungguh, knalpot buangnya gak asik. Pokoknya jangan letakan lengan ayunnya disisi kiri tubuh karena itu mengarahkan knalpot dan asap kepunggung user.
* Ciri mesin 2 tak adalah bising. Mirip mesin bajaj deh. Habis potong rumput kita mendadak budeg haha. Asapnya juga menyesakan napas hasil dari bensin campur didalamnya.
* Problem ngadat terbesar adalah soal busi. dan dia bukan pakai busi standar sepeda motor, dia pakai busi khusus yg bantet pendek. Artinya ditoko onderdil motor gak bakalan jual jenis beginian. Jadi rajin rajin membuka busi, siap sedia WD40 dan amplas, lalu semprotan pembersih ruang mesin, karburator dll. Kabel busi dan kepala busi juga kerap jadi masalah tersendiri, harus bener kontak listriknya agar mesin bisa "jreeeng".
* Tali kendali gas suka tidak konstan apalagi jika karburatornya sudah kotor misal jarum didalam kena residu. Diakui bahwa 12 tahun tali kendali gas yg mirip kabel rem sepeda tidak pernah putus, tapi itu bukan menjamin mampu menjaga ketegangan setelan gas. Kadang mati sendiri itu lumrah, jadi harus diengkol ulang mesinnya.
** Problem terakhir adalah apa yg dikeluhkan ditulisan sebelum ini yakni beli premium didalam jerigen sudah gak bisa karena aturan tolol pemerintah yang melarang beli bensin premium subsidi. Jadi utk urusan potong rumput kita harus pakai pertamax, sinting kan.Seriously, im not happy with this one.
Masa pakai 12 tahun tanpa servis sebetulnya reputasi bagus. Tapi saya masih pengen mencoba mesin 4 tak yang tidak usah memakai bensin campur dan suaranya katanya lebih pelan. Nanti kalo sudah ada mesin 4 tak akan ditulis lagi disini. Reputasi saya potong rumput sudah dibilang "skilfully lawn mower guy", mungkin satu saat harus buka bisnis jasa potong rumput saat pensiun. Siapa tau menguntungkan buat hidup :-) *** hsgautama.blogspot.com
http://hsgautama.blogspot.co.id/2017/07/cara-menyalakan-mesin-potong-rumput.html
http://hsgautama.blogspot.co.id/2016/05/repotnya-mesin-potong-rumput-melawan.html
Secara kekuatan, barang ini dibilang jempolan. Sungguh gak jebol jebol juga dipakai 12 tahun tanpa servis besar seperti halnya mesin disepeda motor yang harus servis tiap 3 bulanan. Ini gak pernah servis, badak beneran. Gak tau yah isi dalamannya kayak gimana jika dibuka mungkin kerak semua. Tapi biarpun badak jangan pikir gak ada ngadatnya, ada juga ngadatnya yakni kalo diengkol mesinnya gak mau jreeeng.
Bebeberapa kelemahan alat ini adalah:
* Seandainya bobotnya bisa dipangkas separuhnya, tentu lebih nyaman.
* Arah knalpotnya gak enak, kalo salah meletakan lengan ayun bukan disisi kanan user maka alamat punggung akan panas terbakar akibat semprotan langsung knalpot, dan tentu saja kaos menjadi hitam pekat kena asap, maklum mesin 2 tak jangan tanya asapnya. Sungguh, knalpot buangnya gak asik. Pokoknya jangan letakan lengan ayunnya disisi kiri tubuh karena itu mengarahkan knalpot dan asap kepunggung user.
* Ciri mesin 2 tak adalah bising. Mirip mesin bajaj deh. Habis potong rumput kita mendadak budeg haha. Asapnya juga menyesakan napas hasil dari bensin campur didalamnya.
* Problem ngadat terbesar adalah soal busi. dan dia bukan pakai busi standar sepeda motor, dia pakai busi khusus yg bantet pendek. Artinya ditoko onderdil motor gak bakalan jual jenis beginian. Jadi rajin rajin membuka busi, siap sedia WD40 dan amplas, lalu semprotan pembersih ruang mesin, karburator dll. Kabel busi dan kepala busi juga kerap jadi masalah tersendiri, harus bener kontak listriknya agar mesin bisa "jreeeng".
* Tali kendali gas suka tidak konstan apalagi jika karburatornya sudah kotor misal jarum didalam kena residu. Diakui bahwa 12 tahun tali kendali gas yg mirip kabel rem sepeda tidak pernah putus, tapi itu bukan menjamin mampu menjaga ketegangan setelan gas. Kadang mati sendiri itu lumrah, jadi harus diengkol ulang mesinnya.
** Problem terakhir adalah apa yg dikeluhkan ditulisan sebelum ini yakni beli premium didalam jerigen sudah gak bisa karena aturan tolol pemerintah yang melarang beli bensin premium subsidi. Jadi utk urusan potong rumput kita harus pakai pertamax, sinting kan.Seriously, im not happy with this one.
Masa pakai 12 tahun tanpa servis sebetulnya reputasi bagus. Tapi saya masih pengen mencoba mesin 4 tak yang tidak usah memakai bensin campur dan suaranya katanya lebih pelan. Nanti kalo sudah ada mesin 4 tak akan ditulis lagi disini. Reputasi saya potong rumput sudah dibilang "skilfully lawn mower guy", mungkin satu saat harus buka bisnis jasa potong rumput saat pensiun. Siapa tau menguntungkan buat hidup :-) *** hsgautama.blogspot.com
http://hsgautama.blogspot.co.id/2017/07/cara-menyalakan-mesin-potong-rumput.html
http://hsgautama.blogspot.co.id/2016/05/repotnya-mesin-potong-rumput-melawan.html
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ......
ReplyDeleteMet mlm. Maaf. Saya mngganggu,
Saya mwu bertanya ! Knpa saat mwu mnghidupkan mesin rumput ssah. Hidup'a, & mngecek. Dri kendala mesin. Potong rumput semacam busi, pengapian & karburator tapi tidak mwu hidup. Mohon bantuan'a tuk Share'a
Makasih.
Samsudin
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ......
ReplyDeleteMet mlm. Maaf. Saya mngganggu,
Saya mwu bertanya ! Knpa saat mwu mnghidupkan mesin rumput ssah. Hidup'a, & mngecek. Dri kendala mesin. Potong rumput semacam busi, pengapian & karburator tapi tidak mwu hidup. Mohon bantuan'a tuk Share'a
Makasih.
Samsudin
Karburator dibersihkan dan busi diganti pak. Karburator cek jarum nya jika bengkok maka diganti. Cuma itu saja
ReplyDeletemau tanya pak,..mesin saya hanya bisa hidup sekitar 20 menit an
ReplyDeletemesin panas berlebihan,
agar mesin tidak panas berlebihan itu gmana ya pak??
Mesin memang panas sih pak. Tapi itu diredam dg bensin dicampur oli samping. Gak boleh bensin doang.
DeleteEnte kaga pake oli samping pasti itu y gan.jd 20 menit Mati engine
Deletemesin saya hidup lalu gas naik iba tiba mati mendadak< gas dk stabil< solusinya gimana?
ReplyDeleteProduk mesin cina keluhan terbesarnya mmg ditali gas yg gak stabil. Butuh serivis dan seting ulang spy presisi jika sdh dipakai terus setahunan. Mirip gas motor sebetulnya
DeleteMau nya bos itu mesin rumput nya kalau di hidupkan gas nya slalu tinggi.jd gimn caranya gas nya bisa stabil.mohon blsanya.itu nm mesinya still
ReplyDeleteTegangan kawat gasnya (tension) harus diatur om, lalu spuyer juga disetel ulang
DeleteMau tanya pak mesin rumput saya kalau udah panas nggak mau digas kenceng kalau digas kenceng mesinnya ngadat terus mati padahal karburator udah di servis dan busi udah diganti
ReplyDeleteCoba baca penjelasan diatas: rajin merawatnya, jika malas bongkar maka semprotkan carian khusus untuk karburator saat mesin digas (menyala). Cairan ini akan merontokan karat dan sumbatan micro diseluruh saluran carbu. Jika disemprot masih ngadat, maka servis carbu nya
DeleteMas mesin rumput saya klau d tarik tali starterny kenapa keras mas... mohon solusiny mas..
DeleteTali gas itu ada masa pakai pak. Kalo malas beli baru, maka setiap setahun sekali copotin semua talinya, lalu tarik daleman bajanya dari baju karetnya, lepasin semua dan oleskan gemuk disepanjang tali bajanya, kemudian masukan lagi kedalam baju karetnya. Seret akibat kotoran dan gemuk sdh menguap membuat gak lancar gas
DeleteAssalamu alaikum pak mau bertanya... mesin rumput saya merek tasco suka banjir belakangan ini padahal baru pakai 1 tahun. kalau dinyalakan dan dibuka kontak besinnya mengalir dan banjir. mohon petunjuknya. tq
ReplyDeleteWaswrwb. Pak spt saya sebutkan diatas dg teman2 yg posting disini, bhw mesin ini mudah mirip mesin sepeda motor 2 tak. Jadi dibereskan dibengel motor bisa. Mesin sepeda motor kan juga bisa banjir jika misal spuyer kotor, klep gak nutup, atau sekrup kendor dol.
DeleteSelamat Pagi Bos,, Mau nanya ni,, mesin potong rumput saya tidak ada pengapian (percikan api di busi tidak ada) padahal cdi coil dengan busi sudah diganti baru,,, mohon penjelasannya,, terima kasih
ReplyDeletekabel postif dicek, lepas gak? Tanpa positif gak bakalan nembak dia
DeleteMerk yamamax pro yx 328 kenapa gk nyala ya mas? Mohon solusinya
ReplyDeletesaya awam bange.. baru beli, kalau minyaknya pake pertalite/premium/pertamax bisa kan? triims mas.. mohon di balas. hehe
ReplyDeleteKemahalan sih pak. Enaknya ya premium saja cukup lalu campurkan oli dikit (bensin campur)
DeleteGan. Mau tanya.
ReplyDeleteKalau mesin potong rumput 2 tak itu selai menggunakan campuran bensin dan oli samping. Apakah juga menggunakan oli mesin. Kalau ada oli mesinya,bagaimana cara menggati oli mesinya.
Thx
2 tak itu oli nya dicampur kedalam bensin. Olinya spt dipakai untuk sepeda motor 2 tak, jadi belinya ditoko bengkel sepeda motor. Mesin potong rumput gak ada oli samping.
DeleteMas,,mau nanya nih.
ReplyDeleteMesin potong rumput saya semua ok tapi pas di gas pisaunya gak muter kanapa ya ?
Dari mesin lalu daya putar kan diarahkan ke pisau memakai kabel baja, barangkali kabel baja itu putus. Atau sebab kedua, dimangkok blade pisau itu gear nya copot shg gak muter
DeleteMas,,mau nanya nih.
ReplyDeleteMesin potong rumput sya ok semua tapi pas di gas kok pisaunya gak muter kenapa ya ?
Mohon bantuannya mas
Kalo gak muter yaaa artinya kabel baja yang terhubung antara mesin utama melwati batang besi terus menuju pisau (spy pisau bisa berputar) itu bisa jadi lepas pak. COba buka aja, lepas gak sekrupnya atau bisa juga kabel bajanya putus walaupun kasus jarang putus kecuali mmg sudah mesinnya berusia seperti dinosaurus tuanya hihihihi
DeleteAssalamualaikum
ReplyDeleteMas, mau tanya ni, tiba tiba saja mesin rumput yang saya gunakan mati, pas mau ditarik lagi pullstart nya keras dan ngga bisa ditarik, mohon pencerahan nya.
Hatur nuhun
Wassalam
Wasswrwb. Bawa kebengkel service saja pak. Itu kan kayak motor diengkol gak nyala malahan engkolnya nendang balik kekaki dengan kerasnya
Deletepak bos..tolong solusinya. mesin potong rumput saya beli baru 3x pemakaian.tapi hanya di kasih bensin tanpa oplosan oli.saya gas keras tiba tiba mati sendiri. terus saya nyalakan kok keras starter.nya tidak bisa di tarik ya....
ReplyDeleteJika itu mesin 2 tak maka HARUS BENSIN CAMPUR. Jika tidak maka mesin jebol. Bapak baca dong aturan pakainya. Mesin itu ada manual booknya, gak bisa dipakai sesukanya manusia tanpa baca aturan teknisnya
DeleteMas mesin z merek firman, klw di gas getarannya berlebihan padahal z suda ganti pisau baru dan juga z suda oles gemuk di fernya, tapi tetap getarnya berlebihan, mohon infonya mas.
ReplyDeleteGak pernah pak pakai itu. Cuma saya tanya= darimana anda tahu itu keras sekali dibanding mesin lainnya? Anda pernah jajal berapa merk mesin potong rumput pak? Setahu saya semua mesin potong rumput 2 tak mmg keras banget getaran dan suaranya pak. Itu sudah "bawaan orok"
DeleteSilahkan gan .di cek mata pisaunya.biasanya pemasangan bearingnya kebalik.atau urutan bearingnya kebalik.dan pastikan pemasangan mata pisau center
Deletemau tanya pak. Mesin saya honda, kalo di start hidup tapi tiba2 langsung kondor/mati..
ReplyDeleteKira2 itu apa ya,..
Mohon penjelasannya.
Banyak sih pak kalo itu gejalanya. Chuck nya diubah diposisi tengah ya pak. Chuck harus dimainkan agar gas naik meraung lebih tinggi
Deleteminta pencerahan gan..kalo mesin tasco 328 mesinnya cepat panas kenapa ya ?? padahal baru 3 bulan yl belinya dan baru 2x pake... padahal ane pake bensin campur sesuai petunjuk
ReplyDeletemohon pencerahan gan....mesin saya tasco 328 baru beli 3 bulan dan baru di pakai 3x ... sekarang kok mesinnya gampang panas ya..padahal pake bensin campur sesuai petunjuk...thx
ReplyDeletePanas memang panas tinggi pak. Masalahnya membedakan mana panas yang normal dan panas yang tidak seperti apa jika anda gak pernah paham apa bedanya. Tapi mesin rumput biasanya ada batas pemakaian. Misal jika bensin habis maka istirahatlah sampai mesin disini. Atau oli harus diganti sehabis 20x pemakaian
DeleteAssalamualaikum wr.wb
ReplyDeleteGan mau tanya napa mesin saya kok tiba2 hilang g ada listrikx yg kluar dr coilx
Mohon solusix
Terima kasih
Wasswrwb. Listrik cek kabel busi dan pengapian pak
DeleteMaaf mas mau tanya.berapa takaran standar oli campur untuk satu liter bensin.saya g ada takaran mililiter.jd saya pakai tutup olinya.
ReplyDeleteSaya pakai satu liter bensin dengan satu tutup botol olunya.apakah itu pas atau kurang ? Mohon pencerahan
Lupa saya takaran dalam presentase. Tapi anda benar pakai tutup oli saja sudah bisa kok. Saya pakai skt 2 tutup oli itu. Mungkin anda punya resep yg lbh bagus mas
Deletetakaran oli campur 20:1
Deletemas mau tanya,saya pakai mesin rumput firman,kenapa disaat dioperasikan kira2 30 menit mesinnya sendat2.dan saya ganti busi baru normal lagi,apa masalahnya mas???
ReplyDeleteCoba cek karbu. Jika malas bongkar semprot sama cairan "CARBU CLEANER" sambil disemprot mesin di gas belasan kali blayer-blayer keras spy kerak kecil rontok semua. Carbu Cleaner dijual disemua toko bengkel
DeleteNI saya mau tanya ni mesin saya Masi baru
ReplyDeleteSaat di star di buka coknya
Klu coknya di tutup mati
Itu bagaimana mohon penjelasan
Klu ada no hp saya minta.makasi
Sebelum menyalakan mesin, maka prosedurnya begini:
Delete1) Kocok tombol buat mengalirkan bensin kedalam karbu. Kira2 sampai 10 kali an, tombol yang diawalnya ngempos terasa lebih membel keras krn keiisi aliran bensin yg artinya bensin sdh mengalir dari tanki ke carbu.
2) Cuk diposisi setengah paling aman dan biasanya dianjurkan begitu, setelah mesin nyala, Cuk boleh dikembalikan keposisi NOL, atau cuma 15%
Semua mesin potong rumput cara menyalakannya sama seperti dua step diatas. Jika satu step dihilangkan, maka mesin susah menyala
Mas, mau tanya kenapa saat tali di tarik loss..kaya gak nyangkut di dalemnya..
ReplyDeleteAda yg dol didalam sana om
DeleteOm mo nnya,npa mesin lau dh panas lau di gas lgsg mati,mohon solusi na
ReplyDeleteSaya mau nanya tempat penyimpan minyaknya bocor, bagaiman cara mengatasinya?
ReplyDeleteMinyak ini ada? Bensin atau Oli?
Delete