Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Tuesday, April 16, 2013

Apa pentingnya sol sepatu gunung dengan logo kuning bertuliskan VIBRAM ?

Sepatu gunung, sandal gunung, atau alas kaki outdoor selalu dikaitkan dengan solnya yang disebut sebagai "sol VIBRAM" dan nama satu ini adalah nama beken dalam 10 tahun ini termasuk disini. Beberapa pembeli produk sepatu sandals outdoor sangat ngotot ingin memakai sol Vibram, ada user yang teknikal menginginkan vibram karena hitungan teknis ini itu, dan ada user yang sebetulnya cuma latah ikut ikutan teriak pengen Vibram tapi sebetulnya dia juga gak tahu amat apa bagaimana sebetulnya ini dan apa pentingnya Vibram. Bahkan masih banyak yang rancu mencampurkan
pemahaman antara material sol sepatu itu sendiri dan pola sepatunya, dus artinya mmg banyak yang gak tahu apa itu Vibram. Lucunya banyak yang meyakini Vibram itu sekedar materialnya saja yang membuat dia seperti cicak-spiderman menempel dibatuan licin ketika dipakai dialam liar. Anggapan yang tidak tepat itu karena Vibram bukan cuma bahan jenis solnya, tapi keseluruhan dari pola di outersol sepatu yang menonjol kayak tahu itulah yang membuatnya ampuh dimedan outdoor. Jika kalian masih meyakini Vibram adalah cuma soal materialnya, maka kalian termasuk user gagap yang hanya latah ikut ikutan pakai Vibram tapi gak tahu apa itu. (Jujur aja kadang saya juga puyeng sama pembeli yang ngotot amat pengen sepatu Vibram atau tidak mau beli sama sekali, padahal dia juga gak tahu apa itu Vibram, deeugh, curcol nih sori hihihi)


Vibram dibuat sekitar tahun 1953 oleh seorang Italia bernama Vitale Bramani. Dari nama dia disingkat jadi Vi-Bram. Vitale membuat sol karet itu setelah kematian fatal ke empat rekan pendaki gunung di Alps gara gara salah pakai sepatu dari alas kulit ala sepatu kondangan cetok-cetok. Sejak saat itulah dia berkutat membuat jenis soal sepatu apa yang paling cocok dipakai dimedan licin outdoor agar tetap menggigit bagus. Dua tahun kemudian keluar sol karet dengan alas bergerigi yang menonjol keluar bak tahu, cetakan sol ini disebut dengan nama "Carramato" atau artinya "jejak tank tempur" karena bekas tapak sepatu dilumpur mirip jejak tank tempur. Vitale membuat soal karet jenis baru ini dibantu secara finansial oleh Leopold Pirelli yang mempunyai pabrik ban mobil Pirelli. Karet yang dipakai awalnya berasal dari jenis yang sama dipakai oleh ban mobil juga yakni vulcanized rubber. Karena itu tidak usah heran jika sepatu Vibram ini lantas mirip mirip hasilnya dengan ban mobil misal traksinya meningkat, lalu abrasinya mempunyai daya tahan lebih baik. Antara Vibram dan Pirelli sebetulnya mmg saudara seatap, saudara tiri. Jadi bisa dibilang jika kalian bangga pakai Vibram sebetulnya kalian memakai ban mobil tuh, haha.

Sol vibram difoto bawah ini adalah awal mula desain Carramato yang dibuat oleh Vitale.
Pola outersol seperti ini masih kita jumpai dimana mana, disepatu buatan Bandung, sepatu outdoor dari Cibaduyut atau Tangerang, sampai sepatu brand apapun dari luar negeri. Jadi Vibram sekali lagi bukan bicara materialnya saja tapi juga pola dari outersol sepatu. Desain dari tonjolan bak tahu itu memberikan cengkeraman optimal dimedan outdoor.
Apakah Vibram paling unggul dilapangan? Oh ya tidak. Bagaimanapun sepatu outdoor yang bagus tetap ditentukan oleh karakteristik medan apa dulu baru dicari sol sepatu dari jenis karet apa dan bagaimana pola solnya. Misal medan tropis dengan kelembaban tinggi seperti hutan di Halimun, maka tentunya butuh jenis karet dan pola outersol yang khusus dan beda dengan medan di Alps yang bersalju. Karet yang bagus sering disebutkan campuran ideal antara hard rubber dan material bernama compund (low, medium, atau hard). Karet jenis medium compound misal yg karakternya agak lengket keset dan berpori saat dibetot dipakai untuk menggigit medan, namun jeleknya karena lembut dia mudah sekali cepat habis jika dipakai, karena itu diantara sela sela compound disisipkan karet keras yang gunanya menahan efek gesekan dengan alam seperti bebatuan. Kombinasi ini banyak dipakai oleh sepatu sandals outdor dan masing masing pabrikan mengklaim juga menghasilkan outersol terbaik dg racikan rahasianya, bukan cuma Vibram. Beberapa brand sepatu sandals yang dikenal sangat baik cengkramannya dan tidak pakai Vibram misal: Doc Mart, Rock Port, Crocks, TNF, Teva, dll.
Produk Vibram dianggap cuma dikenal luas hanya untuk sepatu outdoor dan hiking. Wah salah tuh, karena Vibram juga dipakai buat semua jenis olahraga mulai dari Fitness didalam ruang sampai outdoor seperti sepeda, sepatu memancing, motocross, joging, marathon, triathlon, duatlon, sepatu turing motor, sepatu militer, dll  *** hsgautama.blogspot.com

Foto desain Carramato diambil dari google.
Tiruan pola outersol spt ini paling jamak kita lihat disemua sepatu gaya boots.

http://www.vibram.com/index.php/us/VIBRAM/About-Us/The-Company




No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...