Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Sunday, March 29, 2015

Batu Akik Pandan Menurut Sahibul Hikayat Tradisional

Serat didalamnya mirip sisik ular
Berani gak jalan ngantor atau keluar pakai akik sebesar ini? Belum tentu semua berani karena nanti diledekin spt dukun, atau mirip Tesi, ahaha. Namun dalam cerita rakyat Betawi, konon akik besar identik dg jawara dijaman doeloe, jika gak besar yaaa gak afhal. Akik besar dijaman jawara adalah identik dengan imej sebagai jagoan, kekuatan, kegagahan. Salah satu akik ukuran jumbo yang sering dipakai adalah jenis batu akik Pandan.
Batu ini sebetulnya masih keluarga chalcedony yang jamak dijumpai di Jawa Sumatra, dan kekerasannya skt 7 skala mohs. Pantas jika dipakai jawara, paling engga dia tidak mudah pecah jika dipakai menggampar muka lawan.  Dalam kultur Betawi juga memiliki banyak jenis batu akik lain, seperti jenis ati ayam dengan ciri khas warna merah tua, badar asem dan batu akik wulung yang tersohor sebagai ajimat para jawara Betawi. Dalam konteks mistik tradisionil dipercaya bahwa ukuran akik batu yang besar mempengaruhi daya tampung "ajian isian" didalam batu (you know, like a super hard disk with large amount of capacity. How amazing the elder find this idea...). Dus memakai batu besar bukan saja menambah garang tongkrongan supaya lawan keder, eye catching, tapi juga soal lainnya dalam kerangka "ngelmu". Konteks jimat memang masih kental dimasyarakat kita sejak dulu, dia bagian dari kearifan budaya lokal yang masih sulit dihilangkan.

Nama "batu Pandan" sendiri punya makna menurut sahibull hikayat. Kata "pandan" disana berasal dari masyarakat betawi kala itu suka melihat golongan Belanda memakai liontin ukuran besar yang disebut "pendant". Mungkin karena besarnya mirip liontin, maka batu cincin ini disebut mirip seperti pendant juga. Sebutan pandan juga sebuah harapan agar pemakainya akan harum wangi seperti baunya daun pandan.

Variannya:
* Jenis batu akik pandan dengan serat benang, seperti serat sutera, serat jarum es, hingga serat capung,
* akik pandan sisik,  akan terlihat seperti bersisik dengan warna yang menggumpal seperti awan. Beberapa jenis batu akik pandan serat sisik :  sisik betrik, sisik betok, sisik melik, sisik salju, dan sisik kapas.
* jenis serat batu pandan kabut,  menyerupai kabut atau asap.

Warna akik pandan didominasi warna: putih, merah gelap, kuning, hijau lumut gelap, ada yang hijau

Khasiatnya? Ahhh jangan percaya itu. Batu cuma batu, dia gak memberikan khasiat apapun secara ajaib kecuali satu hal saja = jika dipakai nonjok bakalan bonyok itu muka lawan, ahahaha. Dari sisi bentuk yg lonjong ekstrem dan besar meninggi membuat akik pandan tidak ada duanya dalam khasanah gemology, dunia persilatan batu didunia manapun. Ya bener kok, dia anti mainstream, sangat unik bentuknya, karena itu ikat cincinpun juga unik memanjang lonjong. Jika mau tampil beda, pakailah ini, kalian akan kelihatan mencolok. Sungguh. *** hsgautama.blogspot.com 


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...