Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Monday, August 13, 2012

Sadel Asli Bawaan Vitesse D7 membuat panas dibokong


Jika ditanya, bagian apa yg paling “menjengkelkan” dari sepeda lipat Dahon tipe Vitesse D7 (2007), maka tanpa ragu langsung menunjuk sadel (tempat duduk bokong).


Sadel asli bawaan Dahon untuk Vitesse D7 dirasakan tidak nyaman. Tampaknya sih memang tebal, tapi busanya tidak mempunyai kemampatan dan kekenyalan yg baik untuk menahan bobot total tubuh penunggangnya. Entah bagaimana isi busa didalamnya, tapi soal kemampatan busa itu perlu untuk menjaga jangan sampai terlalu melesak dalam ibarat ban kempes, alias punya efek membal yg baik. Busa sadel bukan cuma empuk, tapi juga saat ditekan penuh, dia akan punya batas "ke-empukan yg nyaman" dan dg segera kembali cepat dalam bentuknya semula (tidak kempes, tidak melesak habis-bis-bis).
Efek panas langsung menyengat diarea selangkangan jika menggenjot sepeda ini dalam jarak diatas 01 km pertama.  Bukan hal yg enak merasakan panas didaerah itu, bukan cuma itu daerah peka, tapi manusia yg menggenjot sepeda  memang harus menaruh beban badan di sadel, bukan ditempat lain. Panas itu makin kerasa apabila kita tidak memakai bike pants yg khusus mempunyai padding busa ekstra. Jika memakai celana biasa, rasa panas langsung menyerap masuk.

Mencari pengganti sadel buat Vitesse D7 mengalami 2 kali ganti tipe sadel duduk.
Pertama kali dicoba dipasang sadel merk Vello, dengan lekukan dibagian tengah melintang untuk mengalirkan udara segar diantara bokong. Hasilnya mengalami kemajuan lumayan “adem”. Bokong tidak kerasa lagi membakar seperti halnya pakai sadel asli dari Dahon. Vello mempunyai busa yg lebih mampat dan kenyal. Ketika diduduki tidak melesak habis. Rasanya lebih nyaman memang. Tapi tetap saja  masih tidak sreg banget. Mungkin sebab lainnya adalah karena sepeda lipat ini tidak punya suspensi ekstra yg meredam goncangan bertubi tubi saat dibawa melewati jalanan aspal. Badan kayak disentak sentak.

Kurang puas dengan hasilnya, Vello segera dicopot, lalu dipasang Selle Royal dengan bantalan bola karet kenyal dibagian ekor yg fungsinya sebagai pegas menyerap getaran (bola karet ini disebut: elastomer). Konsep elastomer mirip dengan pegas besi yg dijumpai disepeda kumbang ditahun 70 an yg hingga kini masih bisa dilihat didaerah pedesaan kita.

Selle Royal  juga mempunyai tekukan melintang ditengah sadelnya untuk mengalirkan udara segar agar bisa mendinginkan selangkangan dengan lebih maksimal. Dengan lekukan ini, bokong tidak menyentuh penuh dan tertutup, tapi ada celah untuk masuknya udara segar.

Hasil akhir, ternyata Selle Royal memang terasa lebih-lebih nyaman dan enak dibokong. Sadel Selle Royal mempunyai luas penampang yg 40% lebih lebar dari sadel umum yg ada dipasaran. Selle Royal tipe ini biasanya dipakai untuk sepeda citybike atau untuk touring mengingat bentuknya yg lebar. Tipe ini juga cocok buat pinggul perempuan yg memang secara ukuran lebih lebar (lebih luaaaasss gitu).

Karena lebar, jika bokong diletakan disitu, maka seluruh permukaan bokong akan ditaruh diatas busa kenyal secara penuh. Seketika rasa nyaman terasa dibokong ketika mencoba mengayuh Dahon  menjajal rute jalan 15km lebih. Bola karet elastomer dibagian ekornya mampu meredam vibrasi jalan dan hentakan akibat sepeda masuk kejalan buruk. Bokong terasa lebih nyaman dan enak.

Jika diantara kalian ada yg memakai Dahon Vitesse D7 dan merasa bokong kesengat panas menyengat, coba ganti dengan Selle Royal w/ elastomer.
Nyaman saat bersepeda itu perlu dan tidak ada gunanya memaksakan jalan belasan kilometer  jika bokong serasa tersiksa diatas sadel. Dengan mengganti sadelnya, dijamin rasa panas akan berkurang drastis. **hsgautama.multiply.com


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...