Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, August 24, 2012

Ovak Vuvue > menjajal "tua bira" pohon lontar


Jika ditanya, apa minuman asli dari bumi NTT, maka jawabnya adalah air dari pohon lontar.
Minuman tradisional ini didapatkan dari menyobek pohon Lontar (dengan cara menyadap) lalu airnya ditampung dalam wadah dari daun lontar sepanjang malam. Paginya ketika matahari terbit, air diwadah itu diambil dan dibawa pulang. Didaerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, air sejenis ini didapatkan dari pohon Nira dan dibei nama “legen” artinya “manis”.

Air ini disebut org lokal sbg : Tuak. Arti dari tuak itu banyak, dan biasanya diartikan bahwa tuak adalah minuman yg mengandung alkohol. Tapi kenyataannya, air sadapan pohon Lontar yg baru diambil pagi hari belum mengandung alkohol. Rasanya masih sangat manis dan warnanya keruh putih mirip air kapur. Di Mauemere, tuak keruh  ini disebut dengan nama “tua bira”, artinya “tuak putih”.

Dikalangan orang setempat, air Lontar ini terbagi dua. Pertama air manis Lontar ada yg membuat mengantuk, dan kedua, ada yg efeknya membuat malahan terjaga (mirip spt Krating Daeng). Jadi jika ingin meminum ini, tanya dulu kepenjualnya, apakah air Lontar ini membuat mengantuk atau malahan sebaliknya. Jangan salah minum. Jika bikin ngantuk dan diminum dipagi hari, bisa membuat kita malas berpergian dan memilih tidur saja dikamar. Acara wisata bisa berantakan jika kita cuma tidur saja dikamar.

Air Lontar ini hanya terasa manis dipagi hari. Jika lewat tengah hari ke sore, rasanya berubah makin asam dan kecut sekali. Beberapa teman bilang, bahwa penduduk lokal lebih suka yg rasanya asam dan kecut, ketimbang yg rasanya manis spt madu. Rasa kecut akan membuat tenaga bertambah. Benar atau tidak gak tau ya. Jika boleh memilih, sebetulnya rasa manis lebih enak daripada rasa kecut.

Air pohon Lontar ini juga bisa disuling menjadi minuman dengan kadar alkohol berat, nama lokalnya berubah menjadi: minuman SOPI. Minuman dengan penyulingan ala kadarnya ini lumayan keras dan bisa dibakar dengan korek api. Jadi buat yg tidak kuat ada baiknya tidak mencoba untuk meminum Sopi, perut bisa terbakar panas akibat alkoholnya yg tinggi. *** hsgautama.blogspot.com


Ovak Vuvue, bahasa suku Rote, artinya meniti buih ombak.


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar DI MODERASI oleh admin dengan persetujuan.
* Komentar HANYA soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Carilah makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO kekerasan, NO SARA, NO Sex item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol, NO praktek dukun mistik dan pesugihan.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...