Pedagang Antik dan Barang Jadoel

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Testimonial Seller

Thursday, August 16, 2012

Fenwick Night Hawk, joran "penyapu" segala medan pancing


Mempunyai joran yg prima itu penting. Nikmatnya proses betotan si-ikan saat memancing, 70 persen ditentukan oleh joran, sak estu lho pakne, ini beneran lho. Joran (atau Rod), adalah kepanjangan tangan dari si pemancing itu sendiri. Karena itu, jika “tangan imitasi” itu bermutu bagus, maka itu setara dengan menggantikan fungsi “tangan asli”.

Panjang pendeknya waktu saat fighting, respon batang joran saat melenting dan berbalik arah,  sampai ikan mau menurut ditarik mendekat, itu dirasakan dari joran yg prima. Kalo jorannya jelek, yaa berkurang kenimatan itu.
Kalimat ini selalu saya katakan kepada teman lain dalam obrolan santai, atau mungkin juga sebuah debat kusir soal penting tidaknya punya joran bagus, hehehe. Namanya juga opini pribadi, sah saja jika ditularkan keteman lain dong. Hal biasa jika pemancing berdebat untuk urusan beginian hehe.

Dan jika bicara soal joran bagus untuk mancing light tackle, maka Fenwick Night Hawk salah satunya. Dia mengisi area tersendiri dipasaran melawan kompetitornya selevel diantaranya GLoomis, Sage, Okuma, Lemax,  Daiwa, dan Shimano.  Joran Fenwick Night Hawk ini sudah lama menjadi anggota keluarga disini. Lupa kapan dibelinya, dan lupa berapa harganya. Dia sudah menemani kesana sini, mulai dari memancing di empang sampai kedanau, ke muara, sampai kepulau dilepas pantai sana. Jam terbangnya komplit lah. Saya pribadi menyebut joran ini: one bullet takes them all.

Satu “peluru” (joran) untuk semua tempat memancing.
Secara visual, tampilan Fenwick Night Hawk muuantaaaf abis.
Gak ada cela, mulus kinyis kinyis. Bahan baku batangnya termasuk graphite bagus, dan dipoles dengan rapih. Logo Fenwick dan karakter tipe nya juga tercetak bagus dan rapih, kombinasi warna putih dan emas mengkilap. Kesannya buat saya sangat konservatif, beda dengan warna logo joran light tackle dari Okuma yg memakai hologram, sentuhannya lebih modern.

Joran ini juga pernah dibawa ngoyor dipantai (mancing sambil berendam dilaut). Sekian tahun kondisinya tetap baik saja. Tidak ada karat muncul misal di ring guide untuk kenurnya. Tampaknya lapisan pelindung untuk ring kenur dilabur lumayan tebal dan bagus.  Diameter lubang kenurnya juga pas. Saya suka karena ketika copot-pasang kenur yg sudah dipasang peniti dan kili kili bisa keluar masuk dengan mudahnya. Ini jelas beda dengan Okuma Extreme 150ML.

Fenwick Night Hawk terbagi patahan dua bagian. Panjang total sekitar 2m. Responnya termasuk medium action. Dia sungguh nyaman dibawa untuk memancing gaya duduk diem sampai dengan model casting ratusan kali sambil mondar mandir dibantaran sungai. Tangan terasa gak pegel jika membawa ini karena ujungnya lebih lentur dan mudah diajak bermain melempar lure. Dicobain kepret kekiri, lalu kepret lagi kenanan, enak mak-nyuzzz. Kelenturannya ditambah kombinasi panjang total joran terasa nyaman. Efek lengkung, caranya dia menendang balik, dan titik diam ketika melengkung habis dimomen melibas ikan terasa pas dan nyaman ditangan.

Jika ada "kelemahan" yg dicatat disini adalah soal bobotnya yg terasa lebih berat dibanding joran misal Okuma Extreme 150ML. Tapi ini masuk akal, Okuma cuma 1,5m sedangkan ini lebih panjang, jadi jelas lebih berat sekian gram. Selain itu, buat yg gak biasa megang joran 2m an, rasanya lebih repot jika mancing mepet dilapak empang, apalagi jika atapnya rendah. Bisa jadi, malahan keburu napsu menghentak joran supaya strike, eh taunya joran patah kena atap diatas lapak itu.

Dari batang, tangan pindah mengelus pegangannya. Palm grip nya dibungkus gabus keras yg bagus. Semuanya terpasang dengan rapih. Grip bagian bawah bukan berupa tabung bulat sama diameter tapi ada tonjolan yang digunakan untuk menjaga remasan tangan disana agar mempunya handling yg baik. Gaya beginian rada jarang ditemui di merk lain, tapi untuk tipe Night Hawk, tonjolan melingkar digabus itu disediakan disana. Ini memberi nilai plus sendiri karena mereka teliti dengan desainnya.  Hal lainnya yg patut diberi nilai plus adalah panjang butt terasa ideal karena dapat disandarkan dilengan saat fight dengan ikan. Betotan ikan akan terbagi secara fair dari genggaman tangan hingga kearea lengan. Ini membantu proses tarik ulur untuk menjaga ritme permainan dengan ikan sampai melemah.


Joran ini cocok buat pemancing gaek jika ingin merasakan sensasi beda dari respon joran yg cukup bagus. Tapi buat pemula juga engga rugi kok punya ini, karena spt yg disebutkan didepan, joran ini layak disebut sbg: one bullet takes them all.
Daripada pusing mikir beli joran apa, mending ini saja udah bisa diajak main darat dan pantai sekaligus.  ***hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE





No comments:

Post a Comment

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...