Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Monday, August 27, 2012

Bokong Nyaman, Sadel Duduk Pilih Yang Tepat


Bokong panas dan nyeri ketika duduk disadel sepeda adalah hal yang bisa saja terjadi. Tapi jika ada kawan yg komplen melulu bokongnya sakit ketika mengayuh sepeda, ini baru disebut gak beres. Pasti ada yang “salah”, jadi bukan soal mencari merk dan tipe sadel macam apa yg cocok buat dirinya. Biarpun ganti sadel sampai 7x, jika terus menerus mengeluh sakit maka itu artinya memang ada yang “salah”.  Gak masalah dia cuma pesepeda amatir, jika salah mencermati urusan “duduk diatas sadel sepeda” pada akhirnya memang jadi gak enak aja untuk main sepeda.

Langkah pertama tentu saja mengatur posisi sadel dengan penyesuaian postur pemakainya. Tiap manusia biarpun sama sama punya kaki, pinggul, dan bokong, toh tetap saja ada bedanya. Tidak ada yg identik sama. Karena itu, tiap orang bisa saja punya rumusan khusus yg hanya cocok buat dirinya.  Aturlah sadel mulai dari ketinggian paling ideal, shg posisi kaki jatuhnya pas pada saat kaki ketekuk diposisi putaran atas, dan saat kaki lurus diputaran bawah (sedikit bengkok, jangan lurus lempeng).
Setelah ketinggian seat didapatkan ukuran yg cocok, baru mengatur posisi sadel (lihat foto dibawah ini). Atur dengan baik dititik poros sadel agar “maju-mundur”, lalu atur pula “tilting up-and down”. Kesalahan disini bisa juga membuat selangkangan terasa nyeri dan tidak nyaman. Ambil beberapa kali setting-an, cobalah berputar hingga jarak tempuh sekian kilometer dan rasakan mana yg paling enak.

Langkah kedua, yakni jangan bosan mengatur posisi jatuhnya tulang bokong dititik yg paling pas dipermukaan sadel dudukan. Masalahnya, ketika mengayuh sepeda sekian kilometer, posisi bokong bisa saja terus menerus berubah megal-megol, kadang kelewat maju, miring sana sini, dan kadang terlalu mundur kebagian ujung luar sadel. Titik jatuhnya tulang bokong yg salah inilah yg membuat selangkangan nyeri.

Difoto dibawah ini terlihat sadel sepeda dg koin uang. Jika koin uang diumpamakan sbg ujung tulang bokong, maka dititik itulah tulang kita menekan permukaan sadel. Apabila titik tulang jatuhnya terlalu kedepan sadel yg runcing, maka hasilnya bisa jadi adalah sakit.

Coba ubah posisi duduk, dengan memundurkan posisi bokong ke ujung luar sadel, paskan titik jatuhnya tulang tsb (lihat koin itu) shg pantat mundur kebelakang. Posisi titik tulang bokong dibagian ujung luar sadel ini biasanya bisa menghilangkan nyeri. Justru dibagian belakang sadel itulah busanya lebih kenyal dan mampat shg mampu menahan bobot tubuh pemakai. Sambil mengayuh menelusuri jalan, jangan berhenti untuk mengatur titik tumpuan bokong dengan maju mundur diatas permukaan sadel.  Cari dan rasakan, mana yg paling pas dan enak.


Tips tambahan, mencari sadel yg cocok itu perlu. Ada baiknya cobalah beberapa merk dan tipe sadel sepeda yg ada dipasaran dan rasakan mana yg paling enak buat dipakai. Jika tidak mau beli, tentu saja bisa pinjam dulu dengan teman hehehe. Iyalah daripada buang duit beli sampai 5 sadel, kan mending pinjam saja. Jika sudah menemukan yg cocok, baru pasang itu disepeda kesayangan. Satu hal yg diingat, pesan moral pendeknya, ngapain sih naik sepeda 5 kiloan jika bokong kerasa nyeri? Ah gak ada gunanya. Naik sepeda yaaa harus nikmat dan enak, bukan sakit.
hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE





No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...