Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Monday, July 3, 2017

Langka, Foto Utuh Sebadan KH Hasyim Asy'ari.

Termasuk langka menemukan foto utuh sebadan dari hadratus syeh KH Hasyim Asy'ari.

Kali ini muncul foto utuh ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dari koleksi pribadi dilingkungan keluarga beliau. Sayang kondisinya tidak begitu bagus. Foto tua selaiknya mendapatkan langkah serius dalam restorasi agar dapat menjadi catatan sejarah dimasa depan. Ini penting menjadi catatan sejarah pergerakan kebangsaan Indonesia dimasa silam, dan geliat pertumbuhan pesantren dari masa kemasa.

Foto dibawah ini sudah mengalami proses retouching standar agar secara visual lebih menarik dipandang mata. Foto asli diambil dari sumber facebook (Klik link)
* Mohon foto jangan dihilangkan sumber aslinya


Sumber FB: Cerita Para Wali

Sedang ramai foto ini. 11 tahun yang lalu, sebelum KH. Yusuf Hasyin wafat, beliau mengajak saya ke ndalem ijo yang tepat berada diutara rumah orang tua saya. Di ndalem ijo itu, beliau menunjukkan sebuah foto ukuran besar dan beliau berkata "Ini foto kiai Hasyim". Kebetulan yang ditunjukkan tidak seutuh seperti dalam foto yang baru saja muncul dimedsos. Beliau juga berkat bahwa foto inilah yang paling beliau suka.

Beberapa bulan sebelum wafat, kiai Khotib Umar Jember, berkesempatan mampir kerumah dan memberikan foto yang sama dgn milik KH. Yusuf Hasyim.

Akhirnya, muncul pula yang utuh dan syukran kepada yang menguploadnya.

Konon, foto tersebut diambil diam-diam karena kiai Hasyim infonya tidak suka berfoto. Sama dgn menantu beliau kiai Maksum, pengarang amtsilatut tasrif, yang membakar semua foto dirinya sebelum wafat.

Tentang lokasi, tidak diketahui pasti. Tapi jika kembali ke Tebuireng tempo dulu, komplek F, G, H, I dan lainnya yang berada diselatan masjid, mempunyai bentuk pintu model kupu tarung. Sekarang yang tersisa hanya komplek Y dan K yang pintunya msh seperti itu. Pertanyaannya, apakah komplek2 itu sudah ada sejak jaman kiai Hasyim?

Jika tidak, pikiran saya melayang ke Pesantren Salafiyah di Kapu Kediri tempat mertua beliau kiai Hasan Muhyi tinggal. Dibangunan diutara masjid Pondok Kapu, ada bangunan yang sangat mirip dgn yang ada dalam foto ini. Bangunan itu skrg masih ada dan menjadi madrasah diniyah.

Wallahu a'lam bisshowab.

Sumber: Kyai Agus M Zaki (Cucu Hadrotussyaikh Hasyim Asy'ari)

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...