Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Wednesday, November 7, 2012

Pasar Atom Pasar Baru, Sisa Pusat Fotografi Jakarta Dimasa Lalu

Gedung Atom Pasar Baru adalah mall tua sisa kejayaan tahun 70-80an. Seingat saya ini sejaman dengan era new garden hall dan aldiron di pasar Blok M. Dijamannya mall ini termasuk sangat mencolok dan siapapun berbelanja disini. Tapi ketika jaman makin bergeser dan pasar itu makin tua, maka pelanggannya juga makin menjauh. Didalam sana sekarang tampak kumuh dan gelap, banyak lampu yang mati, eskalator mati semua. Sisa penyewa hanyalah toko kamera, pakaian jadi, toko obat, dll.

Tahun 90an lokasi disini sempat jadi "mecca fotografi" diseluruh antero Jakarta.
Pasar barang fotografi se jakarta ditentukan peredarannya dan harganya dari lokasi ini. Fotografer dijaman itu apalagi yang sudah menjadi fotografer komersial dan kelas pro pasti tahu apa itu Atom Pasar Baru. Dimasa itu, semua alat fotografi ada disini. Mulai dari kameranya, tukang servisnya, jual belinya, peralatan dark room, chemical, kertas dll ada semua disini hulu kehilir. Rasanya gak berlebihan jika tanpa Mall Atom Pasar Baru, maka fotografi ditanah air bakalan melempem. Tahun tahun itu saya banyak mengajar dikelas foto di Antara, kebanyakan murid saya juga berburu film KODAK, FUJI, dan ILFORD bw disana, begitu juga dengan chemical dan papers buat cuci cetak kamar gelap diambil dari sana. Kami punya langganan tetap yang bisa mensuplai kebutuhan kelas dengan "harga pelajar". Sayang, kondisi Pasar Atom sekarang makin menyedihkan. Toko fotografi banyak yg gulung tikar. Sisanya adalah lorong gelap total, tertutup rapat oleh rolling door. Kumuh, sumpek, gelap, berantakan disana sini.   **** hsgautama.blogspot.com



2 comments:

  1. Apakah di sana masih ada yg jual peralatan kamar gelap, saya sangat menyukai lomography dan ingin mencoba proses film sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau ya masih ada atau tidak. Disana beberapa toko lawas masih ada cuma makin sepi dan etalasenya tdk sepadat dulu lagi. Kebanyakan mrk beralih menjual frame dan album, lalu alat fotografi standar. Chemical dan kertas rasanya udah susah dicari

      Delete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...