Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Sunday, November 4, 2012

Hujan Turun, Tekanan Barometric di Protrek merosot ke 1004 hpa

Minggu sore hujan, cuma sebentar tapi lumayan segar.
Siang tadi panas keras Baro terbaca 1008 hpa, dan ketika skr hujan terbaca 1004 hpa
Tren menurunnya tekanan baro sudah terbaca sejak dua jam ini, dari 1008 hpa terus menukik sana sini ke 1006 hpa ke 1005 hpa yang tandanya siap siap hujan. Begitu makin turun lagi ke 1004 hpa langsung "bresss" hujan beneran   Tekanan ini untuk dataran rendah flat disekitar Blok M Jaksel, bukan di gunung karena hasilnya bisa beda. Salah satu keasikan tersendiri memakai jam kelas intrumen adalah memperhatikan perubahan graph dan angka disana. Untuk user yang "tools freak" ini menyenangkan banget. Protrek bukan "precession measurement unit", hasilnya tidak bisa dikatakan sangat akurat untuk pengukuran industrial, tapi dia bisa dijadikan pegangan dalam bentuk angka dan graph ketika mengukur suhu, dll. Daripada tidak ada sama sekali, mending ada yg dibawa ditangan kan.  *** hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE



10 comments:

  1. artikel yang bagus pak.. saya juga suka dengan jam tangan protrek dan punya beberapa (PRG130Y, PRG500 dan PRG510) tapi s.d saat ini saya masih belum paham betul cara membaca barometer pada jam tangan protrek ini, karena saya perhatikan ketiga jam saya selalu meleset dalam memprediksi cuaca dan saya ada beberapa pertanyaan, mungkin Bapak bisa bantu jawab :
    1. bagaimana sebenarnya hubungan antara : a.angka hpa yg tertera b.indikator grafik dan c.titik yang sering muncul di sebelah kanan ketika tombol barometer di tekan? karena sering kali saya perhatikan grafik menurun tapi tidak turun hujan.
    2. ketika kita menekan barometer artinya kita akan memprediksi cuaca, seberapa jauhkan area yg dapat ikut terprediksi oleh jam protrek tersebut, misalnya ketika kita memprediksi cuaca di sekitar Blok M seberapa jauhkan area yg ikut terprediksi? terimakasih atas jawaban Bapak.
    salam

    ReplyDelete
  2. Pertama kali perlu Bapak digaris bawahi, bahwa instrumen dijam tangan sampai saat ini blm ada yg masuk kategori "precession sensing measurement tools" yang diakui dalam standar industri profesional. Artinya dia hanya alat bantu, tapi tidak akurat. User paling tidak ada pegangan ditangannya dalam bentuk yg ringkas kompak, tapi jangan dipercaya 100%.
    Alat prediksi cuaca yg paling baik sesuai standar industri adalah yg ada dihalaman kantor BMKG, disana ada sekian banyak alat sensing terpasang dihalamam dan tidak ada yg ukurannya ringkas spt jam tangan. Hasil data selama sebulan-setahun- 5tahunan dari semua alat itulah kemudian dibuat kesimpulan yg disebut "prakiraan" atau bahasa lainnya "tren cuaca akan mengarah menjadi apa". Namanya saja sudah "prakiraan cuaca" atau "tren cuaca mengarah ke.." maka artinya tidak bisa mutlak kan. Hasil analisis setahunan (atau seminggu terakhir) itulah kemudian diketahui bahwa cuaca akan jadi seperti apa. Dijam tangan juga sama kok pak, dia merekam data yg disimpan dalam 24 jam terakhir, artinya tren cuaca dianalisis dari kumpulan seabreg data perubahan tekanan udara dll selama sekian jam, bukan ujug ujug dalam 10 menit terakhir bgt saja.
    Alat sensing yang diubah dari analog ke digitall juga butuh modul sensor. saya tdk tahu modul spt apa yg terpasang dialat ttu misal, apa beda jenis modul sensornya antara Protrek tipe 110C dan modul sensor untuk Suntoo tipe CORE? Dipasaran sih dijual bebas modul sepaket dari kepala sensornya, dan jenisnya sangat banyak Pak. Selain jenis modulnya sebaik apa, juga ditentukan apakah ditanamkan seabreg data tren cuaca didalam alat itu? Berapa lama, apakah cuma 1 harian? semingguan? Sebulan? Ini kan mirip dengan jam tangan khusus buat pemancing, alat ini adalah gabungan sensor membaca suhu, lalu ada sensor baromterik, dan juga ditanam data moon phase yg mempengaruhi pasang surut diwilayah kita berdiri. Jika saja saya mancing di Tel Jak, tapi jam nya diset untuk kota New York maka data yg dipakai dia adl moonphase dan pasang surut diwilayah new york tapi suhu dan baro nya adalah di Jakarta. Begitu Pak kira kira ilustrasinya

    ReplyDelete
  3. kalau dari satuan InHg di pindah ke HPa bagaimana ya caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika alatnya tidak bisa dipindah maka mmg tidak bisa pak.

      Delete
  4. Saya baru beli PRG550 (analog-digital) kemarin test nyelam ke wisata air panas temperaturnya sampe 58 derajat Celc, agak was2 krn pas diangkat langsung disiram air dingin(aqua) kok kacanya ngembun tp saya celupkan kembali ke air panas embunnya ilang lg trus maunya didinginkan perlahanbaru gak ngembun lg. Pas dirumah gak sengaja otak atik thermometer angka berubah yg biasa suhu kamar 34 skrng jadi 30 an akibatnya grafik barometer ngaco abis naik turunnya putus2 gak nyambung seperti yg sudah2. Pertanyaanya gmn ya caranya ngeset thermometer ke awal settingan pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di manual book ada sih cara setting nya mas, harus dibaca di section soal Thermometer. Kalo dijelaskan disini step nya agak panjang juga. Hehehe

      Delete
  5. nice quotes bro: "Daripada tidak ada sama sekali, mending ada yg dibawa ditangan kan." :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mmg itu faktanya kan hehehe. Biarpun secuil paling enga ada pegangan yang menjadi acuan

      Delete
  6. Salam kenal Om HSGautama

    Om, saya punya CASIO SGW 1000
    produk seri SGW ini downgrade dari seri2 Protrek
    Apakah Om sudah punya pengalaman ataupun referensi tentang kualitas barang nya ?

    Terima kasih

    Dedi Sukarno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga om. Tipe itu belum pernah jajal. Kinerja Protrek versi 1 dan 2 biasanya sudah ketakar sejauh apa kemampuannya. Untuk pegangan dilapangan bolehlah diandalkan artinya tidak mengecewakan. Perbedaan mencolok dari versi lama dan yg terbaru skr adalah= kecepatan reading dan contionously reading yang super cepat. Casio protrek android malahan sudah bisa terhubung ke stasiun radio cuaca utk prediksi cuaca lebih akurat dari sekedar membaca barometrik

      Delete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...