Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Sunday, October 14, 2012

Tips Menjadi "Penjilat Profesional" dilingkungan Kerja


Menjadi penjilat profesional dikantor penting apalagi jika kantor tsb berciri ciri: keberhasilan karir karyawan bukan ditentukan atas tolok ukur tertulis yang akurat dan selalu muncul like or dislike, lalu adanya budaya respresif karena leadership disana 100% one man show. Dikantor dengan ciri kultur semacam ini maka akan muncul budaya penjilatan. Jika memang mau bertahan dilingkungan semacam ini dan ingin mengambil keuntungan dari situasi ini, maka harus paham bagaimana survive. Tentu saja, ada individu yang tidak suka dan memilih hengkang saja dari pada terjebak dalam kekusutan dikantor.


Menurut Petunjuk Bapak Presiden
Kalimat diatas terinspirasi dari seorang mentri dijaman dulu yang selalu mengatakan kalimat begini: ".. semalam saya sdh ketemu beliau, dan menurut petunjuk bapak presiden .. bla bla bla". Dijaman itu mentri ini menjadi cercaan dan cemoohan karena dianggap tidak mempunyai sikap sendiri sesuai dengan kapasitas inteleknya sebagai mentri. Tapi suka gak suka, kalimat itu adalah "kalimat penjilatan super duper cakep". Bos manapun kalo selalu dibilang begitu sama anak buahnya bakalan mabok tujuh keliling, serasa jadi 'Dewa Tak Terkalahkan" karena sabdanya selalu diikutin oleh sianak buah.

Yes Sir.
Kalimat menjilat sakti lainnya adalah: selalu mengatakan YES SIR. Ini kalimat ampuh untuk membuat boss sayang sama penjilatnya karena semua sabdanya diikutin, semua perintahnya tidak ada yg dibantah. Dewa selalu suka jika perintahnya diturutin. Pokoknya jangan bilang tidak bisa, tidak mau, tidak sanggup, tidak tahu dll. Harus YA semua.

Selalu tahu timing kapan harus kabur dari muka boss khususnya ketika doi ngamuk.
Penjilat sejati harus tahu cara cara cerdas yakni: tahu menyelamatkan diri sendiri ketika keadaan memburuk yakni bos ngamuk ngamuk akibat ketidakberesan dikantor. Ini sangat vital karena  penjilat yg sukses harus terlihat dia hebat sorangan dan tidak terlihat kelemahannya. Kata temen begini: harus tahu kapan buang bodi dan melempar kesalahan keorang lain, atau harus pandai menyalahkan orang lain supaya dirinya kelihatan bersih. Cara buang bodinya banyak, misal cara klasik terlambat masuk kantor dengan alasan semalam pulang jam 1 pagi, intinya harus cari alasan masuk akal yang bisa menyelamatkan bokongnya dari sundutan api kemarahan si-dewa.

Dekatin Anak Istrinya atau Tempel ortu si bos
Bos cowo manapun pasti keok dengan istri atau anaknya. Maka dekatin anak istri, buat mereka tergantung sama kalian misal membantu ngurusin belanjanya, ngurusin listrik rumahnya dll. Kalo nyonyah besar hepi maka suaminya juga diem saja kok gak berkutik.

Rajin mengajukan diri kedepan atau selalu carmuk didepan bos
Penjilat yg baik selalu maju kedepan boss mengatakan "biarlah saya yang mengerjakan tugas tsb". Bos melihat kedia dan akan merasa senang karena ybs pasti jagoan menyelesaikan itu. Naaah setelah bos pergi jauh, lalu panggilah 30 orang junior bawahannya untuk gotong royong menyelesaikan penugasan siboss, cambuk mereka semua, paksa dengan kerja rodi, peras semua ide dan kemampuan junior ini. Seminggu kemudian bawalah hasil kerja 30 orang junior yg sudah matang itu kedepan boss sambil mengatakan: "saya sulit tidur selama seminggu ini menyelesaikan PR dari yang mulia bos". Coba, siapa bos yg tidak kagum melihat betapa seriusnya dia menyelesaikan tugasnya walaupun taunya si penjilat ini sama sekali tidak mampu menyelesaikan PR itu? Jangan malu untuk meng-klaim ide-pekerjaan orang lain, lalu dikatakan dengan piawai didepan muka boss. Ohya jangan lupa berbunga bunga mengatakan betapa heroiknya dia menyelesaikan tugas tsb dan menjelekan pihak lain yang tidak  becus menyelesaikan itu (harus selalu ada yg disalahkan sebagai kambing hitam supaya penjilatannya sukses kan).

Bos gak pernah salah
Penjilat yg sukses harus mau kepalanya disalahkan oleh bos, apalagi jika situasinya memanas dan posisi bos sudah terjepit maka ujug ujug hidungnya dituding, mau gak mau dia harus diam menelan pil pahit jadi kambing hitam. Sudah telat untuk "buang bodi" maka dia harus lapang dada dijadikan kambing hitam si boss dengan menumpahkan semua cacian dan kekesalan seisi kantor dimuka ybs. Pokoknya dalam hati bilang :udah deh gakpapa gua makan ini semua yang penting jabatan gw amaaaan". Bos selalu tampak jenius, hebat, benar didepan seisi kantor kan.

Jagoan Untuk Belagak Budeg.
Penjilat sukses harus bisa budeg. Maksudnya dari semua point diatas maka ini bagian penutup terpenting: pelakunya harus bisa cuek bebek dicaci maki kiri kanan sebagai penjilat. Pendek kata udelnya pendek, gak tahu malu, rai gedek, masa bodolah yang penting dapat fasilitas mobil rumah jabatan dll dari si boss. Jangan main perasaan ketika ingin menjadi penjilat profesional, hati dan akal sehat memang harus dibuang jauh jauh karena kepentingan kekinian saja "bos senang maka duitpun lancar". Jadi gak ada gunanya menyindir penjilat, dia sudah menutup kupingnya dengan semua cibiran miring.
**** hsgautama.blogspot.com

Pics here.

** Tag tulisan "kantor_bahlul" adalah kumpulan dari cerita tentang printilan managerial yang sudah ancur ancuran disekitar kita, atau suasana kerja yang amburadul, mirip seperti kacaunya menghadapi orang mabok (=bahlul). Management kantor kan tidak selalu bagus hasilnya, banyak kok teman teman kerja disituasi kantor yang amburadul. Cerita disini untuk mengimbangi banyaknya tulisan lain ttg tips menjadi manager hebat, dan sebaliknya "kantor bahlul" malahan menceritakan bagaimana membuat kacau seluruh isi kantor dan anak buah kita, hehe. 

2 comments:

  1. entah kenapa senyum senyum sendiri baca tulisan di atas... #tetapsemangatz

    ReplyDelete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...