Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Sunday, October 14, 2012

Bagaimana Memotret Ruang Luas Seperti Pelataran Museum Fatahilah


Datang kekota tua di Museum Fatahilah saat "bulan muda" diakhir pekan rasanya bukan pilihan yg tepat mengingat membludaknya pengunjung yg datang kemari. Bahkan jalan kearah sini juga lumayan rame meriah dihari Minggu spt ini. Disetiap persimpangan lampu merah, kemacetan kecil terjadi lumayan kusut. Gak parah, tapi tetap bikin tersendat. Buat kalian yg tidak terlalu suka suasana "overloaded", ada baiknya jangan datang diakhir pekan pas dengan tanggal gajian, jadilah kayak begini ramainya. Cuma buat yg mmg suka keriuhan tentu saja bukan masalah.

Kota tua juga menjadi satu ikon tersendiri buat fotografer amatir dan pro untuk membuat eksplorasi fotografi dengan berbagai cara. Kelihatannya sih membosankan begitu begitu saja, tapi dengan pendekatan berbeda maka akan didapat hasil beda juga.

Memotret arsitektur disekitar kota tua adalah salah satu hal yg menarik. Fotografi eksterior dan arstitektur adalah salah satu hal yg patut dicoba diarea ini. Tantangannya adalah bagaimana mendapatkan foto yg optimal dengan hanya mengandalkan cahaya matahari apa adanya, tidak lebih dari itu. "Barangnya" cuma satu disana, besar sekali sizenya, dan kitanya yg harus putar otak mencari sudut terbaik dan cahaya terbaik.

Memotret diarea lapangan bukan soal mudah. 

Banyak fotografer yg gagap berat ketika memotret diarea lapangan yg sangat luas. Begitu luasnya area terbuka dan kosong membuat tidak semua orang bisa mengisi ruang dalam framingnya secara tepat dan efisien supaya menghasilkan foto yang terlihat "penuh" dan padat isinya. Framing yg kosong melompong bolong adalah jelek, karena itu harus padat terisi semua dengan bagus dan harmonis. 
Fotografi lansekap atau ekterior biasanya memakai konsep "foreground dan background", intinya harus ada yg diletakan didepan dan ada yg dibelakangnya. Trik "depan+ belakang" ini untuk mengakali ruang kosong yg nantinya bakalan terbuka sangat lebar akibat luasnya lapangan atau area yg ada disana. Hasilnya adalah framing akan terisi penuh dengan sangat ideal dan pas. *** hsgautama.blogspot.com


http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE

http://maps.google.com/?ll=-6.134392,106.812679&spn=0.001955,0.003433&t=h&z=19&iwloc=lyrftr:h,8102124026005346513,-6.13444,106.812767










No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...