Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Wednesday, August 8, 2012

Ultralight hiking, sebuah pilihan liburan pendek untuk pekerja urban

Ultralight hiking bagi saya adalah "idem tito" dengan hiking untuk pekerja urban. 

Alasannya ada dua. Pertama, pekerja urban adalah kelompok pekerja yg punya uang ditangan tapi kelelahan akibat pekerjaan sehari harinya. Waktu libur mrk hanya disaat weekend saja, atau praktis hanya efektif berlibur total satu harian, tidak lebih dari itu.
Alasan kedua, peralatan ultralight relatif lebih mahal dibanding peralatan full-gear. Bobot alat menjadi isu sentral disini. Karena itu, kemampuan daya beli atas alat semacam ini lebih mampu dilakukan oleh kelompok pekerja, bukan anak SMA .Harga yg ditebus untuk sebuah portabilitas dan bobot ringan biasanya memang lebih mahal :-)

Waktu yg mepet, pikiran dan tubuh yg lelah ingin berlibur, punya uang ditangan, adalah kombinasi yg pas untukmelakukan ultralight hiking. Akhir pekan membawa mobil kesatu titik, setelah parkir, ransel dikeluarkan dan melakukan perjalanan singkat dengan rute yg telah ditentukan. Setelah berjalan kaki, misal, 10km, ransel diturunkan serta peralatan dikeluarkan untuk bermalam. Menikmati matahari terbenam disudut lereng sambil menikmati kopi panas, berbicara dan tertawa tawa, masak untuk makan malam, dan tertidur ditenda hingga esoknya turun lagi menuju tempat mobil diparkir.

Ultralight hiking juga cocok dikombinasikan dengan olahraga bersepeda. Karakter alatnya mirip mix match, dan komposisi nilai bobot (efisien) juga nyaris sama. Beberapa kali trip sepeda singkat diwilayah Jawa Barat, saya dengan mudahnya melompat dari bersepeda lalu berpindah dengan aktifitas hiking diseputar wilayah tujuan. Sepeda tinggal dikunci dirumah penduduk, setelah dititipkan, kaki melangkah menuju satu titik lainnya untuk menikmati perjalanan lainnya. Kepuasannya bisa didapat "dobel nonjok" mengutip kata teman saya :-) Yaa puas bersepeda, dan puas hiking.

Dimasa depan, bisa saja olahraga outdoor dengan cara kombinasi ini akan semakin populer dilakukan oleh banyak org. Lokasinya disini sangat banyak, tujuan wisata makin beragam. Peralatan yg tersedia juga makin mudah dibeli dimana saja. Produsen outdoor lokal dioutlet mereka sudah tampak menawarkan peralatan hiking atau bersepeda dengan bobot ringan atau super ringan. Munculnya komunitas dengan minat "campursari" ini paling tidak sudah ditandai dengan adanya milis berbau nada yg sama di yahoogroups. Milis ini akan menawarkan tempat ngumpulnya maniak outdoor dari semua "perguruan silat", mulai dari hiking, trekers, jeep mania, pesepeda, trail, divers, dll. Isinya adalah cross posting dari berbagai minat liburan dan wisata digoreng jadi satu didalam wajan yg sama, gitulah. Untuk sepeda dg konsep ultralight camping bisa dicek dari sini.

List alat yg dibawa dalam sebuah ransel tipe ultralight, perhatikan satuan berat grams nya dan harga item alat yg dibawa ada dibawah ini, silahkan dilihat.


Link pembanding:
http://ultralight-hiking.com/home.html
http://www.backpacking.net/ultralit.html
http://www.imrisk.com/
http://hsgautama.blogspot.com/2012/08/tips-membuat-lampu-minyak-darurat-saat.html


http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...