Pedagang Antik dan Barang Jadoel

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Testimonial Seller

Thursday, August 9, 2012

Bagaimana Memilih Jam Diving yg Cocok (Bag.2 habis)


Dari begitu banyaknya orang yang ikutan kelas diving, bisa dibilang hanya satu dua org yang sadar pentingnya membeli jam diving yg layak pakai untuk menyelam sesuai ISO 6425 dan 2281. Biasanya, dalam satu kelompok divers yg pergi ikut tur menyelam, paling satu dua saja yang memakai "jam diving asli", sisanya hanyalah "jam diving banci" yg sekedar bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 50m atau bahkan ada sampai 100m, bisa menyelam tapi bukan setangguh jam diving asli karena tdk memenuhi kriteria ISOnya.

KLIK penjelasan bagian 1: Penyelam Amatir butuh jam tangan yang bagus
http://hsgautama.blogspot.com/2012/08/penyelam-amatir-butuh-jam-tangan-yang.html

Jadi bagaimana mulai mencari jam diving? Uang terbanyak yg pertama kali dikeluarkan seseorg yg baru belajar diving (jika dia sangat concern dengan keselamatannya) maka itu tentunya sebuah regulator yg bagus, dan jam tangan diving. Sisa alat bisa sewa kok atau saling pinjam dengan teman satu kelompok. Buat yg berkacamata, maka punya masker dengan lensa koreksi perlu, dan ini biasanya gak bisa menyewa (rental) alias harus beli sejak awal ikut kelas diving. Jam diving serius dipasaran cukup banyak buat kelas divers amatir. Jika bisa dibagi maka ada dua kelompok besar, pertama "jam diving standar", dan kedua adl "jam diving kelas dive comp". Disini dibatasi saja jam diving standar karena biasanya kelas amatir hanya butuh tipe jam ini, dive comp jatuhnya lebih mahal dan agak aneh jika dibawa kerja seharian, selain itu fiturnya akan banyak mubazir jika hanya dipakai harian didarat atau untuk buat recreational divers yg gaptek berat (amatir).
"Jam diving standar" terbagi dua kelompok, pertama manual pakai jarum digerakan mesin automatic (tenaga mesin dipicu dari gerakan tangan user), dan kedua jam pakai mesin quartz/ ecodrive/kinetic (tenaga mesin digerakan catudaya battere) dengan jarum atau digitall. Sama saja mau dipilih yg mana. Rata rata harga jam diving kelas pemula yg cukup tangguh dibanderol dikisaran Rp 1 juta keatas dipasaran lokal. Batasan harga jam diving serius memang unlimited, bahkan sampai sekian belas ribu dollar, jika punya duit sih silahkan saja beli brand kelas atas :-)  .

Menurut wiki, jam diving pro dimulai oleh Omega ditahun 1932 dengan mengeluarkan series Omega Sea Master. Omega hingga kini masih melanjutkan tradisi jam divingnya dan menjadi salah satu jam diving acuan buat penyelam amatir dan kelas pro. Jam diving milik Omega yg paling terkenal dalam sejarah adalah Omega Ploprof untuk kedalaman 600 dan 1200, dilansir diputaran tahun 70 an dan hanya beredar terbatas.  Jacques Cousteau disebut sebut sebagai salah satu arsitek yg ikut membidani jam hebat ini bersama timnya selama 4 tahun lebih, karena itu tidak heran jika Omega super ini diberi nama berbau perancis: PLOngeur PROFessionnel (Professional Diver). Begitu legendarisnya jam satu ini sampai harga sekennya dipasaran masih diatas 20-30 juta perak!
Setelah Omega, persaingan makin tajam dengan hadirnya Panerai dari Italia yg bukan cuma menawarkan jam untuk menyelam tapi juga memberi imbuhan lume di dials-nya shg bisa dilihat dikegelapan samudra, belakangan target market Panerai diubah menjadi jam super mahal untuk kalangan berduit. Pemain lain yg gak mau kalah bersaing adalah Rolex yg juga mengeluarkan series jam diving dan segera mencuat sebagai jam mahal yg layak dibawa menyelam kesamudra lepas. Saling salip dan kompetisi membuat jam diving menjadi sebuah gengsi bagi produsen jam kubu Swiss dan Amerika.  Kubu Jepang yakni Seiko dan Citizen juga tidak mau kalah mengeluarkan jam diving untuk menujukan kepada Barat bahwa mereka bisa membuat jam tangguh. Seiko sendiri menurut museum Tokunaga, pertama kali mengeluarkan jam diving ditahun 1965-1968 dengan mesin automatic cal.6217 (6217-8000 dan 6217-8001). Berturut turut  setelah itu Seiko mengeluarkan series lanjutan jam diving dan menjadi salah satu icon tersendiri buat pemakainya diseluruh dunia.

Jika mau menghitung sisi praktis, membeli jam diving hendaknya mempunyai service centre resmi di Indonesia. Alasan penting adanya perwakilan resmi disini adalah karena jam diving adalah jam yg secara speks memang dipakai untuk "pekerjaan berat" menghadapi tekanan air dan lingkungan yg kejam, bukan sekedar jam yg dipakai ngantor. Misal saja, membeli jam diving quartz (pakai battere) saat battere nya habis maka harus dibuka tutup caseback nya dan diganti batterenya, dan ketika ditutup lagi maka harus mengikuti serangkaian ujian test dan step yg mengikuti petunjuk pabriknya. Jika dilakukan ditukang jam biasa saja dan bukan di service centre resminya, bisa jadi jam diving itu tidak menjadi water proof spt semula akibat salah prosedur bongkar pasang.

Jam diving bagus yg bisa diincar buat peminat adalah milik Seiko yg mempunyai perwakilan resmi di Blok M. jam diving milik Seiko tersedia berbagai tipe, mulai dari kelas automatik (pergerakan waktu  akibat gerakan tangan manusia), hingga quartz pakai battere. Rentang harga dan tipenya sangat beragam shg memudahkan pembeli memilih tipe apapun yg dia suka sesuai budget. Misal saja, Seiko mengeluarkan tipe "Seiko Monster" (dua warna, black atau orange) banyak dipuji diforum diving sebagai jam selam yg harganya tidak mahal amat tapi juga memenuhi kriteria ISO nya, lalu desainnya sangat menarik shg bisa juga dipakai untuk harian. Harga satu unit Seiko monster dipasar lokal dilepas dengan banderol 2,2juta. Seiko juga mengeluarkan jam bermesin automatic kelas ekonomis dengan nama "Seiko 5", dan dikelas ini keluar juga tipe jam divingnya dengan harga yg lebih bersahabat. Sebagai entry level pemula yg mulai masuk kelas diving bisa mencoba "Seiko 5 diver". Setelah sekian tahun rajin diving dan tambah jam terbang, satu waktu pasti akan mencari jam diving tipe lainnya yg lebih bagus (artinya jelas lebih mahal).  *** hsgautama.multiply.com

Jam diving kelas pro untuk entry level yang banyak dipuji diforum selam:
http://hsgautama.blogspot.com/2012/10/seiko-monster-orange-skx781-jam-diving.html

Seiko Starfish dengan harga ekonomis tapi bandel:
http://hsgautama.blogspot.com/2013/02/seiko-starfish-si-bintang-laut-yang.html

SALE LORUS scuba diver style "warna permen lolipop"
http://hsgautama.blogspot.com/2013/03/sale-lorus-scuba-diver-style-warna.html

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE

Doxa dive.
Suntoo dive.
Citizen dive watch.
Orsa dive.
Dievas dive.
Zenton.
Luminox.  
Sinn Spezialuhren GmbH.


Seiko diver reference.
Seiko dive history.
First gen seiko dive.
Seiko Watch Production Date Calculator


Citizen ecodrive.
Mesin digerakan oleh cahaya matahari yg disimpan di battere.




























Seiko orange monsterSKX781K dan "Seiko5"  SNZG47K1. Keduanya jam automatic, tenaga mesin karena gerakan tangan user ketika dipakai. Jam akan tidur (mati) jika diletakan dimeja selama 12 jam lebih.































Seiko Kinetic SKA383P1 (gerakan tangan user disimpan di battere)




























No comments:

Post a Comment

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...