Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Thursday, May 5, 2016

Pangeran Jayakarta Membangun Mesjid Ini di Tahun 1620

Salah satu hobi sejak kecil adalah mendatangi mesjid mesjid tua, dikota manapun pasti akan mencoba mencari mesjid tertua yang ada disana. Diluar negeripun selalu menyempatkan diri mencari mesjid  tertua disana atau mesjid utamanya, jika memang ada maka layak didatangi.

Kota Jakarta sendiri punya beberapa mesjid tua yang penuh cerita sejarah. Salah satunya mesjid Jami' Assalafiyah yang dibangun oleh Pangeran Jaketra atau dikenal luas sebagai Pangeran Jayakarta. Mesjid ini dibangun tahiun 1620 dan sekarang letaknya di Jatinegara Kaum, Jakarta. Mesjid aslinya kecil, tiang kayu utama ada 4 buah sampai sekarang masih asli sampai keatap kayunya. Lalu dilakukan perluasan ditahun kedepannya. Jadi bentuk kayu aslinya masih bisa kita lihat dan pegang langsung. Tiang kayu itu lantas dijejerin dengan tiang baru dari beton besar agar diperkuat supaya sesuai dengan tuntutan usianya yang kian sepuh.

Seperti ciri mesjid tua, dijaman dulu dibangun dengan luas yang tidak seberapa, hanya melayani beberapa umat muslim yang shalat dan kepentingan dakwah. Sejalan dengan waktu lantas mengalami perluasan demikian juga mesjid ini. Disamping luar mesjid akan ada makam yang dipercaya merupakan pusara dari Pangeran Jayakarta dan penerusnya. Area makam ini dibangun rumah terbuka dan bisa dengan bebas didatangi oleh siapapun yang hendak ziarah kedalam sana. Seluruh area ini sudah masuk dalam cagar budaya dan dilindungi UU Purbakala, salah satu jejak sejarah kota Jakarta tua yang masih ada sampai sekarang. Tempat ini bisa menjadi wisata relijius bagi muslim yang ingin berkunjung **** hsgautama.blogspot.co.id

Peta: http://bit.ly/1YaBFE7





No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...