Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Friday, April 17, 2015

Petunjuk Praktis Rating Menentukan Water Resist Jam Tangan

Orang sering bingung dengan pertanyaan: apakah jam tangan saya anti air (water resist)? Apakah jam ini bisa  dipakai berenang diair?

Bisa dipastikan semua jam tangan modern dimasa ini adalah water resist alias anti air. Minimal dalam takaran paling rendah adalah jam itu bisa dipakai mandi atau aman terkena guyuran hujan. Lalu takaran terendah itu akan naik bertahap menjadi: aman dipakai berenang, lalu aman dipakai snorkeling, lalu aman dipakai diving amatir, dan terakhir adalah aman dipakai diving profesional. Penentuan rating atau tingkatan water resist sebuah jam mengacu kepada ISO 2281 untuk WR kelas amatir, dan ISO 6425 untuk WR kelas profesional. Baca tulisan: penyelam amatir butuh jam tangan yang baik untuk safety. Sifat anti air semua jam sering salah kaprah dipukul rata antara dia anti air bisa dipakai berenang dan dia bisa dipakai buat diving profesional. Keduanya sering rancu dicampur adukan. Bisa dipakai snorkeling belum tentu artinya bisa dipakai untuk diving profesional karena ISO nya saja sudah beda jauh kok (baca link diatas).

Apa yang membuat jam dengan water resistance yang baik mendadak kemasukan air?
Sebabnya biasanya sbb
* Jam itu pernah dibuka oleh amatir bagian penutup butt nya, dan ketika ditutup kembali tidak mengikuti acuan teknis dari pabrik. Tukang jam amatir yang suka membuka butt nya bisa mengganti batere, kerap menutup kembali butt tanpa memberikan oli khusus anti air digasket karetnya (silicon grease for sealed O ring). Karet gasket tidak boleh ditutup begitu saja dalam kondisi kering, harus dikasih silikon / oli khusus untuk saelant.

* Masih terkait dinomer pertama diatas, jika jam diving habis dibuka dan ditutup kembali maka harus melewati satu rangkaian pengujian water resistance, salah satunya dimasukan dalam tabung bertekanan untuk menguji jam tangan. Dikalangan tukang servis jam amatir mereka tidak punya pressurized chamber ini. Jadi mereka hanya main kira kira saja, ditutup seenaknya tanpa dikasih silicon grease, ditutup tidak teliti membuat gasket O ringnya melintir, dan tanpa dimasukan tabung bertekanan. Klop semua proses salah!
* Saat terendam air, user iseng mencet mencet tombol dijam, ini membuat air diluar merembes masuk. Maka kemampuan WR sebuah jam bisa gagal karena perilaku ini. Beberapa jam diving pro memberikan ijin user menekan tombol ketika didalam air karena pabrik sudah memberikan satu solusi engineering yang tepat. Jam khusus divecomp seperti Suntoo bisa ditekan tombolnya dibawah air.

Rules pemakaian jam tangan untuk berenang/ snorkeling dilaut (air garam):
1) Semua jam tangan modern ada water resist dg takaran tertentu sesuai acuan pabrikan.
2) Asalkan belum dibuka butt nya atau ada seal rusak maka semua anti air (sesuai takarannya).
3) Selama diair laut atau kesiram air, jangan pencet tombol apapun, air bisa merembes dari tombol. Pastikan knob jam/ crown terkunci rapat dan tidak longgar.
4) Semua besi didunia ini pasti bisa kena korosi, kecuali titanium. Alat diving pun sama, kapal selam pun berkarat. Uap air garam juga bahaya buat besi/ metal. Harap ingat ini, hanya plastik yang tidak karat.
5) Karena bisa berkarat, maka sehabis kena air laut harus dicuci air tawar mengalir sekitar 1-2menit sdh cukup. Keringkan jangan ada sisa air. Atau rendam dibaskom air tawar dan aliri air mengalir 10 menitan.

Buat apa kita meributkan WR rating sebuah jam? Harga satu jam yang baik lumayan mahal sehingga jam adalah investasi yang long lasting, apalagi jika kalian suka diving maka nyawa kalian ditentukan oleh jam, titik, gak ada lainnya. Perhitungan sisa waktu oksigen didalam scuba tank ditentukan oleh detik menit dijam. Bayangkan saja, kalian habis ganti battere ditukang servis partikelir dipinggir jalan, ditutup ngawur saja, lalu kalian pakai menyelam dengan keyakinan bisa 50m WR, taunya dikedalaman 20meter sudah jebol, apakah kalian tidak bertaruh nyawa ini namanya (dan kalian tidak bisa langsung naik kepermukaan saat O2 habis ludes, karena bisa dikompresi, pecah pembuluh darah kalian).  **** hsgautama.blogspot.com

Pics are linked. Klik tiap chart dibawah ini.






No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...