Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Monday, April 13, 2015

Mengingat Jaman Aeromodelling Antik tahun 1970 an

Ini mainan masa kecil saya diera 1970an, model pesawat combat aeromodelling dengan mesin motor mini dan dikendalikan dengan tali untuk remote controllnya, digerakan manual secara berputar melingkar. Pabrikan pembuatnya adalah Leroy M. Cox, L.M. Cox Manufacturing Co. Inc. Pesawat difoto kanan P51 ini saya sebut cocor merah. Dalam sejarah pesawat cocor merah pernah dipakai penjajah Inggris ketika menyerbu negara ini di Surabaya. Dan sejarah mencatat, di pertempuran Surabaya itu pejuang kami membunuh salah satu petinggi militer Inggris, Jendral Malaby.
Pesawat ini digerakan dalam format berputar membentuk lingkaran. Jadi caranya nyalakan dulu mesinnya dengan diengkol baling baling depan, lalu tali diulur sejauh sekitar 4 meter dan mulailah pesawat itu dilempar keudara. Pesawat naik turun dari flip dibagian ekor pakai pengendali dari tali yang terhubung dengan handle kayu ditangan pengendalinya. Sederhana sih, tapi dijaman itu terasa "wah" sekali. Masa kecil saya sungguh menyenangkan hehehe.

Pesawat buatan Leroy dimasa saya kecil antara tahun 1970 an ini termasuk bagus, top banget. Dia pembuat pesawat aeromodelling dg mesin motor mini berbahan bakar khusus (mirip besin). Suara mesinnya mirip raungan mesin pemotong rumput jaman sekarang, hanya saja dengan ukuran lebih kecil tentu suaranya tidak segarang mesin rumput. Ditahun 70an, hobi aeromodelling disini memang baru berkembang dan tumbuh. Pesawat import dan lokal sudah meramaikan pasar lokal. Mesin pesawat masih import dari luar, dan waktu itu cukup mahal harganya. Produk dari Cox sebetulnya sangat banyak, listingnya bisa dilihat dilink dibawah tulisan ini.

Sampai sekarang hobi RC, baik mobil, boating, atau pesawat terbang masih ada yg memakai mesin motor tulen dengan bahan bakar sejenis bensin. Suara raungan dia tidak akan tergantikan sensasinya dibanding dengan yang pakai listrik (battere kering). Beberapa modifikator bahkan membuat knalpot mufler khusus agar raungan simesin tambah galak dan memekakan telinga.

Referensi link dan foto:
https://www.vintagetoys.com/toys/classified/1281
http://www.craftsmanshipmuseum.com/cox.htm
http://www.gabitos.com/puertoricopropbusters/c-l_instructions_spanish_only.php
http://www.control-line.com.au/whatis.htm
http://blogtest.364elmp01.blackmesh.com/amamuseum/page/15/
http://www.collectair.com/vintageengines.html
http://coxengines.ca/
http://en.wikipedia.org/wiki/Cox_model_engine























No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...