Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Saturday, January 25, 2014

Batu Lumuik Sungai Dareh atau idocrase warna hijau memukau

Bisa dibilang dengan yakin, batu lokal ini adalah kebanggaan masyarakat kabupaten Dharmasraya di Sumatra Barat, nama batunya "lumuik sungai Dareh", atau akik batu lumut dari sungai Dareh, atau nama asingnya adalah "idocrase", atau dikenal juga di Amerika yang mirip dengan ini  gem "vesuvianite". Awal mulanya diberi nama Giok Kandi, lalu belakangan nama dagangnya berubah menjadi Lumut Sungai Dareh sbg nama branding gemstone ini. Masyarakat disana bangga sekali dengan batu ini karena beberapa alasan, pertama jelas karena ini produk lokal didapat dari alam diseputaran Dharmasraya.
Kedua dia disebut sebagai gem giok-nya asli propinsi ini  dengan motif totol lumut didalam batunya. Dipasaran dunia, batu akik giok memang termasuk primadona sejak 5000 tahun silam, dan wajar jika warna hijau lumuik sungai Dareh ini dianggap sejajar dengan warna mayoritas gem giok hijau. Ketiga, batu ini termasuk susah didapat dialam aslinya. Paling engga butuh perjuangan masuk kepedalaman hutan lalu mencari bahan baku asli dari alam. Pun jika sudah didapat, kabarnya tidak mudah diolah dengan baik karena dia banyak patahan. Artinya dalam 10 kilo batu bahan Sungai dareh belum tentu akan dapat dua buah batu mulus olahan pengrajin sampai segede jempol dengan sempurna. Karena susah diolah itulah makanya harganya juga ikutan naik tak terkira, jadi banderol harga juga bukan cuma karena permainan suplai demand diantara pedagang utamanya.
Cerita tentang batu ini lumayan banyak, salah satu cerita terkenal adalah dikabarkan oleh Pemda Dharmasraya jika Obama memakai cincin dengan batu ini. Entah sumbernya dari mana, bingung, dicari di google Obama pakai cincin ini gak pernah nemu, artinya cerita itu gak teruji validitas/ kebenarannya karena cuma katanya dan katanya saja. Tapi cerita satu ini begitu menggema kemana mana sehingga ikut menjadi selling point manis untuk meyakinkan pembeli agar mau mencari oleh oleh batu akik lokal ini. Dari sisi marketing berita ini adalah imbuhan cantik agar mendongkrak penjualan. Benar atau engga gak penting amat, yang jelas batu ini bisa melesat populer sebagai kekayaan alam asli dari Sumbar.

Batu akik Lumuik Sungai Dareh hasil pemberian kawan yang baik hati, Kasma Putra.
Buat yang suka wallpapernya lumuik sungai dareh silahkan dipakai buat hiasan di PC kalian, gratis, asal tidak dipakai untuk komersial dan hanya untuk pribadi saja..Klik fotonya sampai besar *** hsgautama.blogspot.com






8 comments:

  1. Wah baru tau ni mas. Jd pengen punya he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga sih punya satu karena mmg elok mukanya dipakai

      Delete
  2. Mas day, sungai dareh selain terkenal dengan batu cincinnya itu, juga dikenal sebagai tempat pertemuan tokoh sipil dan militer pentolan PRRI , awal dari pemberontakan setengah hati yang tidak sepakat dengan Pusat. oh..ya,.. banyak batu batu yang bukan berasal dari Sungai Dareh disebut batu Sungai Dareh,.. sama dengan Sungai Dareh yang berada di Dhamasraya yang bukan berada di Padang, Padang - Sungai Dareh itu jauuuh mas,.. bisa 5-6 jam lewat jalur darat naik kendaraan pribadi, walau berada di Propinsi yang sama yaitu Sumatera Barat..... Ahaaaaay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha masiiiih aja debat soal nama, wkwkwk

      Delete
  3. Aceh punya juga jade nefrite idocrase mantaaaappp

    ReplyDelete
  4. Sungai dareh ada yg sintesis ga Om ?? Dan klo ada ciri2'y sprti apa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sintetik Lumuik sungai dareh belum ada. Batu yg dipalsukan kebanyakan adl yg paling laku dipasaran dengan harga ekonomis, atau gemstone yg bling-bling misal berlian/ diamond (tapi dijual dipasaran juga jelas namanya dibedakan, misal Moisante). Yang paling mungkin terjadi adalah batunya asli tapi dikasih warna sepuhan, hanya saja saya blum pernah lihat

      Delete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...