Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Sunday, November 24, 2013

Desain pipa tembakau yang enak menurut saya

Dari ribuan pipe maker diseluruh dunia termasuk lokal, memang ada beberapa brand favorit yang dirasakan paling enak ketika mendesain pipa. Alasan tiap user kenapa memilih brand tertentu dan jenis tertentu juga banyak alasannya. Tapi buat saya pipa yang enak kriterianya adalah:

* Saluran lubangnya cukup lebar sehingga mengurangi mampet akibat tersumbat sisa serpihan tembakau atau
residu setelah pemakaian sekian minggu lamanya. Semakin lebar maka tidak mampet dan ini membuat user pemalas yg gak membersihkan pipa sampai 3 bulan akan baik baik saja, gak mampet
* Pipa yang enak adalah harus mudah dibersihkan seusai dipakai tanpa bongkar pasang repot. Misal, Peterson bent dengan Dry System atau Standart System mereka sangat mudah dibersihkan. Begitu sisa abu tembakau dikerok habis, baliklah pipa itu atas ke bawah lalu tiup keras sambil menggerakan kemiringan pipa diubah ubah naik dan turun, seketika itu juga keluarlah sisa residu dari dalam pipa menetes keluar (langsung dituangkan diatas asbak). Mudah dan cepat. Jenis ini bisa dibilang adalah "daily beater" terbaik karena praktis dan gak merepotkan. Mau beli mahal pipa dan modelnya aneh aneh kalo susah dibersihkan maka alamat setiap seminggu harus menyediakan waktu mengerjakan PR.
* Desain titik pertemuan saluran pipa stem kearah dasar bowl adalah penting, jika salah desain maka akan membuat bunyi becek air atau seperti orang pilek berat yang hidungnya meler. Ini sangat gak enak terdengar apalagi jika ditengah kerumunan orang lain pas nongkrong. Kesannya geli geli gimana gitu, geuleuh gitu. Saya pikir, dasar bowl dan lubang entry ke stem harus ada jarak signifikan agar sisa genangan air tembakau tidak ikutan ketarik dan membuat suara becek itu. Beberapa pipa yang udah dijajal ada yang tidak bagus dititk temu saluran stem ke dasar bowl, suara becek sungguh mengganggu.
* Pipa yang memakai filter carbon khusus adalah jenis yang enak juga. Terasa betul ada perbedaan mencolok dengan berkurang nya secara drastis sisa debu micro yang ikut terhisap. Produk pipa Vauen salah satu jenis terbaik yang menyediakan filter carbon khusus berbetuk tabung yang bisa dibongkar pasang dengan mudah didalam saluran lubang stem.
* Terakhir adalah area stem harus nyaman disimpan didalam mulut. Area langit2 mulut dan gusi atau lidah adalah wilayah yang peka dan mudah sobek. Karena itu stem bite harus enak nyaman. Pilihan terbaik adalah desain P-Lips dimana bantalan diujungnya yang menebal memberi ganjalan ekstra nyaman diarea langit langit mulut. Lalu stem yang lebih lebar juga makin nyaman, semakin sempit maka semakin gak enak. Khusus untuk pipa yang freehand maka lebarnya stem bite harus memadai agar pipa bisa tersangkut dengan apik dan anteng, gak bolak balik melorot kebawah seolah mau jatuh.

Beli pipa itu bukan sekedar merogoh saku dan beli barang. mau produk lokal atau import jika dapatnya jenis yang gak pas tentu gak enak hasilnya. Dipakai dan dibersihkan harusnya sejajar enaknya. Enak dipakai tapi bolak balik mampet tentu bikin kesal karena capek. Enak dipakai tapi bunyi becek terus juga gak enak. Bentuknya indah dan unik tapi mampet terus maka gak enak juga. Jadi, akhir kata, pipa yang enak adalah kombinasi silang beberapa kriteria yang dicari usernya

*** hsgautama.blogspot.com





2 comments:

  1. Mohon info nya mas, apakah seluruh produk Peterson memakai sistem diatas atau hanya tipe2 tertentu saja?
    Soalnya pipa saya yg saya pikir baik2 saja, ternyata baru sadar salah beli setelah membaca artikel mas gautama ini, semua kelemahan pipa yg mas rinci di atas ada pada pipa saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dry System dan yg biasa ada bedanya om. Dry system hasilnya paling enak dan nyaman dan ini salah satu patent punya Peterson.

      Delete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar DI MODERASI oleh admin dengan persetujuan.
* Komentar HANYA soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Carilah makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO kekerasan, NO SARA, NO Sex item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol, NO praktek dukun mistik dan pesugihan.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...