Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Monday, October 29, 2012

Tas Koper Memakai Roda Untuk Travelling ditemukan kapan?

Tulisan iseng ini mempertanyakan darimana dan kapan ide membuat tas koper untuk travelling memakai roda?
Dari beberapa tulisan di internet, ada silang pendapat mengenai ini. Saya sendiri yakin bahwa ide membawa barang dalam sebuah tempat besar ini dimulai dengan era gerobak dorong. Awalnya gerobak dibuat dalam ukuran sangat besar ditarik kuda atau gajah, lalu kian lama kian menyusut disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelompok masyarakat jaman dulu yang paling sering memakai ini saya pikir adalah:

* Pelabuhan laut. Pergerakan barang keluar masuk dalam skala besar menciptakan satu alat kotak medium yang bisa didorong kian kemari dengan memakai roda oleh para saudagar dibantu budak mereka. Gerobak dorong ukuran kecil beroda inilah yang menjadi cikal bakal tas koper. Alat ini tidak bisa dipisahkan dengan pedagang besar ditiap pelabuhan laut penting disebuah wilayah. Logis jika kelompok saudagar inilah yang dianggap menemukan kotak kecil beroda mengingat mereka butuh itu.

* Keluarga kerajaan atau keluarga kaya dijaman dulu berpergian tidak harus selalu membawa barang diatas kuda beban, dinaikan diatas gajah, dipanggul oleh budak, tapi ada juga barang dimasukan kedalam peti medium dengan roda yang didorong.

* Institusi militer dalam skala besar besaran. Milter dijaman kuno adalah paling masuk akal memakai kotak beroda karena dipakai untuk membawa barang berat spt tameng baja, baju baja, pedang, mesiu, bola canon besi, perbekalan suplai makan minum, dll.


Di Amerika sendiri tas koper dengan roda pertama kali dipatenkan tahun 1970 oleh Bernard Sadow yang menjadi dirut perusahaan tas US Luggage. Sewaktu Sadow dan istrinya berpergian dari Aruba, mereka merasa kepayahan membawa tas kopernya dan tanpa sengaja melihat kuli disana membawa kereta dorong lewat didepannya, seketika itu juga muncul ide membuat tas koper beroda. Paten koper beroda ini keluar tahun 1972 dan dipasarkan dengan tagline "the luggage that glides". Sejak itu tas koper beroda menjadi tren dunia dimana mana dan menjadi alat vital bagi semua traveller casual atau frequent flyer. **** hsgautama.blogspot.com



Pics here.

Tas koper kecil ditarik prajurit di Palestina sekitar tahun 1150 masehi


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...