Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, October 19, 2012

Ketika Pesilat Berlatih, "Bulatan ORB" atau debu yg muncul di foto ini?


Tulisan asli dibuat Jul 24, 2007

Sekelompok pesilat sedang asik melakukan olah gerak inti, semua tampak biasa secara kasat mata. Tapi,  muncul “puluhan bulatan ganjil” ketika mereka difoto dari jauh. Foto itu tampak berbeda. Apakah arti bulatan berpendar disekeliling pesilat tsb?
Pertanyaan ini menggelitik salah satu pesilat yg jg hadir diruangan itu setelah ia melihat hasil foto fotonya saat usai didownload ke PC nya.  Kolega yunior itu lantas mengirimkan satu lembar foto ke email box saya. Pertanyaan dia sederhana saja, “Mas Dayat, bulatan kecil itu apa sebenarnya”?


Ada dua pendapat mengenai fenomena bulatan tsb.

Pertama, yakni kelompok rasional, mengatakan bhw itu adalah kristal embun (air) yg terekam ketika flash menyalak. Bulatan itu juga bisa merupakan ratusan partikel micro dari debu dan kotoran yg melayang diudara, bentuknya menjadi berpendar karena terekam oleh kilatan blitz dalam jarak yg terlalu dekat shg over bright atau tidak focus (blured).
Untuk melakukan ujicoba hal seperti ini mudah saja, cobalah pergi ke daerah pegunungan yg amat dingin dan penuh kabut disaat subuh. Atau bisa juga memotret didekat api unggun yg menyala, biasanya akan muncul bulatan menyala spt itu.
Difoto tersebut, secara logis memang masuk dalam kondisi yg disebutkan seperti penjelasan diatas, yakni pemotretan dilakukan malam hari dimana embun dan suhu panas tubuh manusia menyatu dan terjadi kondensasi merata disemua sudut. Sekelompok orang yg berolaharaga menghasilkan keringat dan meningkatnya panas tubuh secara ekstrem lantas bertemu dengan udara malam yg dingin shg muncul reaksi alamiah.
Para pesilat  yg ada difoto tsb juga aktif bergerak disebuah ruangan yg membuat debu meluap naik. Artinya, bisa jadi bulatan itu adalah debu dan air.

Pendapat kedua mengatakan, bahwa bulatan itu adalah energi atau spirits. Agak sulit untuk  menterjemahkan “spirit” itu ke bahasa indonesia, karena nanti diartikan sempit yakni ruh. Intinya,  spirits adalah kumpulan energi, atau pemampatan energi dititik tertentu dan melayang layang. Mata tidak melihat, tapi kecepatan rana fotogragi bisa merekam itu. Mengenai hal ini  bisa search di google dengan keyword: ghost hunter, ghost detector, ghost picture, spirits picture, unussual phenomenon picture, dstnya. Foto spt diatas akan mudah ditemukan bertebaran disitus2 spt telah sebutkan diatas. Kelompok yg yakin bulatan itu adalah spirits memberi nama dengan sebutan khas, yakni : bulatan  “ORB” (orb circle).

Link yg bisa ditengok mengenai “bulatan, lingkaran ORB” misal disini:
http://www.google.co.id/search?hl=id&q=ghost+picture&btnG=Telusuri+dengan+Google&meta=

Contoh foto ttg ORB hasil org bule:  http://www.ghostresearch.org/ghostpics/mtthabor.html

Fenomena aneh dari ORB:
https://www.google.co.id/search?um=1&hl=id&biw=1280&bih=833&site=search&tbm=isch&sa=1&q=orb+phenomenon&aq=f&aqi=&aql=&oq=

Lantas apa jawabannya yg betul?
Tergantung, lebih percaya yg mana.

Disini, dinegeri ini, masyarakat tidak mengenal apa itu ORB. Sejak TV swasta membuat tayangan “penampakan”, hantu atau setan, kuntilanak, atau (diyakini) bentuk aneh sebuah ruh, lebih suka tampil terang terangan. Mahluk halus di Indonesia ogah nongol dalam bentuk bulatan bulatan kecil semacam itu. Hal ini berbeda dengan di Barat dimana mahluk gaib lebih suka menampakan dirinya dalam bentuk bulatan bulatan. Ada kasus satu dua memang tampak wujudnya sebagai manusia, spt ditemui pula dibanyak situs “wong londo”, tapi tetap paling banyak memang berbentuk “bulatan ORB”.

Satu catatan tambahan, bahwa fotografi masa kini tetap mempunyai keterbatasan baik di lensanya atau di flash lightnya.
Sbg individu yg paham fotografi-video karena profesi, mau tidak mau harus mengakui mengakui sisi lemahnya. Fotografi modern belum sempurna spt halnya mata manusia. Karena itu jika melihat hal “yg aneh” dihasil foto, itu bisa jadi karena sisi weakness dari peralatan tsb. Jadi, belum tentu lho, “seeing is not always believing”. *** hsgautama.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...