Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Tuesday, September 25, 2012

Ziarah Ke Makam Sunan Ampel


Wisata ziarah, kenapa tidak?

Didunia ini, jenis wisata ziarah ada dimana mana. Disini juga sama saja kok. Beberapa lokasi ziarah ada bertebaran disana sini. Tinggal dipilih saja. Sayangnya, wisata ziarah sering terpinggirkan, apalagi buat masyarakat kota yg masih usia muda. Anak muda wisatanya ya arung jeram, dugem, dll. Wisata ziarah kerap di identikan dengan "wisatanya para opa dan oma". Haha.

Kali ini bertepatan kunjungan singkat ke Sby kemarin, saya dan teman teman mampir kelokasi makam Sunan Ampel. Dia adalah salah satu dari 9 wali penyebar agama Islam disini. Lokasinya tidak jauh amat dari pusat kota jadi tidak butuh effort banyak untuk kesini. Saya sendiri terakhir kemari ketika SMP. Sudah lama banget. Sekarang datang lagi kesini dan secara perlahan kepala mencoba mengingat apa saja perubahan besar secara fisik yg ada disana. Lamat lamat saya ingat apa yg berubah dan apa yg masih sama. Disini sebetulnya gak boleh motret, apalagi ketika ada disamping makam. Sopir kita sempat mau ngangkat hape motret diteriakin tidak boleh moto. Saya untung gak dicolek, didiemin saja motret pakai kamera saku S90. Didepan makam cuma 5 menitan baca Al Fatihah 3x dan Shalawat, serta doa pendek spy almarhum diampuni. Pengunjungnya lumayan membludak, saya hanya berdiri baca doa, sedangkan lainnya pada bersila dibawah.

Makam Sunan Ampel letaknya ditengah perkampungan Arab atau Kauman. Salah satu basis muslim kuat sejak sekian abad silam di Surabaya. Karena itu disini juga dijual macam macam pernik berbau jazirah arab. Teman2 sempet beli Habatush Saudah dan gelang dari kayu Koka (kayu ini dipercaya adalah jenis kayu yg dipakai oleh Nabi Nuh membuat perahu ketika jaman banjir besar).

http://maps.google.co.id/maps?f=q&source=s_q&hl=id&geocode=&q=Ampel,+Surabaya&aq=0&sll=-6.247118,106.810463&sspn=0.060749,0.077162&ie=UTF8&hq=&hnear=Ampel,+Surabaya,+Jawa+Timur&ll=-7.230028,112.740895&spn=0.007578,0.013733&z=17


Sumber mata air peninggalan Sunan Ampel. Menurut pengurus kompleks, sdh beberapa peneliti asing dan lokal mengambil sampel air disini, dan ternyata hasilnya air ini layak diminum langsung tanpa masak lebih dulu. Wallahu'allam.






















No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...