Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Tuesday, August 7, 2012

TRAVEL, RUTE MTB > Sugeng Rawuh teng Solo


Kota Solo, Jawa Tengah
S7 33.406 E110 49.290
Altitude: 70 m

Solo merupakan kota yang tidak “mahal amat”. Biaya hidup disini relatif murah untuk wisatawan dengan berbagai level, mulai dari turis sandal jepitan sampai pelancong yang wangi semerbak dengan kantong tebal penuh uang. Seminggu disini, dijamin akan bisa berkeliling kota mendatangi titik titik wisata menarik dikota Solo. Semuanya dapat ditengok hanya dengan naik becak. Tidak perlu sewa mobil mahal yang menghabiskan biaya ratusan ribu untuk sewa per harinya (hanya kampung Laweyan yang letaknya agak jauh). Memang, untuk apa naik mobil disini. Bagi yang sumpek dengan hidup perkotaan yang serba menuntut mobilitas tinggi dengan kendaraan bermotor, maka naik becak adalah merupakan kesenangan tersendiri.

Beberapa obyek menarik didalam kota al:
1) Pasar Triwindu, barang antik.
2) Pasar Klewer, pusat batik.
3) Pasar akik dan keris digerbang Kasunanan.
4) Mesjid Kasunanan Kauman Solo.
5) Kampung Laweyan , kampung batik dari abad 19.
6) Kraton Kasunanan dan keliling benteng hingga kebelakang.
7) Kraton Mangkunegaran.
8) Musem Radyapustaka.
9) Reksopustoko perpustakaan Mangkunegaran.
10) Taman Budaya.
11) Bengawan Solo.
12) Pasar Gede.
13) Sriwedari.
14) Museum Pers.
15) Stasiun pertama di Solo, JEBRES.
*catatan: Solo punya dua kraton karena politik adu domba belanda, yakni: Kraton Kasunanan, dan Kraton Mangkunegaran.

Pasar Barang antik Triwindu:
S7 34.178 E110 49.373 (alt 100m)
Pasar ini letaknya disebuah gang sempit yg bersebelahan dengan jalan protokol Slamet Riyadi, dijepit antara jl Diponegoro dan jl Teuku Umar. Naik mobil kemari bisa saja, tapi ada baiknya diparkir diluar. Pasar ini memang terhampar nyempil disebuah gang sempit yg layaknya hanya dilewati sepeda motor saja. Area pasar Triwindu cukup luas, dan menyimpan banyak barang antik asli, atau sekedar "antik antikan". Tampak disini, banyak toples tua yang sudah berusia belasan tahun dan dahulunya dipakai untuk menyimpan kue kering. Ada keramik, alat musik tua, patung, dll. Koleksi lainnya yg melimpah disini tentu saja barang yg punya pengaruh kultur jawa spt keris dan asesorisnya.


Pasar Batik Tradisional dan Inpres, pasar Klewer:
S7 34.531 E110 49.663 (alt 112m)
Pasar Klewer tidak bisa dilepaskan dari kota Solo. Dia merupakan salah satu pasar tertua yang ada disana dan merupakan kesatuan “three in one” dalam sejarah kota ini: Kraton kasunanan, Mesjid Kauman, dan Pasar Klewer. Posisinya tepat disebelah kraton Kasunanan.
Dibangun atas perintah raja Kasunanan Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (ISKS) Paku Buwono II (Raja Keraton Surakarta Hadiningrat 1745-1749) yang waktu itu berpikir perlunya menambah kekuatan ekonomi rakyat, maka dibuatlah pasar Klewer ini. Dalam sejarah Babat Solo yang ditulis RM Sajid dikatakan: “bakul punika jaler estri katingalipun lajeng pating klewer wonten ing pinggir margi, pramila panggenan punika katelah nama Klewer” (Para pedagang itu laki-laki perempuan terlihat seperti berkleweran/ terserak tidak beraturan di pinggir jalan, karena itu tempat tersebut dinamakan Klewer).

Pasar batu akik dan keris digerbang kraton Kasunan:
Pasar ini tempat berkumpulnya penggemar batu cincin dan keris, serta asesoris Jawa, termasuk didalamnya item mistik untuk upacara kejawen. Barangnya beragam dan cukup banyak. Lokasinya tepat digerbang masuk alun alun Kraton Kasunanan, tepat bersebelahan dengan beringin kembar diujung jalan alun alun. Mirip pasar penuh item klenik. Perlengkapan sesajen jawa juga tersedia disini.

Mesjid Kasunanan Kauman Solo:
Inilah salah satu mesjid tertua yang ada di Solo. Mesjid ini merupakan kesatuan dengan Pasar Klewer dan Kraton Kasunanan. Posisinya bersebelahan dengan kraton dan pasar batik tsb. Arsitekturnya unik, merupakan perkawinan antara bangunan pendopo dan ukiran khas jawa serta pengaruh arab.


Kampung Laweyan , kampung batik dari abad 19
S7 34.147 E110 47.604 (alt 112m)
Kampung Laweyan adalah kampung sentra pengrajin Batik corak Solo. Dia tumbuh sejak abad ke 19, dan merupakan sentra batik tua yang hingga kini masih ada. Letaknya agak jauh dari pusat kota, sehingga agak sulit kesana jika naik becak. Kampung ini terdiri dari puluhan gang kecil yang rumit dan mirip labyrin. Beberapa jalan malahan terlalu kecil untuk dapat dilalui oleh mobil. Ketika saya kesana naik sepeda motor, akses gerak terasa lebih luwes untuk melewati semua jalan sempit yang ada didalamnya. Kampung Laweyan mempunyai ciri tembok yang amat tinggi. Setiap rumah pedagang batik diarea ini diberi batas tembok kokoh yang menjulang sampai 4 meter. Dibalik tembok yang tampak tua dan lusuh itu berdiri rumah rumah para pedagang batik yang megah bak istana. Kejayaan Batik telah membuat mereka menjadi kaya raya dan membangun rumahnya mirip istana kecil.


Kraton Kasunanan (dan keliling benteng hingga kebelakang):
S7 34.631 E110 49.684 (alt 90m)
Secara fisik, area kraton Kasunanan lebih menarik dibanding Kraton Mangkunegaran. Areanya luas dan dipagari kokoh oleh benteng tebal yang tinggi. Kesan tua segera terlihat dengan jelas ketika kita mulai masuk dari arah alun alun kota. Dari situ cobalah berputar mengelilingi benteng kraton hingga kebelakangnya seperti ke kampung Gondorasan. Kraton ini juga merupakan maskot parisiwisata Solo yang cukup beken. Sayang, dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak berita menghiasi media massa bahwa terjadi perebutan tahta antara dua pewaris tahta sah kraton Kasunanan. Kejadian ini sempat meruncing sehingga membuat gerbang kraton sempat digembok oleh salah satu dari “raja” yang menganggap dirinya pewaris sah tahta kerajaan.

Kraton Mangkunegaran:
S7 33.983 E110 49.339 (alt 114m)
Kraton Mangkunegaran tampaknya “kalah pamor” dibanding Kasunanan. Kraton ini juga lebih adem ayem ketimbang Kasunanan yang panas dengan isu perebutan tahta kerajaan. Mantan Presiden Soeharto dan alm istrinya dikenal juga merupakan kerabat dari Mangkunegaran Solo.

Have Fun, hemat dan oke banget ke Solo!!










No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...