Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Thursday, August 9, 2012

Hiphop Diningrat, Rap gaya Jogja yang Unik


This one are different.
The music are totally hip hop with  a lot of Afro American taste, but it says in Javanesse with Jogja dialect. And this song are made in Jogjakarta. Lets meet  the "Hiphop-Diningrat".

Wiken kemarin ketika mengunjungi Jogja untuk tugas pendek, saya diberi satu CD dari kolega saya Teguh Supriyadi album dari lagu Hip Hop Jawa "hiphopdiningrat". Katanya ini free compliment dari Marzuki (atau Juki), salah satu kompor dari gemebyar napas hiphop di Jogjakarta. (**matursuwun mas Juki   )

Dari sampul dan nama kelompok sudah jelas memposisikan dirinya dimana.
Musik hiphop dengan selera kental afro american tapi memakai bahasa Jawa, atau lebih tepatnya Jawa ala Jogja. Saya sendiri suka membedakan "bahasa Jawa Jogja" dan "jawa yg lain" karena memang beda arti, pengucapan, penekanan maknanya dan banyak lagi, dibanding dengan bahasa jawa lain misal gaya bahasa Surabaya. Struktur kalimat dan pengucapan gaya Jogja akhirnya membawa "ruh jogja" itu sendiri secara lebih bagus, nyelekit, nyentil, apa adanya. Sekalipun beberapa lagu mereka sempat membawa tema sastra Jawa yg tergolong "kelas berat" spt Serat Centhini, toh lagunya menjadi lebih ringan karena memang ditujukan buat entertaining, bukan untuk "nembang serat Centhini" dalam gaya ortodoksnya. Ini dia bedanya, biar meniru gaya lagu rap yg amerika, toh akar kultur aslinya yakni Jawa Jogja dibawa dengan kuat.

Hiphopdiningrat mulai naik daun kalo gak salah ingat setelah kemarin ribut Rakyat Jogja meminta Referendum akibat "SBY yg serba  pintar" itu kesleo lidah meminta Jogja lebih demokratis dalam pemilihan Gubernur dan Wagub nya. Jogja mendadak panas, dan ribuan orang turun kejalan, disaat inilah lagu "Jogja Istimewa" salah satu judul di album Hiphopdiningrat menjadi berkibar kencang, dan ujug ujug populer sebagai lagu kebangsaan untuk "free Jogja", atau sederhananya lagu ini adalah simbol perlawanan gaya Jogja yg kalem untuk menunjukan apa sih mau mereka sbg orang Jogja asli. Silahkan simak dua video mereka yg bisa ditemukan di youtube.

Buat pak SBY,.... aaah bikin album saja deh sama hiphopdiningrat... sambil godek godek pusing
*** hsgautama.blogspot.com













No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...