Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Thursday, August 9, 2012

Drycabinet khusus menyimpan peralatan foto dan video berharga


Wadah khusus yang bisa melakukan kontrol humiditas atau kelembaban udara ada beberapa jenis dijual dipasaran. Pertama adalah wadah berbentuk kotak plastik dengan ukuran small dan medium yg disebut sebagai "drybox". Lalu kedua yakni lemari khusus berukuran sangat besar atau disebut "drycabinet".  Antara drybox dan drycabinet sama saja fungsinya, yg membedakan adalah ukuran volume isinya dan tentu saja harganya. Drybox dijual dengan harga yg lebih murah karena bentuknya yg kecil, sedangkan drycabinet lebih mahal karena volume isinya yg luarbiasa besar dan bisa menampung peralatan super besar.

Wadah khusus dengan alat kontrol kelembaban udara ini digunakan untuk penyimpanan barang barang berharga supaya tidak terkena jamur atau oksidasi (berkarat). Barang tersebut biasanya adalah : peralatan fotografi, video, peralatan audio, perhiasan, jam tangan, dan apapun yg harus dilindungi dari tingginya udara lembab didaerah tropis.

Banyak orang salah kaprah menyimpan peralatan tsb didalam lemari pakaian yg terkunci karena dianggapnya aman dari pencurian. Sesungguhnya, "faktor aman" itu bukan hanya dari pencurian tapi juga dari oksidasi dan jamur. Lemari pakaian yg umumnya dibuat dari kayu adalah bahan berserat yg justru sangat rakus menyerap uap air. Dan ini sangat buruk buat menyimpan peralatan tersebut. Tumpukan baju dan kain disana ikut memperburuk kualitas kelembaban tinggi karena bahan katun dan kain sangat baik menyerap uap air. Peralatan tsb jika ditaruh didalam lemari pakaian, maka dalam jangka waktu 6 bulan pasti akan terkena jamur, dijamin.

Apabila dilihat, sebuah drybox atau drycabinet biasanya terbuat dari besi atau plastik, bahan yg tidak menyerap uap air. Didalam wadah itu tersedia pengatur suhu dan alat khusus hygrometer yg mengukur suhu dan kelembaban udara dalam bentuk digitall atau jarum. Hygrometer bukan barang aneh, dia dijual disemua toko servis air conditioner atau dijual ditoko precession unit yg banyak tersedia di Glodok. Kelembaban yg ditolerir antara 30% sampai 70%, dibawah itu atau diatasnya adalah buruk buat peralatan kita.

Jika tidak mau membeli jadi drybox karena alasan mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan membeli kotak plastik besar, jika bisa pilih yg bisa ditutup sangat rapat atau sealed. Setelah ketemu kotak plastiknya lalu beli dehumidifier sekotak untuk diletakan disana, dan masukan satu buah hygrometer. Cukup itu saja, maka peralatan berharga kita bisa menjadi lebih awet dan tidak rusak akibat kelembaban udara. **** hsgautama.blogspot.com

DIY drybox murmer bikinan sendiri
Drybox buatan rumahan


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...