Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Monday, August 13, 2012

Adapter Lensa Superwide Untuk Kamera Poket Digital


Mempunyai kamera saku digital adalah hal menyenangkan mengingat sifat praktisnya dan harganya yg lebih miring dari kamera DSLR. Apalagi, dipasaran saat ini tersedia kamera poket yg berada dititik tengah sebagai jembatan antara kelas low end hingga ke high end dalam soal fungsi dan besar megapixel nya. Kamera poket dilevel tengah ini dicari oleh konsumen karena jelas harganya yg lebih miring. Hukum pasar berlaku disini: harga miring tapi punya fungsi yg melimpah.

Namun sayang, kamera poket level tengah punya kejelekan yakni fasilitas wide zoom nya hanya dikisaran terbatas, atau equivalent di  30mm jika disandingkan dg lensa dikamera DSLR profesional. Keterbatasan posisi wide lensa spt ini jelas tidak menguntungkan untuk membuat eksplorasi visual yg lebih agresif. Untuk fotografer yg cerewet, lensa 28mm dirasakan terlalu ngepas. Kemampuan lensa dengan lebar hanya segitu tidak bisa berkutik jika ada didalam ruangan sempit atau untuk interior fotografi. Bahkan saat memotret landscape, 30mm tidak mampu menghadirkan efek dramatis untuk menyajikan bidang yg luas. Artinya, jika bisa lebih lebar lagi, tentu hasilnya akan lebih bagus dilihat mata.

Mengatasi kelemahan lensa yg terbatas dikamera poket digital, bisa diakalin dengan menambahkan dudukan adapter lensa super wide (atau superwide lens adapter). Adapter ini dipasangkan didepan kamera poket itu, lalu tambahkan lensa super wide nya, dan dalam sekejap terjadi perubahan sudut pandang lensa, yg tadinya juga 30mm kini bisa menjadi lebih lebar lagi yakni sejajar dengan 18mm.

Dipasaran saat ini tersedia banyak adapter untuk kamera poket digital. Cocokan brand dan tipe kamera, lalu carilah adapter yg cocok dg lingkaran ring yg sesuai. Misal, untuk camera poket Canon A640, tersedia adapter “resminya” dari Canon, dan juga tersedia non Canon spt produk dari Cina yg lebih miring. Harga dipasaran utk adapter ini dikisaran 250 rb. Setelah mendapatkan adapter, carilah lensa super widenya. Salah satu brand yg bisa didapat disini adalah Fujiyama Digitall AF Lens (0.45x wide) . Dalam satu paket pembelian lensa ini tersedia 2 lensa yakni super wide dan macro dg banderol harga dikisaran 700 rb. Dengan mudah adapter dan lensa digabungkan jadi satu, lalu pasangkan didepan kamera poket. Pemasangan lensa tool free (cukup pakai tangan saja), dan cepat tanpa kesulitan berarti.

Adapter lensa ini bentuknya mirip tabung yg dipasang didepan kamera poket. Jika lensa wide nya tidak dipasang disana, kita bisa memasangkan filter khusus untuk memotret. Seperti kita tahu, ada banyak jenis filter yang dipakai untuk memberikan efek khusus saat memotret. Filter ini tidak mungkin dipakai untuk kamera poket apabila tidak ada adapter khusus. Fungsi filter ini juga bisa untuk proteksi lensa asli kamera poket dari goresan debu atau baret terkena benda keras dg menambahkan filter UV disana.

Hasil dari lensa wide dan macro merk Fujiyama ini secara visual meyakinkan. Efek distortif nya lumayan besar disisi kiri dan kanan frame shg tampak ada ekses melengkung terutama ketika melayani obyek dengan garis lurus. Ini memang menyangkut soal selera, ada yg tidak suka dengan itu tapi ada yg justru mencari efek spt ini. Super wide Fujiyama juga membuat sisi terluar frame agak kabur sangat tipis. Tidak terlihat jelas, dan butuh ketajaman mata yg terlatih untuk melihat dengan baik difotonya. Artinya, kelemahan ini masih bisa diterima dan bukan masalah yg dianggap sebagai cacat serius. Selain itu, jika diteliti dengan pembesaran ekstrem, pada foto kondisi dim light (cahaya lemah) muncul purple fringing digaris obyek. Sekali lagi, butuh mata terlatih melihat ini. Secara sepintas sih gak ada masalah sama sekali. Namanya juga opsi murmer, tentu tdk "sempurna" seperti hasil "cling" lensa bagus seharga 10 jutaan kan. *** hsgautama.blogspot.com


http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...