Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Sunday, March 17, 2013

Sistem tas militer ala ALICE All-purpose Lightweight Individual Carrying Equipment

Setelah paham apa itu tas dengan sistem MOLLE, kini belajar tahu apa itu tas dengan sistem ALICE atau kependekan dari: All-purpose Lightweight Individual Carrying Equipment.

ALICE diciptakan oleh militer juga, sama dengan MOLLE. Desain dan konsep ALICE sudah lebih tua dari MOLLE sehingga banyak yg mengatakan jika sebetulnya MOLLE adalah penyempurnaan sistem dari ALICE. Secara harga tas ALICE jatuhnya pasti lebih murah dari MOLLE untuk brand apple to apple.  Sistem ALICE sudah ada sejak 1974, lumayan tua, dia sebetulnya juga merupakan produk penyempurnaan dari sistem yang dikenal dalam penomeran index peralatan tempur di bagian logistik US Defence (Angkatan Bersenjata Amerika) yakni M1956 Lightweight Load-Carrying Equipment dan the M1967 Individual Load-Carrying Equipment, klik linknya. Baik M1956 dan M1967 populer ketika Amerika menginvasi Vietnam (dan kemudian kita tahu bahwa mereka dikalahkan dinegara petani itu). Foto dan film perang Vietnam menjadi salah satu bukti otentik tentang sejarah sistem ALICE ini. Bisa disebut sistem ALICE : battle proven, yes.



Seperti sudah dikatakan ditulisan tentang MOLLE disini, keunggulan dari tas militer ada 3 hal pilar utama: efisien, tepat guna, dan kuat diatas rata rata. Dasar pemikiran 3 hal itu dijiplak juga oleh peralatan sipil. Bisa dibilang, industri militer banyak mengeluarkan peralatan yang menjadi pelopor yang diaplikasikan juga keperalatan didunia sipil. Dikalangan anak foto dan cameraman TV misal, tas dengan sistem ALICE cukup banyak dipakai bekerja dilapangan. Keluwesan bergerak dan saat ambil pasang barang mmg tidak ada duanya. Salah satu yang pakai ini misal tas kamera bagus brand DOMKE dan TAMRAC, atau LOWEPRO. 

Catatan tambahan, ALICE pack mempunyai kerangka dari besi, lalu MOLLE memakai kerangka plastik atau tepatnya hardened polycarbonat yg sangat sangat ringan tapi juga kuat. Ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh ketika mengangkut barang dalam jumlah besar. Adalah jamak jika  kita membeli tas carrier atau ransel besar maka kita harus menimbang berat kosong ransel. Misalkan saja jika kolega perempuan saya hendak membeli tas carrier 60L tanya kesaya harus beli yg mana, maka adalah salah jika melihat "beli merk apa sih enaknya?" . Salah besar, harusnya yang benar adalah mana yang paling ringan dlm keadaan kosong karena user nya adalah perempuan. 



Manual dari ALICE dalam pdf, klik ini.


Foto linked here 1   2   3  4  5   




























No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...