Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Saturday, March 23, 2013

Mengenali Penyebutan Khas Aneka Nama Gagang Pisau dan Golok

Golok, pisau dan apapun sajam (senjata tajam) mempunyai beberapa penyebutan nama jika melihat karakter gagangnya. Sekali lagi, yang kita bahas adalah "hanya gagangnya" saja, yaitu tempat sajam dipegang oleh telapak tangan, bukan membahas lainnya. Memahami ini sebetulnya akan memudahkan kita saat memilih jenis pisau atau golok apa saja yang kita cari untuk keperluan spesifik kita. Misal, golok untuk mencari kayu bakar tentu beda dengan golok memotong ayam di bakul penjual yang di pasar inpres. Perbedaan jenisnya dilihat dari gagang sajam tersebut.

Beberapa penyebutan nama gagang sajam yang paling kerap kita jumpai diproduk sajam lokal disini, yakni:

Half Tang, yakni bagian gagang sajam hanya separuh saja, jenis ini paling dominan diproduk sajam lokal kita disini. Banyak pande besi lokal hanya membuat pisau atau golok memakai teknik half tang. Desain ini sering dikritik soal kekuatannya. Pisau mudah copot dari gagangnya jika dipakai sampai bertahun tahun. Faktanya ada juga kok sajam memakai teknik half tang tapi awet ampun ampunan sampai belasan tahun dipakai. Bukan jaminan half tang jelek, mudah copot gagang dan bilah. Pande besi jagoan sudah paham membuat antara gagang dan bilah awet sampai belasan tahun kedepan.

Full Tang, yakni seluruh bilah sajam utuh mulai dari tip (ujung runcing) sampai kegagang tangan menjadi satu dalam sebuah lempeng logam. Jenis ini diklaim terkuat dan terbaik karena seluruh bilah sampai gagang jadi satu dalam lempengan utuh. Tidak ada kejadian bilah dan gagang mendadak copot akibat pemakaian kasar dan keras selama bertahun tahun. Salah satu sudara dekat jenis ini adalah "push tang dan rat tail tang" (tidak populer disini). Fulltang juga diklaim sangat lempeng lurus antara ujung tip ke gagang. Lempeng lurus itu menjadi keharusan jika bicara estetika dan ketika sajam itu misal dipakai untuk pisau lempar karena balancing akan terjaga baik. Lempeng lurus juga penting untuk presisi titik bacoknya.

*** Diantara dua jenis gagang tersebut masih ada jenis lainnya seperti di-ilustrasi sebelah, namun tidak begitu populer dinegara ini. 

Pics source:  1   2  


Golok Sunda Memakai Teknik Full Tang 


















No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...