Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, February 15, 2013

Mengunjungi Brenjonk Kampung Edukasi Organik Berbasis Komunitas Di Mojokerto



























Tidak banyak mungkin yang tahu dimana komunitas Brenjonk itu berada, tapi buat fans fanatik makanan organik, nama Brenjonk tidak bisa dilepaskan dari "pakan sehat" karena mereka adalah brand kuat dengan komitmen nya membuat hasil pertanian serba organik. Begitu ketatnya mereka pada komitmen itu sampai membajak sawah pun tidak mau pakai mesin traktor yang menurut mereka bisa saja mencemari lingkungan akibat tumpahnya solar bahan bakar atau oli dari mesin, harus dibajak pakai sapi.
Cak Slamet, Atun, Ucup, Kia, dan jelas gua dong :-D
Komunitas Brenjonk adalah kelompok masyarakat yang membuat bisnis pertanian (agrobisnis) dengan basis komunitas. Masyarakat desa itulah yang membangunnya dan memajukan hasil pertanian organik disebuah dusun bernama Penanggungan, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Komunitas ini dikepalai oleh seorang pria paruh baya yang sangat kuat visinya dengan makanan sehat yakni cak Slamet. Dia juga mengarahkan Brenjonk menjadi kampung edukasi pakan organik yang bisa didatangi siapapun untuk belajar bercocok tanam secara sehat dan bebas bahan kimia serta tidak mencemari lingkungan.
Saya beruntung menyempatkan diri melihat komunitas Brenjonk disebuah dusun bernama Penanggungan, Trawas, Mojokerto Jatim yang lokasinya terasa dingin menyengat diketinggian 800m DPL, sangat sepi dan hijau oleh padi dan sayur mayur pertanian mereka. Saya ditayuh untuk menjadi mentor pendamping untuk tim Makasar yang mengerjakan cerita ttg Brenjonk ini bagi program di British Council. Sebuah pengalaman yang berrharga dan memperkaya wawasan saya tentang makanan organik. Really awesome. Makin mengesankan karena mendampingi 3 manusia lucu Atun, Ucup dan Kia ini sih, hehehe. Tanpa mereka bertiga disana bakalan terasa hampaaaa hari hari berlalu ... halaaah. *** hsgautama.blogspot.com

Kita orang kota gak mampu beli makanan organik karena mahal, sedangkan mereka penduduk desa justru makan tiap hari dengan pakan organik yang mahal. Kita orang kota makan dari bahan yang kena racun kimia berat, sedangkan mereka orang desa makan dengan bahan alami yang sehat. 

http://www.britishcouncil.org/indonesia-entrepreneurship-cec.htm
http://news.britishcouncil.or.id/tags/cec/
http://www.brenjonk.com/

Download peta Garmin / peta pentunjuk arah jalan menuju ke komunitas Brenjonk:
http://navigasi.net/gofrm.php?c=FU&t=2928&page=last
http://bit.ly/YDy4PW


Membangun Komunitas Melalui Kewirausahaan Sosial Berbasis Komunitas

“The reasonable man adapts himself to the world; the unreasonable one persists on trying to adapt the world to himself. Therefore all progress depends on the unreasonable man.”
George Bernard Shaw, Man and Superman, Maxims for Revolutionaries, 1903




















View Brenjonk, Penanggungan, Trawas, Mojokerto in a larger map


4 comments:

  1. fotoku sama Kia kok malu2 gitu ya, Bang? habis ngapain kira2? Lupa.. Hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa aku ngapain, habis diskusi soal menyiram tanaman dengan cak Slamet

      Delete
  2. Peta menuju komunitas brenjonk di Penanggungan Trawas Mojokerto
    http://wikimapia.org/#lat=-7.6483726&lon=112.5926357&z=18&l=0&m=b

    ReplyDelete
  3. waa.. keren.. di Jawa Timur juga ada kampung organik.. saya membuat ulasannya http://uwanurwan.blogspot.com/2014/06/organik-lombok-kulon.html
    silakan berkunjung

    ReplyDelete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...