Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Sunday, October 21, 2012

Bentor Vespa di Mandailing Natal dekat Perbatasan Padang

Bentor atau Becak Motor hanya dikenal di Sumatra Utara, dan Bentor adalah taxi dalam bentuk sepeda motor yang ada diluar pulau Jawa khususnya di SUmatara Utara. Barangkali disanalah yang pertama kali membuat angkutan publik seperti Bentor ini di Indonesia sejak tahun 1940-an. Jaman dulu motor yang dipakai jenis sepeda motor kayuh Rex buatan Jerman, dan kemudian ada yang memakai cc besar sekelas BSA , Norton.

Kondisi alam disana yang bergunung gunung membuat suburnya populasi Bentor di Medan, Pematang Siantar dan terus sampai kewilayah perbatasan dengan propinsi Padang, yakni kota Penyabungan di Mandailing Natal (sekitar 20 jam dari Medan dengan mobil, sangat jauh), Bentor juga banyak dijumpai sampai ke Aceh besar. Sejak 10 tahun terakhir, pemda Sumut sudah melarang pemakaian Bentor akibat polusi dan menggantinya dengan sepeda motor modern yg lebih bersih dari polusi. (Motor tua spt Norton juga kian sulit mencari suku cadang selain juga dibeli borongan oleh penggemar motor klasik di Jakarta dan Bandung). Sedangkan dikota seperti Mandailing Natal, bentor dijumpai memakai sepeda motor Vespa. Bagi penduduk lain seperti di Jakarta mungkin akan heran melihat ini. Namun sebetulnya pemilihan vespa untuk bentor dinilai bagus mengingat perputaran mesin langsung masuk diroda motor tanpa melalui rantai, dan ini dipercaya membuat Vespa lebih kuat dipakai untuk menanjak sambil membawa beban berat spt penumpang, beras, dll.

**** hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE


Dijual Scothlite gulungan buat dijahit dijaket atau baju ponco.
Pls sms atau call.




No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar DI MODERASI oleh admin dengan persetujuan.
* Komentar HANYA soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Carilah makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO kekerasan, NO SARA, NO Sex item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol, NO praktek dukun mistik dan pesugihan.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...