Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, August 17, 2012

Review PROTREK 3 sensor, Jam Tangan Kompas Altimeter Barometrik
































Apa gunanya memakai jam tangan dengan built in kompas, barometrik dan altitude,  didalamnya?
Ini sebuah pertanyaan kritis buat golongan urban dikota besar, karena memang ditengah kota metropolitan yg hiruk pikuk, kita nyaris tidak perlu kompas atau fungsi lainnya itu. Alat penunjuk arah biasanya digunakan jika kita melakukan perjalanan disebuah tempat yg minim populasi misal dilaut, rawa, atau ditengah hutan. Disitu, memang tdk ada manusia yg bisa untuk ditanya soal arah.

Dipasaran tersedia beberapa jam yg mempunyai fasilitas kompas didalamnya. Fungsinya bukan sekedar sebuah jam yg melingkar ditangan, tapi juga bisa dipakai untuk menunjukan arah mata angin secara baik. Jam seperti ini banyak dijual dibanyak tempat dan mempunyai beberap brand yg sudah menguasai pasar wrist watch secara global atau lokal, salah satunya adalah Casio.

Brand Casio dengan item berlabel "PROTREK" memang ditujukan untuk dua kelompok spesifik, yakni para hobi penggemar mountaineering dan aktifitas dilaut. Banyak kalangan profesional juga memakai alat ini sebagai alat bantu tambahan jika bekerja dilapangan, sekaligus untuk menjalankan hobinya dikala luang.

Casio jenis Protrek mempunyai merk saingan terberat dipasar salah satunya adalah brand Suntoo yang memang juga mengkhususkan diri dengan jam tangan khusus untuk mountaineering, bermain ski, hingga olahraga dilaut. Bedanya adalah soal negara pembuatnya, dan di Indonesia lebih mudah menemukan Protrek dibanding Suntoo, karena itu harganya juga beda lumayan tajam.

Saya termasuk suka memakai produk Casio Protrek. Beberapa tipenya sudah lewat ditangan satu persatu. Protrek memang didesain untuk aktifitas alam bebas dimana pengguna bisa mendapatkan sebuah nilai lebih dari jam tangan ini. Disinilah, dibuat sebuah jembatan titik temu antara hobi dan teknologi yg bercampur jadi satu. Karena itu, Protrek kemudian dikenal dikalangan "anak gunung", forest rangers, kelompok yg suka olahraga Layar, divers, atau juga pemancing dilaut lepas. Ada beberapa jenis Protrek yg dijual bebas sesuai dng fungsi yg diinginkan oleh konsumen. Jadi, pertimbangan pertama bukan soal harga, tapi soal fungsi teknologi yg ditanam didalamnya. Secara pribadi, saya memilih Protrek untuk mountaineering dg fasilitas 3 sensor (barometric atau suhu udara, altitude, dan compas) , lalu satu lagi series Protrek untuk memancing karena punya kalendar bulan dan pasang surut gelombang laut.
Didalam aplikasi untuk pekerjaan dikalangan anak TV, jam tangan dengan kompas bisa juga dipakai untuk menentukan posisi edar satelit. Mempersiapkan sebuah news gathering siaran LIVE tentu membutuhkan satelite, dan kita harus tahu berdiri dimana (dimuka bumi ini) lalu mencari dimana posisi satelit yg akan kita pakai. Apakah di Timur, di Utara, Selatan, atau di Barat?  Salah mengarahkan antena parabola  akan membuat  kami tidak akan mendapatkan signal satelit tsb, artinya  siaran LIVE bisa gagal total.

Kinerja jam tangan yg disertai dengan 3 sensor lansiran Casio saya pikir cukup dapat diandalkan soal akurasinya. Kekuatannya menghadapi alam bebas juga patut diacungi jempol. Mau hujan kek, mau kecemplung masuk laut kek, mau kena angin kek, jam ini bekerja dengan baik. Bahkan ketika pernah saya bawa ketengah suhu sangat ekstrem dimusim dingin hingga   -30*C juga bekerja dengan optimal (sempat dicoba ketika saya ke Findlandia, tepat disisi luar sejajar dengan Siberia). Jika bicara kekuatan, alat ini luarbiasa.

Mengenai akurasi kompas, saya pikir gak ada masalah serius selama kita benar melakukan kalibrasi ketika jam ini pertama kali dipakai ditangan. Alat kompas, baik itu elektornik maupun jarum manual, sebetulnya membutuhkan kalibrasi rutin setiap setahun. Ini disebabkan adanya pergeseran titik sumbu bumi yg secara alamiah pasti terjadi.  Dibuku manualnya memang disertakan cara melakukan kalibrasi arah, sehingga user akan memperoleh ketepatan arah yg optimal dari barang ini.  Fungsi altitude dan barometric juga dapat dikalibrasi lebih dahulu agar memperoleh ketepatan hasil yg baik. Kesalahan kalibrasi akan membuat perbedaan cukup mencolok dialat ini. Kalibrasi juga dilakukan ulang sehabis ganti battere agar akurasinya tetap bagus.


Kelemahan alat ini saya pikir adalah soal ketepatannya membaca suhu diluar. Selama jam tangan ini dipakai ditangan, akan terjadi penyimpangan ketepatan membaca nilai suhu udara diluar. Beberapa jenis protrek sebelum era 2007 an masih dijumpai kesalahan reading karena sensor chip dijam ini membaca suhu hangat ditubuh pemakainya. Karena itu, jika mau akurat, jam tangan harus dilepaskan dan dinetralkan lebih dahulu sesuai suhu sekitarnya lalu baru dilakukan eksekusi pengukuran. Disinilah hasilnya baru lebih akurat lumayan tajam. Casio memperbaiki akurasi pengukuran suhu ini dibeberapa tipe Protrek terbarunya yg direalease awal tahun ini (2011). Kepala sensor diletakan menjorok keluar shg diharapkan hasil pengukuran lebih akurat.

Kesimpulannya, jam ini cocok buat siapapun yg suka traveling atau melakukan perjalanan jauh dan panjang. Mengetahui arah itu penting, karena esensi dari perjalanan memang harus tau mau kemana, ada dimana, dan bagaimana arah pulangnya.

Mempunyai alat yg dapat diandalkan ditangan juga bisa memberikan rasa aman ekstra, jika terjadi sesuatu ditengah perjalanan yg menimpa guide rombongan (misal ditengah gunung), kita akan tetap tau kemana arah kekampung terdekat. Saya sendiri bukan org yg mudah percaya memberikan "keselamatan" perjalanan kepada pihak lain tanpa persiapan yg baik didiri sendiri, jika terjadi sesuatu yg fatal diperjalanan, saya harus bisa menolong diri sendiri (percaya deh, pernah kejadian kok, hehehe apes...)   **** hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE

.





3 comments:

  1. Replies
    1. Kalibrasi kompas utk casio disertakan dalam buku manualnya. Bisa dibaca disana

      Delete

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...