Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, August 17, 2012

Gunanya Memakai Bar-End di Sepeda


Enaknya pakai potongan bar end yg sepenti tanduk diujung setang adalah karena dua sebab, pertama yakni ketika tangan mulai kesemutan lelah, dan kedua, ketika memindahkan posisi genggaman tangan saat memacu dengan kecepatan stabil dijalanan mulus. Perpindahan posisi tangan yg sudah pegel kerap membantu untuk variasi yang membuat kita tidak bosan dan tambah capek. Banyak alasan dan 101 teori tentang untung ruginya pakai bar end  tapi buat saya cuma dua itu saja. Simple aja...

Bar end adalah sebuah potongan besi (atau material lain) yg diletakan diujung luar dari setang sepeda. Bentuk dan panjang bar end dipasaran tersedia beberapa jenis, dia akan tampak seperti tanduk berdiri kedepan (lihat foto dikanan paling atas).
Ada yang panjang lurus, ada pula yg melengkung mirip tanduk sapi, dan ada yang ekstra pendek. Bahan bakunya juga beragam, mulai dari besi, hollow alumunium, sampai cetakan karbon. Pilihan brand dan warna sangat beragam, bisa dipilih sesuai selera konsumen dan budget dikantong.

Sayang, tidak ada data soal pertama munculnya alat ini dan siapa yg membuat. Tapi menilik dari bentuknya dan fungsinya yakni ditujukan untuk membuat variasi posisi telapak tangan, sepertinya cara ini muncul pertama dari kalangan pesepeda touring, roadies, atau pesepeda yg menyukai jarak tempuh jauh. Dijarak pendek, bar end tampaknya gak ada gunanya jika dipasang dan hanya menambah bobot sepeda saja secara keseluruhan.

Bisa jadi ini adalah adaptasi pengembangan dari ide bentuk setang road bike yg dianggap punya kelebihan dalam variasi peletakan posisi tangan yg berbeda beda. Cara itu terbukti berhasil meredam lelah dan menepis bosan akibat jarak tempuh yg panjang. Ide yg sama kemudian dicoba diterapkan untuk sepeda non roadies. Dikalangan pemain MTB, alat ini lantas diterjemahkan juga untuk safety melindungi buku jari akibat benturan apabila terbanting kepohon atau area berbatu. Sebagian meyakini soal safety itu, dan sebagian meragukan hal ini mengingat adanya kemungkinan kerancuan fungsi antara pelindung buku jari di motor-cross dan pemain sepeda MTB yg antara keduanya jelas berbeda.

Dalam perkembangannya, bar end bukan cuma berbentuk spt tanduk saja. Dia berubah sesuai  fungsi (misal soal safety riding) dan kepentingan kosmetik disepeda itu sendiri. Sehingga ada beberapa produk menjual bar end tapi dalam bentuk yg lain dan berbeda. Ditilik dari nama yakni "bar-end" yg artinya "diujung setang", itu sih memang betul, dan dia diletakan memang diujung luar setang sepeda. Gak salah kok  :-)

Misal spt foto dibawah ini….


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...