Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Friday, August 24, 2012

Pisau Belati Teman Perjalanan


Rasanya udah lama bener gak liburan jauh sambil membawa pisau belati. Liburan cuti nanti ke NTT, salah satu diantara belati keren ini akan dibawa kesana.

Membawa ini artinya memang jenis perjalanannya butuh pisau panjang. Sebilah pisau yg tajam, besar dan kuat adalah sama artinya dibutuhkan sebagai item kritis yg dibutuhkan dalam perjalanan. Penting, jika gak bawa beginian jadinya malahan bisa merepotkan jika nantinya butuh pekerjaan potong memotong sesuatu, menebas, mencincang, dstnya. Membawa pisau dijaman ini apalagi dikota besar memang bukan langkah bijaksana. Bisa dianggap mau ngerampok atau membunuh org lain, urusannya bisa berujung dengan nginep dikantor polsek. Tapi dalam beberapa tipe perjalanan panjang kearea jauh (non populated, remote area), membawa pisau belati dianggap sah dan bahkan dianjurkan. Perjalanan hiking, trekking, diving, atau memancing biasanya kudu bawa belati.

Pisau belati utuh adalah pilihan paling ideal jika dibawa pergi jalan kearea sepi.
Kategori pisau banyak jenisnya spt yg bisa dilihat di Top Knives, namun biasanya pilihan terbaik untuk traveling adalah survival knife. Belati dengan bilah yg utuh jadi satu dari ujung depan hingga kebelakang (area telapak tangan) adalah pilihan terbaik mengingat kekuatannya lebih terjamin. Pisau lipat dianggap pilihan kedua dalam soal kekuatan dibandingkan belati utuh, sekalipun pisau lipat (utility tools knife) memang sangat compact dan mudah dibawa dibanding belati.  Seperti dikatakan bahwa belati yg utuh dalam satu lempengan baja adalah pilihan terbaik disisi kekuatan. Jangan samakan dengan golok lokal karena biasanya bilah bajanya hanya cukup sampai gagang saja, tidak utuh sampai area telapak tangan. Golok tidak bagus disisi kekuatan dan tidak awet karena gagang tangannya sering copot.

Contoh pisau utuh dalam satu lempengan baja spt foto pisau gagang kuning seperti dibawah ini:







































Pisau survival idealnya mempunyai bobot yg fair, lengkungan bilah yg ideal, dimensi yg pas, tidak terlalu tipis bajanya tapi berkualitas, lebar cukup, dan panjang yg memadai. Terlalu kecil dia akan tidak baik, tapi juga terlalu gede macam pisau Rambo, itu juga bikin nyesek bawanya. Misal saja, jika mau pergi memancing bawa pisau survival gaya Rambo dengan panjang spt golok tebas, maka ini mirip mau membunuh nyamuk dengan meriam. Pisau survival juga beda dengan pisau lempar, karenanya bobotnya tidak perlu imbang antara sisi tajam dan sisi telapak tangan, selama ketika diayun bobotnya terasa fair dan enak itu sudah cukup. Ketebalan bajanya juga patut diperhatikan. Jangan kelewat tipis, nanti membelah kelapa gak mampu dan malahan bengkok.
Kenapa mencontohkan buah kelapa, karena kelapa ada di pantai manapun dimuka bumi ini, dan buahnya sangat keras. Artinya jika pisau itu dapat mengupas kelapa maka dipastikan "benda" lainnya akan mudah dihancurkan oleh pisau ini. Buah kelapa memang alat tes terbaik. Jangankan pisau, bahkan batang kelapa dibelah dua lalu dijadikan tameng pos tentara diarea baku tembak, maka batang pohon kelapa ini mampu menghentikan peluru AK-47 combat rifles yg terkenal kejam dan mematikan dijarak 100-300m, Tidak ada pohon lainnya yg mudah ditemukan dimanapun, ekonomis, dan sangat keras kecuali kelapa.


Setelah dimensi dan kekuatan bajanya, maka lihat sisi dalam pisau itu. Jika cuma ada bagian tajam saja tanpa sisi yg mirip gigi gergaji, maka jangan pakai pisau macam itu. Pisau yg baik dalam satu bilahnya terbagi dua sisi. Pertama sisi tajam untuk memotong dan mencincang. Sedangkan sisi lainnya adalah gergaji untuk memecah dan mematahkan kayu atau benda keras spt kayu atau kelapa. Keduanya dibutuhkan dilapangan jika sewaktu waktu dibutuhkan. Pendek kata, tentukan saja kebutuhan macam apa yg perlu ada dalam sebilah belati. Jika mau praktis "one takes all" maka pisau survival adalah pilihan bijaksana. daripada bingung mending ambil pilihan itu kan. Dan daripada tidak ada sama sekali tanpa bawa pisau pergi jauh, itu bukan sikap yg tepat  *** hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...