Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Thursday, August 9, 2012

Mengenal lensa unik: Lensa Fisheye


Lensa Fish Eye termasuk lensa yg unik mengingat efek lengkungnya dan sudut cakupannya yg ekstrem lebar. Distortif melengkung akan menghasilkan efek dramatis dari sebuah ruang yg akan difoto. Fotografer akan mendapatkan sebuah impresi berbeda jika memotret memakai lensa ini, khususnya lagi buat memotret ruangan terbatas shg didapat hasil yg benar benar berbeda. Sisi jeleknya lensa ini adalah "rusaknya" bentuk asli obyek foto akibat efek lengkung yg sangat ekstrem. Manusia akan bengkok melengkung, sama juga dengan bangunan yg ikut terfoto

Lensa fish eye pertama kali dikembangkan untuk penelitian  hemispherical yang mengamati pergerakan cuaca, awan, dibidang meteorology. Cakupan extreme wide angle membuat lensa ini memang perangkat yg paling cocok untuk mengamati langit. Tidak lama kemudian, lensa ini lantas menjadi sangat populer dikalangan fotografer dan bukan hanya menjadi alat untuk penelitian saja. Selain untuk fotografi, efek lensa fish eye juga dipakai untuk kamera video keamanan digedung, atau dipakai juga sebagai lensa intip yg banyak dipakai dipintu kamar hotel kelas menengah atas. Bahkan sudah ada lensa fish eye tempelan buat hape, unik nih.

Lensa fish eye untuk fotografi dibagi dua bagian terbesar, yakni "fish eye full frame", dan lensa "fish eye circular" (lihat contoh dibawah). Ketika hendak membeli, enaknya sih tentukan saja lebih dulu, maunya beli tipe fish eye yg mana. Keduanya sama sama fish eye, tapi memberi hasil akhir yg berbeda.

Lensa fish eye bukan lensa yg murah harga jualnya dipasar bebas. Jika ada yg mau membeli lensa ini, biasanya fotografer itu sudah mempunyai sekian jenis aneka rupa lensa dilemari penyimpanan, dan ingin mempunyai lensa fish eye sebagai pelengkap. Fotografer pemula biasanya tidak mau membeli ini karena dalam hitungan ekonomis dan praktis lebih baik uangnya  habis membeli lensa super wide atau medium tele yg jelas jelas lebih banyak dipakai untuk banyak kepentingan memotret. Saya sendiri pengen punya lensa ini sejak era 94 an, dan baru yakin membelinya sendiri tahun 2008 kemarin, sungguh ini sebuah rentang waktu yg panjaaang untuk memutuskan beli atau tidak untuk diri sendiri.   *** hsgautama.blogspot.com


Circular Fish Eye 4,5mm atau 8 mm, ada ruang hitam pekat
































Lensa fisheye fullframe tanpa bidang hitam pekat































No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...