Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Wednesday, August 8, 2012

Maling Sepeda Tumbuh Subur


Kemajuan pesat dan booming minat bersepeda dikota metropolitan seperti Jakarta dalam lima tahun terakhir ini memang berhasil membuat grafik minat pemakai dan kuantitas penjualan meroket kelangit. Sayangnya, selain minat masyarakat yg meningkat ternyata juga membuat minat para maling untuk mencuri sepeda juga ikutan naik. Paling tidak, sekarang “kelas” sepeda dikalangan dunia maling jadi ikutan naik pamor sebagai item yg layak diembat.

Dulu mungkin sepeda tidak masuk dalam hitungan untuk diembat karena dianggap beresiko dibawa kabur (terlihat jelas dijalan raya, tidak bisa dikantongi), dan harganya dianggap tidak layak menutup ongkos deg-deg an mencuri. Sekarang lain.
Banyak maling jadi tahu berapa harga sepeda. Paling tidak dalam kisaran kasar, dalam pikiran mereka, sepeda dengan banyak per depan dan belakang (fullsus maksudnya) dipikir pasti mahal selangit, lebih mahal dibanding sepeda biasa yg cuma pakai satu per didepan. Sepeda hardtail juga bisa menjadi sasaran karena toh  bisa dijadikan duit. Satu persatu mulai muncul kasus kehilangan sepeda akibat diparkir dihalaman rumah.

Saya juga termasuk rada deg deg an sekarang kalau pulang malem dari kantor melewati jalan gang sempit dibeberapa ruas jalan. Pikiran sudah buruk saja akan mendapat resiko pencegatan dan penodongan paksa dengan merampas sepeda yg dinaiki. Bersepeda dijalan memang mudah menarik perhatian orang. Apalagi jika warna sepeda itu atau bentuknya agak aneh, ini bisa mendorong maling tergerak untuk ngembat dengan segala cara. Bersepeda dimalam hari saat ini sekalipun belum masuk dalam kategori sangat sangat berbahaya, namun wajib untuk menjadi lebih waspada dengan beberapa titik rawan kejahatan jalanan. Jakarta relatif lebih aman bagi pengendara sepeda, belum ada curat-curas (kejahatan dengan pemberatan dan kekerasan) dijalan raya secara ekstrem. Kasus penyerangan brutal thd pengendara sepeda dijalanan juga belum ada, masih lebih banyak kasus sepeda hilang karena disenderkan ditembok rumah.


Bicara soal kehilangan kendaraan pribadi, khabarnya di Canada asuransi ranmor memberikan premi lebih tinggi untuk ranmor warna mencolok seperti warna merah.

Menurut penelitian warna merah secara diam diam mendorong orang lain untuk mendekat dan menjamah. Mungkin gampangnya begini, penyanyi dangdut pakai baju merah akan tampak sangat “okeeeh beibeh” dibanding warna kelam.
Jika logika ini juga sama dengan warna sepeda yg hitam atau warna cerah, maka pemakai sepeda yg merasa sepedanya berwarna cerah kudu merasa lebih waspada karena akan mendorong maling bernapsu untuk mengembat barang kalian. Apalagi sepeda dengan warna merah, wah siap siap deh ilang itu sepeda kalo gak dijagain bener. Capek capek nabung uang buat beli sepeda oke, malahan ilang diembat maling.



Tips:
Selalu bawa gembok, dan kuncilah sepeda dengan pagar atau tiang besi lainnya
Rumah anda mudah diawasi siapapun yg melintas didepannya, jika ketahuan suka wira wiri naik sepeda maka akan mudah di “mapping” oleh org asing
Jangan pernah meninggalkan sepeda diluar rumah begitu saja, sekalipun itu cuma masuk kedalam untuk meneguk segelas air saja. Banyak kejadian spt ini, dan sesalnya seumur2.
Ada baiknya, sepeda dalam kota (city bike)  jangan kelewat mahal. Nanti kalo ilang bisa bikin pusing kepala tujuh keliling. Satu keliling saja pusing kok, apalagi ini tujuh.

**** hsgautama.blogspot.com


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...