Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Friday, August 17, 2012

Fotografi Digital : Kalibrasikan monitor PC dengan tepat


Satu saat saya pernah dikritik oleh seorg fotografer amatir disebuah web foto lokal. Dia mengkritik foto saya terlalu gelap. Lima kali kritikan setiap saya upload foto, dia terus terusan mengatakan itu, lama lama keluar rasa jengkel saya.
Masalahnya setiap dia menuliskan dikotak comment, saya selalu mengatakan: "Mas Fulan, adjust dengan benar kalibrasi monitor PC anda dengan 16 major grayscale chart". Dan setelah 5x terus menerus bilang hal yg sama, saya mulai jengkel. Ini anak ngerti apa engga sih nge-just monitor PC nya? Sudah dijelaskan 5x, dan masih pula 5x mengeluarkan komentar yg sama. He didnt learn and read, udah diajarin malah gak baca dan dilakukan, gemanaaaa tuuu anak... aaaarghhh grrr...

















Kalibrasi adalah satu langkah penting ketika menyamakan "nilai" dari sebuah alat yg sambung menyambung disatu tempat (jaringan) atau bahkan terpisah lokasi. Jika ada alat tertata dalam satu rangkaian, maka kalibrasi itu adalah menyamakan nilainya. Beberapa menyebut ini sebagai: tuning secara seragam. Semua alat itu harus bicara dengan "nada yg sama", "bahasa yg serupa", tidak boleh beda satu dengan lainnya. Dalam konsep dasar engineering paling sederhana pun, mana bisa semuanya dicolokin gitu aja tanpa ada persamaan satuan ukur yg sejajar? Kan bisa ngomong dengan bahasanya sendiri sendiri gak nyambung.

Sekarang bayangkan saja ilustrasi simple ini misal, di MP ini saya punya teman reguler yg melihat foto foto disini sebanyak 300 orang per hari. Tiap teman itu punya PC dan Laptop yg berbeda beda, terpisah, dan punya banyak merk atau tipe. Karena itu, supaya nilai "terang dan gelapnya" foto difolder saya atau "koreksi warnanya" sama sejajar antara yg nongol di PC saya dan di PC mereka, maka harus dilakukan langkah kalibrasi alias "menyamakan satuan ukurnya". Jika gak tepat, maka akibatnya mereka bisa mikir, wah fotonya kok gelap ya, atau wah fotonya jelek banget over.

Fotografi digital memang lebih praktis, kita sudah gak perlu lagi tabung dan peralatan kimia untuk cuci cetak. Fotografi digital hanya butuh PC untuk "digitall dark room-nya", semua rapih dan kering bersih, tidak ada bau kimia.
Masalahnya skr, bagaimana melakukan adjustment yg tepat di layar PC kalian, spy ketika melakukan olah foto hasilnya presisi. Tepat dan gak meleset. Dan yg melihat juga begitu, gak salah lihat.

Salah satu langkah paling gampang untuk melakukan kalibrasi layar monitor adalah memakai chart hitam putih diatas. Dia dikenal dengan sebutan 16 major grayscale chart. Dikalangan anak broadcast, kami lebih dahulu mengenal pemakaian chart tsb karena era TV  lebih lama dibandingkan fotografi digitall yg baru booming 10 tahun ini. Dilayar monitor broadcast, melakukan kalibrasi nilai dari brightness dan contrast juga memakai cara ini salah satunya. Kesalahan mengukur nilainya membuat gambar bakalan ancur gelap atau malahan over.

Sekarang pasang chart itu sebagai background untuk desktop PC.
Perhatikan semua chart tsb dan setiap kotaknya harus terlihat mulai dari nilai yg paling terang (true white) hingga paling gelap atau true black. Jika salah satu sisi misalnya wilayah dark (hitam) tidak terlihat hingga separuhnya, maka itu artinya monitor kalian terlalu gelap. Demikian juga sebaliknya. Lakukan  langkah  mengatur tombol dimonitor PC secukupnya shg didapat  nilai yg paling tepat.

Setelah beres dengan setup monitor, maka mulailah melakukan langkah olah digitall atau postpro. Nilai ukurnya jika sudah dikalibrasikan dengan pas, akan membuat nilainya benar. Dan siapapun yg melihat itu akan mempunyai satuan nilai yg kurang lebih sama juga jika dilihat mata telanjang, atau dengan monitor lain. ***** hsgautama.blogspot.com



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...