Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Thursday, August 16, 2012

Enaknya Pakai Joran Maguro Extreme 150 ML


MAGURO Extreme 150 ML,  fresh water light tackle rod ini belum lama ada ditangan. Usianya baru sekitar 2 tahun kurang. Jam terbangnya masih belum tinggi dan kebanyakan dimainkan dilingkungan empang saja. Belum kesampaian secara brutal dijajal dilingkungan yg lebih kejam yakni alam bebas dengan suhu tinggi.

Membeli ini tidak sengaja. Kebetulan cari mata kali carbon dengan ujung cutting,  eeh kok mata plirak plirik trus ngeliat ini berdiri dirak toko. Jadilah pegang pegang, dielus elus dengan jari, dicobain dikepret sana sini, hanjrrrit…  kok taunya malah ikutan kebeli. Parah deh, begini ini racun kalo main ketoko pancing… kekekeke.

Tapi kalo diitung gak mubazir juga. Toh ini menggantikan satu joran lawas dikamar yg udah lapuk. Selain itu, belum pernah nyobain Maguro, dan inilah saat yg tepat mencoba brand ini.

Secara visual, barang ini keren. Bikinannya rapih banget. Shiny, cool, awesome.  Tulisannya juga bole-bo, asli keren, huruf dilapis cetak tebal dengan hologram. Alamak, bener bener cantik (pantesan gua ngeces abis). Jika ditimang timang dibawah cahaya kuat, tulisan brand Maguro Extreme 150 ML akan berkelip dengan eloknya. Finishing dibatang joran sangat baik, dan grip ditangan juga sangat baik karena dibungkus gabus halus berwarna coklat terang.  Logo dia jelas beda gaya dengan Fenwick Night Hawk yg tercermin sifat konservatif dan kaku.


Joran pancing Maguro, dibagi dua patahan. Panjang total 1,5 meter, dengan diameter ramping sebesar kelingking jari. Tidak besar, dan tidak panjang. Bobotnya sangat ringan. Bagian butt nya tidak bisa diberi pemberat, jadi memang desainnya adalah ringan apabila ditaruh ditangan. Karena ringan, ia mudah dikendalikan dengan jepitan jari saja. Dudukan reelnya terbuat dari plastik keras gelap, dan menyatu dengan rapihnya dibungkus gabus coklat. Spinning Reel kelas ringan akan mudah masuk kesana dan dengan cepat dijepit dibawah. Panjang area grip fair yakni kira kira 20cm an. Tidak kepanjangan dan tidak pendek amat. Tapi bicara soal selera pribadi, seharusnya grip diarea butt ini enaknya sih dikisaran 35cm. Lebih panjang dikit karena bisa dipakai untuk ditahan diarea dekat siku tangan. Jika pendeknya cuma segitu, kekuatan pegangan joran hanya terpusat disitu saja, gak ada pegangan ekstra.

Dudukan cincin (guide) untuk jalur kenur tidak buruk. Finishingnya juga oke. Entah bagaimana jika dibawa untuk memancing berendam (ngoyor) dari tepi pantai. Semoga tidak mudah berkarat. Kritikan tajam cuma ukuran ring lubang kenur diujung luar joran yg dinilai terlalu sempit diameternya shg tidak bisa dilalui oleh peniti dan kili kili. Gak enak, harus potong peniti dulu jika akan memasukan atau melepas kenur dari sana. Ini gak praktis karena kerja dua kali.

Setelah dipakai untuk mancing, saya pikir kelenturan ujung joran ini berada dikelas tengah antara kebutuhan casting-freak dan efisiensi saat fight. Ini terlihat dari reaksi ujung joran yg tidak lentur amat tapi masuk dikelas fast action. Artinya, dipakai casting sih bisa saja, tapi rasanya lebih melelahkan jika kudu 300 kali melempar casting keujung sana terus menerus. Namun, jika ikan sudah terpancing, maka fighting akan terasa mudah  karena terbantu dengan karakter ujung joran yg medium action, ujung tidak kelewat extra mentul mentul mengayun dan melengkung liar akibat ikan berontak hebat. Apalagi jika bobot ikan yg berhasil digaet lumayan besar, ujung yg sedikit kaku akan lebih enak menghajar ikan.

Ini memang soal selera, kalo memang gak sreg dengan ujungnya yg sedikit kaku, bisa diubah dengan mengganti ujungnya saja. Tapi, sekali lagi, buat apa itu dilakukan, mending beli aja joran yg sengaja ujung nya dibuat sangat lentur.

Ada catatan khusus soal panjang joran yg hanya 1,5m. 
Joran segini enak dipakai untuk mancing empang dimana pemancingnya duduk dilapak yg telah dipilih dengan atap seng diatasnya. Joran pendek lebih gampang dikendalikan saat melempar umpan dengan cara mengayun lewat atas kepala. Lintasan ayunan menjadi lebih pendek dan tdk mentok diatap, cocok utk areal lapak yg mepet. Dibanding joran kelas 2m-an lebih, joran pendek memang pilihan yg pas di empang pemancingan, kiri-kanan atau diatasnya mudah untuk melontar umpan. Selain itu, ukuran pendek  akan memudahkan packing, khususnya jika jalan keluar kota. Gak makan tempat, dan mudah dimasukan tas. ***hsgautama.blogspot.com

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...