Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Tuesday, October 6, 2015

Bagaimana mencari orang tua pikun saat tersesat diluar rumah?

Sepanjang hari ini medsos muncul postingan ditemukan seorang bapak tua pikun lupa jalan pulang kerumahnya. Jadilah dengan kekuatan medsos membantu disebar kesemua penjuru mata angin dengan harapan bisa menemukan siapa keluarganya. Cerita ini membuat hati saya sedih, teringat Bapak almarhum pernah beberapa kali tersesat juga, kasus sama dengan ini. Tapi jaman dulu sekitar 15 tahun silam tentu beda dengan sekarang, masa lalu lebih sulit mencari orang tua pikun yang hilang dijalan.
Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk membantu si-pikun itu agar dapat kembali pulang kerumah keluarganya. Cara ini ada baiknya saling melengkapi, jadi lapisannya digandakan agar satu dengan lainnya saling membantu. Tips ini juga sudah saya bagikan belasan kali kepada teman teman yang punya masalah sama.

Pertama:
Belikan orang tua kalung dogtag yang bisa diberikan NAMA ybs + ALAMATnya + NOTEL rumah, bisa ditambahkan golongan darah atau nama anaknya. Jika bukan kalung maka belikan gelang baja sederhana, murahan yang bisa digrafir keterangan diri ybs. Gelang harus murah, jangan perak mahal, jangan penuh ukiran. Semakin murah semakin baik karena tidak membuat orang lain berniat jahat ingin merampas gelang itu. Jika orang tua pikun ini tersesat maka masyarakat lain bisa menolong dia dengan membaca gelang atau kalungnya. Pengalaman saya dengan Bapak alm, dia suka melepaskan kalungnya dan lupa dipakai lagi. Karena itu setelah 4x hilang dogtagnya, saya benar benar menekankan dengan muka serius bahwa dia harus berjanji tidak boleh melepas itu dan ternyata bisa.

Kedua.
Bawakan dia mini GPS tracker. Alat ini banyak dijual dimana mana, di google ada kok. Cukup diiisi dengan GSM simcard dan dia akan menunjukan posisi ybs selama battere nya ada. Ketika orang tua pergi maka akan mudah diketahui dia ada dimana. Supaya tidak lupa, anggota keluarga harus disiplin untuk charging unit alat dan segera menggantungkan dicelana yg biasa dia pakai. Carilah unit tracker yg punya kekuatan battere paling lama, tidak usah ada layar LCD nya bikin boros battere, anti air, punya sensivitas signal paling baik (bahkan dibawah atap rumahpun bisa kelacak), dan pastikan unit bisa merekam titik terakhir signal hilang.
Cara lain, yakni memberikan hape android. Setelah hape dibeli dan diberikan simcard, lalu buatkan satu akun gmail dan daftarkan didalam hape itu. Pastikan posisi GPS nya dinyalakan ON. Jangan install app lain karena semakin banyak aplikasi diinstal maka semakin boros battere akan habis. Jika orang tua hilang, maka bukalah PC anda, lalu buka web:   https://www.google.com/android/devicemanager
Dari PC tinggal login pakai akun gmail yang ada di hape android orang tua itu, lalu secara cepat dia akan mencari posisi dimana ybs berdiri. Paling tidak posisi terakhir dia berada akan ketahuan. Ada beberapa app GPS tracker di android juga misal "find my friend" juga bisa menujukan dimana posisi pembawa hape tsb. Kenapa tidak kita telpon saja kesana? Bisa saja sih tapi orang tua kita pasti juga gak ngerti dia ada dimana, bikin boros battere saja. Jadi hemat battere itu dg bergegas mencari titik berdirinya, bukan sibuk telpon melulu ke ybs. Tips, ketika anggota keluarga memburu ybs ketitik penjemputan, pastikan membawa foto orang tua yang hilang plus dengan ciri pakaian dll. Paling tidak itu diperlukan buat bertanya ke warung disana, orang disekitar sana jika target menghilang agak jauh.

Dijaman bapak saya masih hidup, belum ada teknologi GPS tracker mini. Adanya baru GPS tracker utk armada truk yg besar dan terpasang dimobil. Jaman android juga baru muncul, itupun peta google map masih primitif. Sekarang jamannya lebih enak dan nyaman. Makin mudah menemukan orang hilang, atau barang hilang dengan teknologi di hape dan memakai simcard.  Jadi, sebelum orang tua kalian hilang atau celaka dijalan, segeralah belikan dia alat pencegahan yang bagus. Orang tua kalian nilainya spt gunung emas kok, dunia seisinya tidak akan bisa menggantikan dirinya   ***** hsgautama.blogspot.com

Tulisan lain tentang dogtag dan gelang ID bisa diklik ini:
http://hsgautama.blogspot.co.id/2013/03/perlu-memberi-name-tag-dibadan-orang.html
http://hsgautama.blogspot.co.id/2012/08/dogtag-adalah-identitas-vital-ditubuh.html


No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...