Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Wednesday, July 29, 2015

Al Idrisi muslim pembuat peta dunia terpadu pertama

The Tabula Rogeriana, drawn by al-Idrisi


Abu Abdallah Muhammad al-Idrisi al-Qurtubi al-Hasani al-Sabti atau disebut Al Idrisi adalah seorang ahli pembuat peta / cartographer muslim dimasa 1099–1165, dia orang Maroko. Akurasi tinggi peta navigasi laut dan darat buatan dia dipakai oleh Columbus 300-400 tahun kemudian untuk berlayar mencari dunia baru. Dijaman itu, membuat peta sungguh satu hal yang sangat mustahil. Anehnya, Columbus disebut sebagai penemu Amerika padahal dia menuju kesana memakai acuan peta yang sudah ada sejak 300 tahun silam sebelum masanya.
Al Idrisi jugalah yang membuat patokan mata angin compass, Utara dan Selatan. Dia menaruh utara berada dibawah, dan Selatan diletakan diatas kepala. Ketika Eropa menjiplak petanya, mereka tidak suka dengan fakta bahwa ada "manusia barbar muslim hina dina kok membuat peta dunia, apalagi benua hitam Africa kok diatas Eropa, gengsi dong!", maka peta itu oleh bangsa Eropa dibalik, jadilah pelaut Eropa menyebut Utara diatas kepala lalu Selatan dibawah kepala. Supremasi kulit putih harus memperhatikan Eurocentris bahwa
bangsa Eropa adalah diatas semua bangsa. Kesombongan Eropa juga tertular ke Australia ketika mereka masuk mengusir Aborigin disana, maka bangsa Eropa putih di Australia gak suka dengan fakta bahwa benua Australia ada dibawah Asia dan Afrika. Cerita aneh ini benar nyata terjadi, dan pernah terjual sekian ratus ribu copy peta dunia terbalik buatan Australia hanya gara gara masalah gengsi saja. (Cerita klasik diatas ini masih terdengar sampai skr menyebutkan kaum muslim adalah hina bodoh terbelakang dstnya).

Al Idrisi membuat sumbangan peta yang sangat penting bagi dunia navigasi darat dan laut. Disitu dia membuktikan teori ilmuwan muslim diera sebelum dia, para muslim ahli matematika dan astronomi (falaq) bahwa dunia itu bulat, bumi ini bukan area datar seperti yang ditakutkan oleh bangsa Eropa. Jadi kemanapun kita pergi maka tidak akan jatuh ditepian dunia.

Islam empire of faith,  and kingdom of knowledge

https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_al-Idrisi



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...