Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Sunday, February 16, 2014

Cerita lain Kelud - 2 : Blitar dan cerita aneh soal Kelud

KP Warsokoesoemo
Kelud adalah gunung cebol. Dibanding Semeru, dan Merapi di Jogja misal, dia gak ada wibawanya sama sekali dari tampilan fisik. Tapi jangan tanya karakternya yang sangat pemberang, kecil kecil dia caberawit sejati. Dia gak akan seperti Merapi batuk kecil kecil terus menerus, Kelud sekali meledak maka habis habisan hasilnya, gak suka bertele tele. Maksudnya adalah: jumlah korban mahluk hidup dan harta benda bakalan tidak terkira, bisa juga karena dahsyatnya letupan maka gunungnya bisa habis rata dengan tanah karena tumpahan material hebatnya, dan dia meletup ditenggang waktu yang lumayan pendek. Tahun 1586 misal, Kelud sudah membunuh 10.000 penduduk karena letusannya, jumlah dahsyat dijaman itu. Wajar sejak dulu ada teori hilangnya kerajaan sebesar Majapahit karena tersapu oleh letupan Kelud, sama spt hilangnya kerajaan Ratu Boko di Jogja yang mendadak hilang begitu saja dari bumi, setelah lumpur Lapindo meletup muncul teori baru ttg hilangnya istana Majapahit yang perkasa.

Dibalik gemuruh kedahsyatan Kelud ada beberapa cerita aneh bagi masyarakat Blitar kuno saat gunung ini mbledos. Salah satunya menurut hikayat lama ada Bupati Blitar bernama KP.Sosrohadinegoro yang secara paksa membelokan aliran aliran lahar Kelud ketika melaju hendak menyapu wilayah kabupaten Blitar. Kabupaten baru itu sebetulnya adalah wilayah pindahan baru yg dibangun oleh pendahulunya yakni Bupati KP.Warsokoesoemo putra dari R.Ng.Joyo Sentiko dan ibunda putri dari bupati Brebek (menurut cerita, Joyo Sentiko adalah sahabat/ ipar-an dengan P.Diponegoro dan teman satu kompi gerilya dg mbah Joego Gunung Kawi atau nama aslinya Raden Mas Soeryo Koesoemo aka. Kanjeng Kyai Zakaria II. Dalam babad Perang Diponegoro diceritakan setelah Diponegoro dibuang ke Makasar, Joyo Sentiko meneruskan gerilya, sedangkan sahabatnya Mbah Joego lari dan berhenti akhirnya bersembunyi diwilayah Blitar menyamar sebagai rakyat jelata yang mempunyai padepokan mengaji. Logis jika Blitar dipilih karena dia, mbah Joego, akan merasa aman diwilayah ini mengingat Bupatinya adalah anak dari sahabatnya sekompi dulu saat perang, Joyo Sentiko, jadi ini semacam balas budi dan sikap respect keluarga KP Warsokoesoemo karena alasan emosional hubungan baik) .   Menurut sahibul hikayat, saat letusan itu ribuan penduduk Blitar diungsikan ke alun alun dan rumah Bupati Blitar, saat kritis lahar Kelud semakin dekat, KP.Sosrohadinegoro lari maju menyambut kedepan disatu titik berdoa dan memainkan seutas cemeti yang kemudian disusul dengan berbeloknya aliran lahar itu terbelah kesamping, lahar tidak melaju meratakan alun alun dan pendopo Kabupaten Blitar yg berisi ribuan pengungsi. Kabupaten Blitar yang sekarang berdiri masih dilokasi yg sama dan bentuknya seperti apa yang ada sejak tahun awalan 1900an dan lokasi lahar yang disebutkan dalam legenda tsb. Wallahu'allam bisawab, hanya Allah yang Maha Kuasa untuk semua urusan karena semua ada atas kehendak Nya.
KP Sosrohadinegoro
Cerita ini merupakan cerita rakyat di Blitar menunjukan kedekatan historis letupan G.Kelud dengan penduduk disana. Karena itu ketika Gubernur Jatim kemarin mengatakan bahwa Kelud merupakan bagian dari wilayah administratif Kediri, sontak membuat kemarahan emosional penduduk Blitar. Bagi penduduk Blitar, ada begitu banyak cerita mengenai haru biru G.Kelud diwilayah Blitar sejak ratusan tahun silam. Keputusan Gubernur Jatim yang tidak melihat sejarah dan geografis tegas bhw Kelud diwilayah Kediri cuma cowelan kecil mengundang kemarahan, putusan yang ceroboh kata penduduk Blitar  *** hsgautama.blogspot.com

Kelud dalam sejarah :
1. Tahun 1000 awal kerajaan Kediri
2. Tahun 1311 Masa kerajaan Majapahit dengan rajanya JAYANEGARA.
3. Tahun 1334 Masa kerajaan majapahit dengan rajanya TRIBUWANA TUNGGA DEWI
4. Tahun 1376 Masa kerajaan majapahit dengan rajanya HAYAM WURUK
5. Tahun 1385 Masa kerajaan Majapahit dengan rajanya WIKRAMA WARDHANA
6. Tahun 1395 Masa kerajaan Majaphit – Wikrama Wardhana
7. Tahun 1411 masa kerajaan Majapahit – Wikrama Wardhana
8. Tahun 1451 Masa kerajaan Majaphit – raja Brawijaya ( Kerta Bumi ).
9. Tahun 1462 masa kerajaan Majapahit hampir runtuh ( Sirna Ilang Kertaning Bumi 1400 = 1478 M ) berbarengan dengan jaman Wali Songo
10. Tahun 1481 Masa majapahit – Wali Songo – Kerajaan Demak.
11. Tahun 1586 Masa Kerajaan Pajang – Joko Tingkir dan awal Mataram Islam
12. Tahun 1826 Masa Perang Diponegoro tahun 1825 – 1830
Pada Masa Penjajahan Hindia Belanda telah meletus :
13. tahun 1835
14. Tahun 1848
15. Tahun 1869
16. Tahun 1875
17. Tahun 1901 pada tahun ini letusan gunung kelud menandai lahirnya tokoh paling terkenal yaitu Soekarno lahir di Surabaya 6 Juni 1901 yang nama asli nya adalah K O E S N O.
18. Tahun 1919 letusan gunung kelud yang hebat pada tengah malam Pk. 02,00 telah membuat Blitar jadi latar sampai air masuk ke Alon-Alon masuk terus ke Pendopo Utama Bupati.
19. Tahun 1951 letusan Pasir
20. Tahun 1966 Letusan berupa air panas dan banjir dingin.
21. 1990 Letusan berupa Pasir dengan radius 60 km pada hari Sabtu Wage tgl. 10 Pebruari 1990 pk. 14.00 siang hari tapi seperti malam gelap.
22. Tahun 2007 Letusan berupa material batu-batuan besar yang akhirnya membentuk Kubah Lava menutupi dan menyumbat total kawah air Gunung Kelud.
23. 2014 Pebruari ini...

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...