Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Saturday, November 23, 2013

Bajingan dan Sontoloyo kata yang berubah makna jadi makian

Gara gara membaca sebuah postingan dan dibaca, akhirnya berujung ngakak dengan teman sebelah kubikel. Kita membaca arti kata sesungguhnya dari "bajingan" dan "sontoloyo". Aduuuh ternyata meleset jauh arti sekarang dan arti aslinya. Sontoloyo dan bajingan kerap dipakai untuk memaki maki, khususnya ketika kita marah besar dengan situasi atau orang lain, maka keluarlah makian ini. Tapi apakah memang kata ini untuk memaki kasar?


Sontoloyo adalah orang yg menjadi pawang bebek.
Tugas sontoloyo adalah membawa bebek bebek itu kesungai dan mencari makan tiap paginya, menggiring ratusan bebek dari kandangnya sampai kesungai, itulah profesi bernama "sontoloyo". Tanpa Sontoloyo maka ratusan bebek itu akan kelaparan atau cerai berai dijalanan kian kemari.










Bajingan adalah sebuah moda transportasi di era 40an di Banyumas sana, bentuknya adalah dokar atau cikar yang ditarik oleh sapi. Cikar ini kerap dipakai warga didesa terpencil untuk numpang ikut, atau hitch hiking. Jaman sekarang fungsinya sama sebanding dengan bis umum gitu.  Penumpang yang menunggu bajingan lewat didepan rumahnya kemudian bilang begini "Bajingan ne kok suwe tekan ne to"? Bajingan (cikar) itu kok lama bener sampe disini yah? Lama lama artinya bergeser menjadi makian, jika kita tidak puas maka keluarlah makian "bajingan dasar leletnya ampun bener".   *** hsgautama.blogspot.com

Foto dari google dan http://duniasapi.com/id/serba-serbi/148-gerobak-sapi.html 

No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar DI MODERASI oleh admin dengan persetujuan.
* Komentar HANYA soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Carilah makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO kekerasan, NO SARA, NO Sex item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol, NO praktek dukun mistik dan pesugihan.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...