Pedagang Antik dan Barang Jadoel

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Testimonial Seller

Saturday, February 9, 2013

Cara membuat joran pancing Graphite Carbon

Graphite adalah material paling banyak dipakai untuk bahan utama dari joran modern masa kini. Jaman dulu, bahan utama joran adalah bambu disebabkan karena secara natural kita akan mudah menemukan ranting bambu yang sangat lurus memanjang sampai 3 m dengan shape dari besar lalu keujungnya kian mengecil. Hari ini bambu masih dipakai, tapi terbatas saja. Nyaris 90% joran didunia ini terbuat dari material graphite.
Bahan graphite jika tidak salah ingat dulunya ditemukan untuk dipakai sebagai pelapis wahana angkasa luar dan pesawat jet. Dia sangat ringan, sangat tipis, dan dengan prosesing yang tepat dia akan berubah sangat kuat dengan tingkat elastisitas yang mencengangkan.

Dua kata itu penting: kuat dan elastis lentur.  Jika kuat saja tapi kaku seperti besi, rigid, maka tidak cocok dipakai untuk bahan dasar joran. Sifat joran paling penting adalah daya lengkungnya yang dibagi dalam "3 reaksi joran" dikelompok : hard, medium, low. Efek lengkung itulah akan memberi tendangan balik yang khas saat melenting keposisi awalnya lurus, dan disinilah titik terpenting untuk menahan hentakan ikan yang memberontak hebat. Tanpa daya lenting itu bakalan susah ikan monster ditangkap oleh manusia dengan tenaga normal. Sekeras apapun ikan membetot untuk kabur, joran akan melengkung, lalu ketika ikan melepaskan betotan, maka giliran daya tendang balik joran menarik ikan keposisi awalnya sesuai panjang kenur. Begitu seterusnya dan dari aksi reaksi inilah lantas muncul apa yang disebut "game fishing" atau "fight".

Material joran yang disebut graphite itu sebetulnya mengalami revolusi yang lumayan pesat. Saat ini joran papan atas mengklaim bahwa bahan yang dipakai adalah bahan terbaik yang disebut: graphite carbon. Salah satu pemasok bahan baku untuk joran ini adalah Toray Japan. Dia termasuk leader dalam teknologi ini, dan menjadi acuan banyak produsen joran diseluruh dunia. Mau merk amerika, canada, australia kek, bisa dibilang bahannya dipasok dari Jepang juga. Karena sumbernya dari Jepang, produsen alat pancing ternama seperti Daiwa dan Shimano juga maju dalam teknologi satu ini dan bahkan mengklaim mempunyai jenis graphite carbon fiber yang berbeda dari lainnya.
Dibawah kelas graphite sebetulnya ada jenis material lain untuk joran dengan harga lebih murah yakni fiberglas. Joran kelas fiberglass ini lumayan bagus elastisitasnya namun memang tidak sekuat graphite. Jenis joran ini banyak dipakai oleh amatir atau pemula. Pemancing yang masuk kategori "rajin mancing jika cuti" saja biasanya membeli joran fiberglass. Atau seorang bapak mengajak anaknya liburan mancing maka dibelikan joran fiberglass.

Soal joran graphite ini, dulu ada teman dulu sehabis mancing selalu membawa jorannya dibawah keteduhan atap. Kata dia biar joran gak retak. Pendapat dia jelas salah. Joran graphite modern justru ketika dibentuk harus melalui proses oven suhu panas agar menjadi bentuk permanen yang sangat kuat. Panas tidak menghancurkan graphite. Apalagi jika dibawa mancing dialam rasanya sah saja jika dia kena expose panas berlebihan. Memang dia dibuat untuk suhu panas tinggi kan? Graphite mahal, adalah rugi jika beli lantas dia tidak tahan panas matahari.  **** hsgautama.blogspot.com

KLIK tag= memancing. fishing

SALE pisau khusus pemancing dan nelayan.
http://hsgautama.blogspot.com/2013/04/sale-crkt-muk-khusus-untuk-pemancing.html

JUAL pita kain Scothlite Cina untuk di jaket dan baju pemancing
http://hsgautama.blogspot.com/2013/04/jual-pita-kain-scothlite-cina-untuk-di.html


Referensi disini.

http://hsgautama.blogspot.com/2013/04/drybag-heavyduty-dilaut-ocean-pack-20.html
http://hsgautama.blogspot.com/2013/04/drybag-ransel-terpal-pvc-tebal-feelfree.html





No comments:

Post a Comment

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...