Pedagang Antik dan Barang Jadoel

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Baca Rules Sisi Kiri Sebelum Membeli

Testimonial Seller

Friday, August 17, 2012

Review: VANGO Diablo 600 XP Family Tent


Tenda ini asli super gede. Tenda dome terbesar yg pernah saya coba dilapangan.
Saya sendiri mengenal tenda dome sejak tahun 85an. Konstruksi dome saat itu jelas lebih primitive dibanding tenda modern jaman ini. Jaman dulu, tenda dome paling banter untuk 2 orang plus barang. Bentuknya juga masih norak, tanpa double roof, gak ada deck nya dan jahitan yg tdk bagus (gampang bocor).
Membandingkan dome jaman baheula dan Vango ini seperti bumi langit, baik soal kualitas, maupun ukurannya. Tenda dome manapun yg pernah saya coba ditangan ini rasanya gak ada apa apanya dibanding Vango Diablo 600XP, bablas semua deh.

Vango Diablo 600 XP mempunyai konstruksinya bagus dan rapih, melengkung membentuk kubah yg secara estetika cantik dan sedap dipandang. Dari pengalaman membawa ini dipakai berkemah, siapapun dia yg lewat dari jauh, pasti akan menolehkan kepala melihat kemari. Secara fisik, bentuknya memang mengesankan, besar dan kokoh. Mirip rumah kecil yg berdiri diantara pohon pinus dan cemara hutan. Pernah ada petugas jagawana (forest rangers) yg sampai berhenti berjalan dari ujung jauh, dan mampir mendekat hanya karena ingin melihat isi dalamnya. Begitu pula dengan individu lain yg kebetulan melintas didekat tenda ini. Bentuknya memang aneh, kental dengan konsep geodesic segitiga dengan tunnel kiri dan kanan, lengkap dengan atap terasnya.  Si cantik ini memang memikat hati.

Vango sebetulnya adalah brand dari luar (Scotlandia), termasuk jarang didapatkan ditanah air. Jikapun ada, stoknya pasti sangat terbatas. Siapa cepat dia dapat. Ketika membeli ini, bertepatan dengan bencana tsunami di Pangandaran. Waktu itu kita butuh tenda super besar yg praktis yakni dome, aerodinamis, bisa menampung manusia cukup banyak, atau bisa dipakai menyimpan peralatan kerja. Setelah ditelpon kesana sini, akhirnya ketemu ada yg jual. Seminggu sebelumnya memang sempat lihat barang ini baru datang. Pikir pikir, kenapa tidak mencoba ambil itu saja. Tenda dome lebih praktis dan mudah didirikan ketimbang tenda peleton (tenda pasukan). Tulang lengkungnya yg lentur memudahkan ia diberdirikan (erecting), dipindahkan (digotong), dan dilipat kembali. Dome adalah pilihan mutlak, tidak bisa tidak jika tidak mau kerepotan.  Setelah dapat barangnya, ajegile, beratnya ampuuuun. Membeli dua tenda langsung terasa betapa keduanya sangat berat. Ini memang tenda dome super besar. Wajar jika berat.

























Vango tipe Diablo 600 XP, didesain untuk 6 orang (2 kamar tidur). Tipe Diablo juga tersedia untuk 9 orang (3 kamar tidur). Di Eropa sendiri, tenda ini termasuk kategori best selling family tent. Pembelinya kebanyakan adalah keluarga kecil dengan 3 orang anak. Karena untuk keluarga, biasanya sih lebih mengutamakan kenyamanan, rapat ditiap tekukan sudutnya, aman dari angin-air-serangga, feels like a home, dibanding dengan tenda spesial peruntukan bagi ekspedisi atau lightweight tent. Tenda ini juga lebih stabil konstruksinya, karena itu diperkuat bukan cuma dengan pasak tapi juga bentangan tali.
Soal tali ini memang kembali keselera individu, ada yg tdk suka krn dianggap ribet, ... dan ada yg bilang itu perlu untuk mempertahankan kontraksi atap dan bentuk tenda.

Masuk kedalam Vango tidak perlu merunduk runduk. Badan enak saja melenggang kedalam karena tenda ini didalamnya setinggi 2m. Manusia dewasa Indonesia, bisa dengan leluasa keluar masuk kedalam tenda ini. Pintunya ada dua, satu pintu besar disediakan atap terasnya, dan satu lagi pintu kecil dibagian belakang. Didalamnya terdiri atas ruang tengah yg lebar, dan dikiri kananya ada dua kamar tidur. Kamar tidur tsb memakai double deck dengan posisi gantung shg aman dari hujan atau serangga, pintunya tertutup penuh atau semi terbuka dengan kelambu memakai resleting.  Ruang tengahnya sangat lebar. Saya pikir, disitu bisa masuk 3 motor bebek diparkir berjejer. Jadi, fungsi ruang tengah itu bisa untuk meletakan barang atau untuk memasak. Tergantung, mau ditaruh apa disitu, yg jelas memang sangat lebar.

Vango Diablo mempunyai 2 jendela super lebar dari plastik bening yg dapat ditutup dengan desain pintar mirip dengan tirai. Lalu disetiap kamar juga ada jendela tambahannya. Dijamin, ganti baju didalam tidak akan bisa diintip dari luar oleh org lain. Bahan plastik tenda Protex 3000 durable polyester flysheet (3000mm hydrostatic head)  yg diklaim sulit tersulut oleh api selain kedap air tentunya. Jadi, buat perokok berat, yg biasanya gak tahan didalam tenda tanpa merokok, didalam Vango tampaknya bisa lebih bebas merokok tanpa takut percikan tembakau menyala akan melubangi plastiknya. It’s a good point for me. Hehehe. Bahan yg kuat anti percikan api ini dijamin dengan garansi seumur hidup oleh Vango.

Satu catatan tambahan yg perlu diperhatikan.
Tenda ini pernah berdiri dipesisir pantai di Pangandaran yg panas menyengat, lalu pernah juga dibawa didaerah pegunungan dengan curah hujan tinggi, berkabut dan dingin menggigit. Menariknya, didalam tenda ini suhu panas matahari tidak terasa begitu keras karena desain ventilasinya yg baik. Sedangkan diudara dingin pegunungan, malah kebalikannya, yakni suhu didalam tenda terasa lebih hangat. Beberapa hari yg lalu, Diablo ini sempat diabawa ke Gunung Bunder di Bogor, ketinggian 900m, cuaca sangat dingin dan berangin sangat kencang. Mendirikan ini ditengah angin super kencang memang cukup repot hingga akhirnya erecting sempurna. Suhu dingin diluar tidak terasa ketika diam didalam tenda. Sambil becanda, temen bilang, “Harga emang gak bohong ye, tenda mahal memang bisa menahan suhu panas didalamnya”.  Untung kita bawa ini dan tidur didalamnya, jika tidak siksaan angin diluar akan membuat tubuh lemas akibat kedinginan dihajar angin malam yg kejam.   ***hsgautama.multiply.com


Technical Information .
Weight: 29.5kg
Pack Size: 66x49x30cm
Dimensions: (Internal) 210+400+210 x 240+335 (230)cm
Height: (Inner) 220cm
Colour: Mallard/Mercury; Marine/Lead

http://hsgautama.blogspot.com/search/label/A-SALE









No comments:

Post a Comment

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...