Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Saturday, July 16, 2016

Asal mula sejarah pemakaian bezel pepsi dijam diving

Bezel pepsi adalah salah satu varian look yg cukup tua dikalangan keluarga jam diving. Sebagian bertanya, kenapa warnanya belang merah dan biru?
Menurut sejarah, asal muasal jam diving pertama kali keluar dengan bentuk polosan saja ternyata membuat komplain akibat banyak kasus kaca mikanya pecah akibat saat menyelam terseret arus kuat dan nabrak nabrak dikarang membuat kaca mika baret parah dan pecah, jam akhirnya rusak kena air laut. Karena itu digenerasi jam diving keluaran selanjutnya diciptakan "bezel" atau ring besi untuk melindungi kaca. Tidak selesai disana, para diver memberi masukan tambahan bahwa ring besi bezel yg melindungi kaca jam hendaknya bisa diputar plus diberi marking cat tegas untuk minutes, agar bisa membantu mereka mengingat sudah berapa lama mereka menyelam dibawah air, ini sangat vital karena tabung oksigen mereka punyak batasan dari kapasitas quf (isi volume) terbatas. Jika salah membuat prediksi maka berakibat fatal yakni napas habis, dan bergegas naik kepermukaan lalu membuat dekompresi parah, pembuluh darah pecah, dan kematian (atau cacat fisik permanen).
Inovasi bezel jam diving dimasa silam keluar dengan angka dan marking indikator (garis garis minutes) cukup berhasil membuat naiknya tingkat safety penyelam dibawah air. Dengan warna tampilan biasanya hitam, rotating bezel lantas menjadi standar industri untuk jam diving dimasa ketika itu belum ada jam pakai alarm elektronik, semua masih mekanik manual.

Setelah itu masa ini lewat lantas terjadi perbaikan lagi dengan keluarnya jam diving memakai rotating bezel dengan warna merah biru (atau sebagian: merah hitam). Tongkrongan look bezel jenis ini kemudian populer disebut "bezel pepsi" karena warnanya mirip pepsi cola, mudah disebut begitulah. Warna merah disana akan menunjukan sampai menit ke 20. Banyak yang gak paham kenapa warna merahnya memberi marking di "20 minutes", maksudnya apa itu? Dimasa silam, satu tabung scuba tank untuk menyelam bisa dipakai hingga 20 menitan dibawa air. Artinya sidiver punya waktu 20 menit yg aman untuk berada dibawah air. Dengan membuat kalkulasi kapasitas oksigen ditabung, plus ditambah dg hitungan dekompresi sesuai kedalaman selam (jika naik kepermukaan terlalu cepat maka pembuluh darah pecah), maka diver akan punya perkiraan waktu ideal agar tingkat safety nya terjamin baik. Warna merah dibezel itu membari warning secara visual soal batas waktu kritis yang harus diamati oleh penyelam agar dia tetap dalam sadar berapa sisa oksigen ditabungnya. Dalam pemakaian real dilapangan, dengan melihat waktu lama menyelam didalam air melalui jam tangan, dikombinasikan dengan melihat alat ukur yang terpasang ditabung selam (scuba tank) maka diver akan punya akurasi lebih tinggi membuat perkiraan.

Dijaman modern ini, jam memakai bezel pepsi dikalangan diver rekreasi barangkali sudah gak ada gunanya karena semua fungsi safety penyelaman sudah digantikan dengan alat elektronik. Kemampuan alat elektronik membuat kalkulasi safety kian kompleks dan akurasi sangat tinggi, bahkan diver bloon pun bisa saja percaya penuh kepada alat elektroniknya karena begitu canggihnya alat ini. Perangkat elektronik bukan cuma memberikan data penting penyelaman spt kedalaman, suhu dll, tapi juga soal warning alarm jika diver naik kepermukaan terlalu cepat (safety stop) yang bisa membuat dekompresi. Tapi jam mekanik manual memakai bezel tidak selamanya ditinggalkan, terutama dikalangan diver pro karena bisa dipakai sebagai alat sampingan untuk jaga jaga jika semua alat elektronik mendadak mati total (ada beberapa cerita lokasi penyelaman membuat semua alat elektronik jadi budek, entah kenapa). Jam bezel pepsi juga masih disukai secara fashion karena look nya keren dan menggoda. Karena itu produsen jam kakap spt Seiko, Rolex atau apapun masih rajin memakai tema bezel pepsi, dan dikalangan fansnya lantas disebut sebagai "seiko pepsi", "rolex pepsi", "citizen pepsi", "alba pepsi" dstnya. Bisa dibilang, jika punya jam tapi gak ada pepsinya, sptnya gak asik   ****hsgautama.blogspot.co.id



No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...